Keluarga

4 Kesalahan Saat Merebus Daging Sapi yang Bikin Daging Jadi Alot

 4 Kesalahan Saat Merebus Daging Sapi yang Bikin Daging Jadi Alot

MOMSMONEY.ID - Merebus daging sapi adalah salah satu cara memasak daging dengan jalan yang menyehatkan. Tapi ternyata ada banyak kesalahan saat merebus daging sapi yang wajib Anda hindari.

Dari mulai daging menjadi alot hingga rasanya yang tak sempurna menjadi 2 di antara 4 akibat dari kesalahan yang dilakukan saat merebus daging.

Mau tahu apa saja kesalahan yang bisa dilakukan saat merebus daging sapi? Melansir dari The Kitchn, simak yang berikut ini!

Baca Juga: 6 Cara Mengolah Daging Sapi Pakai Bahan Tradisional Agar Empuk dan Mudah Dikunyah

Salah pilih bagian daging

Jenis potongan dalam daging sapi

Kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang adalah sembarangan dalam memilih daging.

Saat akan merebus daging sapi, pilihlah daging yang lebih keras daripada biasanya, seperti bagian leher sapi.

Melansir dari Master Class, ini disebabkan karena waktu merebus yang cukup lama sehingga bisa membuat daging keras dapat menjadi empuk dan lebih beraroma.

Sebaliknya, apabila daging yang akan Anda rebus bertekstur lunak dan tipis, maka ketika direbus daging tersebut akan berubah menjadi super alot dan sulit untuk dikunyah.

Baca Juga: 7 Makanan Korea Utara Paling Menarik yang Wajib Dicoba, Sudah Tahu Belum?

Tidak membakar daging

BBQ

Kesalahan saat merebus daging sapi adalah dengan tidak membakar dagingnya terlebih dahulu.

Mungkin belum banyak orang ketahui bahwa membakar daging sapi sebelum memasukkannya ke dalam kuah kaldu akan membuat daging jadi kaya akan rasa.

Namun hal ini hanya berlaku untuk jenis daging dengan potongan dadu seperti daging Saikoro, ya Moms!

Daging saikoro harus dibakar hingga seluruh sisinya cukup kecoklatan. Setelah itu, barulah masukkan daging tersebut ke dalam rebusan kaldu.

Dengan menggunakan teknik memasak yang satu ini, daging sapi jadi lebih kaya rasa.

Baca Juga: 6 Makanan yang Harus Dihindari Saat Makan di Prasmanan

Durasi masak sebentar

Kesalahan saat merebus daging sapi adalah karena durasinya yang terlalu singkat.

Melansir dari The Kitchn, idealnya, merebus daging sapi memerlukan waktu yang cukup lama. Apabila Anda merebusnya hanya dalam waktu yang sebentar, maka daging masih akan bertekstur keras.

Seperti yang sudah dijabarkan di atas, bagian daging terbaik untuk direbus adalah bagian leher sapi / chuck. Bagian ini cukup keras sehingga Anda perlu merebusnya dalam waktu yang cukup lama.

Baca Juga: Mengenal 7 Jenis Minuman Kopi Ala Kafe yang Paling Sering Dibeli

Terlalu awal menambahkan sayuran

Sukiyaki

Kesalahan yang cukup sering dilakukan adalah memasukkan daging beserta sayuran secara bersamaan ke dalam air rebusan kaldu sapi.

Sayuran sendiri sebetulnya tak perlu di masak berlama-lama. Terlalu lama memasak sayur hanya akan membuat sayur jadi lembek dan tidak menggugah selera.

Tips terbaik adalah dengan menambahkan sayuran keras (seperti wortel, kentang, ataupun lobak) saat di tengah proses memasak.

Itulah berbagai kesalahan saat merebus daging yang bisa Moms pelajari agar saat memasak daging sapi, Anda tak melakukan kesalahan-kesalahan seperti di atas, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News