Keluarga

4 Manfaat Sarapan Salad untuk Kesehatan, Bisa Cegah Diabetes Lho!

4 Manfaat Sarapan Salad untuk Kesehatan, Bisa Cegah Diabetes Lho!

MOMSMONEY.ID - Tidak boleh Anda lewatkan, inilah 4 manfaat sarapan salad untuk kesehatan.

Mengganti menu sarapan Anda dengan salad segar merupakan cara yang bagus untuk menambahkan lebih banyak makanan utuh ke dalam diet Anda.

Termasuk makanan padat nutrisi, Anda akan mendapatkan banyak manfaat saat sarapan dengan sepiring salad.

Mulai dari meningkatkan suasana hati hingga melindungi tubuh dari berbagai penyakit, berikut 4 manfaat sarapan salad untuk kesehatan sebagaimana dilansir dari Healthline.

Baca Juga: Aman Buat Vegan, 6 Makanan Ini Bantu Tingkatkan Stamina Seks Loh

1. Meningkatkan suasana hati dan produktivitas

Manfaat sarapan salad untuk kesehatan yang pertama yaitu meningkatkan suasana hati dan produktivitas.

Apa yang Anda makan untuk sarapan dapat memengaruhi suasana hati dan kinerja mental Anda lho. Sarapan tinggi karbohidrat kompleks dan rendah lemak, seperti salad, diklaim mampu meningkatkan suasana hati dan mengurangi kelelahan dengan lebih efektif dibandingkan sarapan rendah karbohidrat dan tinggi lemak seperti telur, kentang goreng, dan bacon.

Sarapan tinggi karbohidrat kompleks juga dapat membantu meningkatkan penanda kinerja mental, seperti memori, perhatian, dan pemrosesan informasi.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa sayuran berdaun hijau yang identik dengan salad mungkin sangat efektif dalam menjaga fungsi otak seiring bertambahnya usia. Pada gilirannya, faktor-faktor ini dapat meningkatkan produktivitas Anda.

2. Melancarkan pencernaan

Manfaat sarapan salad untuk kesehatan yang kedua yaitu melancarkan pencernaan.

Salad cenderung kaya akan serat alami yang dapat membantu pencernaan. Serat sendiri terdiri dari serat larut (soluble) dan serat tidak larut (insoluble).

Serat larut mampu memberi makan bakteri menguntungkan di usus, yang pada gilirannya menghasilkan asam lemak rantai pendek (SCFA) seperti asetat, butirat, dan propionat. SCFA ini akan memberi makan sel-sel usus Anda, mengurangi peradangan, serta dapat melawan gangguan usus tertentu seperti sindrom iritasi usus besar (IBS), penyakit Crohn, dan kolitis ulserativa. Sementara itu, serat tidak larut mampu menambah jumlah besar pada tinja dan membantu memindahkan makanan melalui usus, sehingga mengurangi kemungkinan sembelit.

Selain kaya akan serat, salad juga memiliki kandungan air yang tinggi. Faktanya, makanan dengan kandungan air yang tinggi bisa membantu melawan sembelit.

Baca Juga: Yuk Lakukan Cara Ini Agar Keuangan Lebih Cerah di 2024, Wajib Mulai Investasi Ya

3. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat sarapan salad untuk kesehatan yang ketiga yaitu membantu menurunkan berat badan.

Mengonsumsi salad saat sarapan juga bisa membantu penurunan berat badan lho. Tidak hanya kaya serat dan air, salad juga perlu dikunyah secara ekstensif. Masing-masing faktor ini dapat mengurangi rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang, sehingga menyebabkan Anda makan lebih sedikit.

Selain itu, bahan utama dalam sebagian besar salad yakni buah-buahan dan sayur-sayuran, cenderung memiliki kepadatan kalori yang rendah. Ini artinya, salad menawarkan sedikit kalori untuk volume yang dikonsumsi di perut Anda, yang selanjutnya dapat berkontribusi pada penurunan berat badan.

Penelitian secara konsisten menghubungkan asupan buah dan sayur yang tinggi dengan penurunan berat badan seiring berjalannya waktu. Dengan menambahkan sumber protein ke dalam salad Anda saat sarapan, itu bisa membuat rasa lapar semakin berkurang dan rasa kenyang semakin meningkat.

4. Melindungi tubuh dari berbagai penyakit

Manfaat sarapan salad untuk kesehatan yang keempat yaitu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Sarapan dengan salad adalah cara mudah untuk meningkatkan asupan buah dan sayuran, yang mana buah dan sayuran mengandung banyak nutrisi serta senyawa tumbuhan yang bermanfaat bagi kesehatan dan mampu melindungi tubuh dari penyakit. Misal, sayuran berdaun hijau dan sayuran silangan yang biasa ditemukan dalam salad dapat membantu mencegah penurunan mental, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

Ingat-ingat bahwa sarapan tinggi lemak atau tinggi gula dengan sering dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan menyebabkan lebih banyak lemak perut yang merupakan faktor risiko dari banyak penyakit kronis.

Oleh karena itu, cobalah ganti sarapan biasa Anda dengan salad guna membantu menjaga kesehatan jantung sekaligus menangkal penyakit kronis lainnya.

Demikian 4 manfaat sarapan salad untuk kesehatan yang tidak boleh Anda lewatkan. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mulai sarapan dengan sepiring salad?

Selanjutnya: Harga Emas Antam dan UBS Hari Ini (27/1) di Pegadaian Kompak Naik, Cek Updatenya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News