Keluarga

4 Letak Jerawat di Wajah dan Penyebabnya, Jangan Keliru Moms!

4 Letak Jerawat di Wajah dan Penyebabnya, Jangan Keliru Moms!

MOMSMONEY.ID - Inilah 4 letak jerawat dan penyebabnya yang harus Anda tahu.

Beda letak jerawat, ternyata beda pula penyebabnya lho. Mengutip MedicalNewsToday, jerawat berkembang ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sel kulit mati dan minyak.

Bakteri bernama Propionibacterium acnes juga berperan dalam peradangan yang menyebabkan munculnya benjolan merah yang menjadi ciri jerawat.

Namun, apa jadinya jika jerawat cenderung hinggap di area wajah tertentu? Melansir laman Siloam Hospitals, ada 4 letak jerawat dan penyebabnya. Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Berikut Tips Mengelola Sampah Yang Menguntungkan

1. Jerawat di dagu

Letak jerawat dan penyebabnya yang pertama yaitu jerawat di dagu.

Jerawat di dagu bisa muncul akibat kadar hormon yang tidak stabil. Adapun ketidakstabilan kadar hormon dapat disebabkan oleh kelebihan androgen, sehingga merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi minyak secara berlebih.

Produksi minyak yang berlebih bisa menyebabkan penyumbatan di pori-pori dan berakhir dengan jerawat. Kondisi ini biasanya dialami oleh wanita menjelang menstruasi atau efek dari penggunaan kontrasepsi hormonal. Terkadang, diet juga dapat memengaruhi kadar hormon sehingga bisa saja menimbulkan jerawat.

Guna mengatasi jerawat di dagu, pastikan Anda mengurangi konsumsi produk susu. Untuk mempercepat penyembuhan, Anda bisa menggunakan skincare yang mengandung retinol, salicylic acid, atau tea tree oil.

2. Jerawat di pipi

Letak jerawat dan penyebabnya yang kedua yaitu jerawat di pipi.

Jerawat di pipi dapat terjadi akibat gesekan yang terjadi pada kulit, misalnya meletakkan ponsel di pipi saat menelepon.

Selain itu, tidak mengganti sarung bantal dalam waktu yang lama dan sering menyentuh wajah dengan tangan kotor juga dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat di pipi. 

Untuk mengatasi masalah ini, usahakan membersihkan ponsel secara teratur dengan tisu disinfektan, mengganti sarung bantal minimal seminggu sekali, dan hindari menyentuh wajah tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Baca Juga: 4 Alasan Perlu Pakai Sunscreen di Dalam Ruangan, Salah Satunya Mencegah Kanker Kulit

3. Jerawat di hidung dan dahi

Letak jerawat dan penyebabnya yang ketiga yaitu jerawat di hidung dan dahi.

Jerawat di area hidung dan dahi (T-zone) umumnya disebabkan oleh produksi minyak berlebih dan stres. Ini bukan berarti stres dapat memengaruhi produksi minyak, namun stres bisa memperparah jerawat. Selain itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan munculnya jerawat di area hidung dan dahi lho. 

Untuk menyingkirkan jerawat di hidung dan dahi, jagalah pola tidur Anda agar tetap berkualitas. Jangan lupa juga untuk mengelola stres dengan bermeditasi dan olahraga secara teratur.

Terakhir, hindari kebiasaan menyentuh hidung dan dahi karena bisa menyebabkan minyak dan kotoran menempel di area tersebut.

4. Jerawat di garis rambut

Letak jerawat dan penyebabnya yang keempat yaitu jerawat di garis rambut.

Dikenal juga sebagai pomade acne, jerawat di garis rambut dapat disebabkan oleh penggunaan pomade. Pomade sendiri merupakan produk perawatan rambut bertekstur kental dan berbahan dasar minyak mineral yang dapat dengan mudah menumpuk di dalam folikel rambut dan tidak bisa keluar.

Proses penumpukan tersebut dapat menyebabkan penyumbatan hingga memicu pertumbuhan jerawat di garis rambut.

Untuk mencegah munculnya jerawat di garis rambut akibat penggunaan pomade, sebaiknya hentikan penggunaan pomade dan pilihlah produk rambut yang bersifat non-comedogenic. Pastikan juga Anda segera mencuci muka dan keramas dengan sampo setelah menggunakan produk tersebut. 

Demikian 4 letak jerawat dan penyebabnya. Kini, Anda sudah tak bingung lagi kan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News