Keluarga

4 Kandungan Skincare yang Sering Menyebabkan Purging, Apa Saja?

4 Kandungan Skincare yang Sering Menyebabkan Purging, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Catat, inilah 4 kandungan skincare yang sering menyebabkan purging.

Purging sebagaimana dikutip dari L’Oreal Paris adalah reaksi awal dari pemakaian skincare baru. Hal ini dikarenakan kulit membutuhkan penyesuaian terhadap sebuah produk kecantikan, termasuk produk skincare.

Selain itu, istilah purging juga sering digunakan untuk menyebut proses pembersihan kulit atau regenerasi.

Ciri-ciri kulit mengalami purging antara lain kulit terasa gatal, muncul jerawat, serta kulit bersisik dan mengelupas.

Dari banyaknya kandungan skincare yang ada, beberapa di antaranya dinilai sebagai salah satu penyebab purging. Kira-kira, apa saja?

Melansir MyGlamm, berikut 4 kandungan skincare yang sering menyebabkan purging.

Baca Juga: 4 Makanan Murah yang Ampuh Mencegah Diabetes, Konsumsi Lebih Sering!

1. Salicylic acid

Kandungan skincare yang sering menyebabkan purging pertama adalah salicylic acid.

Salicylic acid termasuk jenis BHA yang terkenal mampu melawan jerawat. Sehingga, tidak heran jika kandungan skincare ini sangat cocok untuk kulit acne-prone.

Dapat ditemukan di sebagian besar produk anti-jerawat, salicylic acid bisa membuat kulit menjadi kering dan bahkan purging.

Jadi, pastikan Anda tidak menggunakannya secara berlebihan. Apabila purging tak kunjung mereda, sebaiknya hentikan penggunaan salicylic acid sesegera mungkin.

2. Retinol

Kandungan skincare yang sering menyebabkan purging kedua adalah retinol.

Retinol merupakan turunan vitamin A yang memiliki banyak manfaat bagi kulit termasuk meningkatkan jumlah kolagen dan membuat kulit tampak lebih montok. Retinol juga dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, meratakan warna kulit, dan meningkatkan elastisitas kulit.

Di balik manfaatnya yang luar biasa, retinol cenderung keras sehingga mudah menyebabkan purging terutama bagi pemula dan pemilik kulit sensitif.

Selain tidak boleh digunakan pada siang hari, disarankan juga bagi Anda untuk menggunakan retinol sedikit demi sedikit pada awal pemakaian dan menerapkan metode sandwich untuk mengurangi kemungkinan purging. Untuk menerapkan metode sandwich, awali dengan moisturizer kemudian aplikasikan retinol dan akhiri dengan mengoleskan moisturizer lagi.

Baca Juga: Berat Badan Naik? Bisa Jadi Kurang Serat! Ini 5 Tanda Tubuh Kekurangan Serat

3. Glycolic acid

Kandungan skincare yang sering menyebabkan purging ketiga adalah glycolic acid.

Termasuk dalam jenis AHA, glycolic acid mampu melarutkan ikatan antara berbagai sel kulit mati sehingga membuat kulit tampak lebih bersinar.

Glycolic acid banyak ditemukan dalam produk toner. Karena rentan menyebabkan purging, selalu ingat untuk melakukan patch test terlebih dahulu jika Anda belum pernah mencoba glycolic acid sama sekali.

4. Vitamin C

Kandungan skincare yang sering menyebabkan purging keempat adalah vitamin C.

Populer di dunia per-skincare-an, vitamin C bermanfaat untuk membantu mencerahkan kulit, mengurangi tampilan bekas jerawat, dan mendorong produksi kolagen.

Meskipun bagus, faktanya vitamin C bisa menyebabkan purging khususnya pada kulit yang sensitif dan berjerawat. Apabila Anda mengalami purging setelah menggunakan skincare yang mengandung vitamin C, segera hentikan pemakaiannya.

Itulah 4 kandungan skincare yang sering menyebabkan purging. Jangan lupa dicatat ya, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News