Keluarga

4 Tanaman Hias yang Memprediksi Cuaca, Apa Saja?

4 Tanaman Hias yang Memprediksi Cuaca, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda ada beberapa tanaman hias yang memprediksi cuaca?

Ya, ada tanaman hias yang dapat memprediksi cuaca. Tanaman hias yang memprediksi cuaca ini dapat Anda jadikan sebagai penentu musim yang akan datang. 

Alam terkadang memberi Anda beberapa petunjuk halus untuk memberikan wawasan tentang pola cuaca yang akan datang. Ternyata beberapa tanaman hias ini dapat memprediksi cuaca. 

Mengutip Balcony Garden Web, berikut ini tanaman hias yang memprediksi cuaca:

1. Putri Malu

Coba sentuh putri malu dan lihat bagaimana responsnya! Daunnya yang mirip pakis akan terlipat ke dalam atau terkulai, suatu perilaku yang merupakan respons adaptif terhadap potensi ancaman, seperti hewan yang sedang merumput, atau angin kencang.

Orang-orang percaya bahwa pergerakan daun dapat mengindikasikan perubahan kelembapan atau tekanan atmosfer, yang menandakan perubahan cuaca yang akan datang.

Baca Juga: 3 Bahan yang Bikin Daun Tanaman Hias Jadi Mengkilap, Apa Saja?

2. Bunga Dogwood

Dengan mengamati waktu mekarnya tanaman ini, Anda dapat memperkirakan tingkat keparahan musim dingin yang akan datang.

Beberapa cerita mengatakan bahwa jika Anda melihat tanaman ini mekar lebih awal, ini merupakan indikasi bahwa musim dingin akan berkurang parahnya.

Jika Anda melihat pembungaan tertunda, ini menandakan bahwa dinginnya musim dingin akan bertahan lebih lama.

3. Bunga Bulan

Bunga bulan memiliki bunga putih besar yang mekar di malam hari dan tutup saat fajar. Menurut beberapa kebudayaan, pola pembungaannya dipengaruhi oleh fase bulan.

Orang mengatakan bahwa jika Anda mengamati saat bunga-bunga ini membuka dan menutup, Anda dapat menafsirkannya sebagai tanda masa depan yang baik atau penuh tantangan, tergantung pada siklus bulan.

Baca Juga: Tanaman Hias Sensorik yang Bisa Menambah Daya Tarik Ruangan Rumah

4. Hujan Lily

Bunga cantik ini memiliki makna budaya yang unik karena kemampuannya memprediksi pola cuaca yang akan datang, khususnya hujan.

Dalam berbagai tradisi, mekarnya bunga ini dianggap sebagai prediksi curah hujan, karena kemunculannya sering kali menandakan perlunya kelembapan di lingkungan. 

Jadi itulah beberapa tanaman hias yang memprediksi cuaca. Anda dapat mengamati beberapa tanaman hias tersebut untuk membuktikannya secara langsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News