Keluarga

4 Ide Menata Ruang Tamu Kecil Supaya Berfungsi Maksimal

4 Ide Menata Ruang Tamu Kecil Supaya Berfungsi Maksimal

MOMSMONEY.ID - Simak ide menata ruang tamu kecil yuk supaya bisa berfungsi maksimal dan terlihat lebih luas serta lega!

Banyak ide menata ruang tamu kecil bermunculan di situs berita atau sosial media saat ini. Namun sering kali ide tersebut sulit diterapkan. Penyebabnya bisa dari bermacam faktor lo!

Melansir Architectural Digest, saat menata ruang tamu kecil Anda tidak boleh hanya memperhatikan tata letaknya. Perhatikan juga pemilihan furnitur multifungsi yang perlu digunakan di ruang tamu kecil sehingga masih banyak ruang sisa yang difungsikan.

Baca Juga: Tahukah Anda 40% Perusahaan Berpikir Gen Z Tidak Siap Masuk Dunia Kerja  

Ruang tamu adalah ruang untuk berkumpul dan banyak melakukan aktivitas. Jika ruang tamu terasa sesak dan sempit, menatanya terasa jadi hal yang tidak mungkin di lakukan. Namun sebenarnya membuat ruang tamu kecil berfungsi maksimal dan terasa luas bisa kok Anda lakukan!

Salah satu kunci memaksimalkan fungsi ruang tamu kecil adalah memilih dengan matang furnitur yang cocok dan multiguna. Baru setelah itu, Anda perlu kreatif membut tata letak di ruang tamu. Setelah itu baru Anda bisa mendekor ruang tamu sesuai gaya Anda. 

Nah setelah Anda tahu kunci cara menata ruang tamu kecil supaya berfungsi maksimal, sekarang yuk simak beberapa ide penataannya!

Coba gunakan tempat duduk ala kedai kopi

Ide menata ruang tamu kecil ala kedai kopi ini menggunakan kursi-kursi ramping dengan meja kecil. Ya, ditata layaknya Moms sedang nongkrong di kedai kopi kesukaan Anda. 

Anda tidak perlu menggunakan meja makan besar. Selain itu gunakan meja dan kursi lipat yang sesuai dengan jumlah penghuni rumah. 

Ide menata ruang tamu kecil ala kedai kopi ini cukup cocok untuk Anda yang tinggal sendiri atau bersama pasangan Anda dan masih memungkinkan untuk satu anak. 

Gunakan lampu dinding

Di ruang tamu yang kecil, permukaan meja atau area kecil jadi sangat berharga. Dari pada menggunakan permukaan meja dan area kecil untuk meletakan lampu meja atau lampu tiang yang berdiri di atas lantai, gunakan lampu dinding.

Ide ini akan membuat tampilan ruang tamu Moms jadi lebih cantik. Selain itu ruang yang tadinya digunakan untuk lampu bisa digunakan untuk hal lain yang lebih berguna. 

Baca Juga: Cek 5 Pantangan Makanan untuk Penderita Sinusitis agar Cepat Pulih

Letakan sofa atau kursi di tengah ruangan

Di ruang tamu yang kecil, biasanya orang akan lebih suka meletakkan semua furnitur menempel pada dinding. Ide ini menciptakan satu kolam lantai terbuka di bagian tengah. 

Alih-alih mendorong semua furnitur ke dinding, coba berikan sisa ruangan antara dinding dengan sofa. Ini akan memberikan sedikit celah yang bisa Anda isi dengan furnitur kecil yang berguna di ruang tamu.

Buat pembatas area dengan karpet

Jika Anda memiliki rumah yang tidak menyediakan secara khusus ruang tamu, coba gunakan ilusi pemisah antara ruang tamu dengan ruang lainnya. Caranya gunakan karpet di area sofa untuk menerima tamu. 

Demikian ide menata ruang tamu kecil di rumah. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News