Keluarga

4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memakai Makeup Waterproof, Moms Harus Tahu!

4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memakai Makeup Waterproof, Moms Harus Tahu!

MOMSMONEY.ID - Suka pakai makeup waterproof? Ini 4 hal yang harus diperhatikan saat memakai makeup waterproof.

Tidak sedikit orang yang lebih suka menggunakan makeup tahan air atau waterproof dalam keseharian mereka.

Pasalnya, makeup waterproof memiliki formula yang tidak mudah luntur saat terkena air atau keringat. Sehingga, makeup waterproof merupakan pilihan tepat untuk menciptakan makeup yang awet sepanjang hari tanpa perlu touch up.

Bagi Anda yang suka memakai makeup waterproof, selalu ingat bahwa makeup waterproof juga memiliki efek samping yang bisa merugikan kulit terutama jika digunakan dalam jangka panjang tanpa diiringi dengan perawatan yang maksimal.

Baca Juga: Dampak Sistem Customer Relationship di Industri Kecantikan

Nah, agar kulit tetap sehat, berikut 4 hal yang harus diperhatikan saat memakai makeup waterproof yang dilansir dari Vunsies berikut.

1. Lakukan skin preparation sebelum mengaplikasikan makeup

Hal yang harus diperhatikan saat memakai makeup waterproof yang pertama yaitu melakukan skin preparation sebelum mengaplikasikan makeup.

Skin preparation merupakan langkah yang penting, tidak terkecuali sebelum menggunakan makeup waterproof. Ini bermanfaat untuk menjaga kulit tetap sehat sekaligus memaksimalkan hasil makeup.

Awali dengan membersihkan wajah dan lanjutkan dengan menerapkan produk skincare yang biasa Anda pakai termasuk pelembab dan sunscreen. Setelah itu, oleskan primer guna membuat foundation dan produk makeup lainnya menempel dengan baik pada kulit. Dikarenakan tekstur makeup waterproof cenderung agak berat, maka penggunaan primer dapat membantu melapisi kulit agar tidak kering.

2. Hindari produk makeup yang mengandung silicon

Hal yang harus diperhatikan saat memakai makeup waterproof yang kedua yaitu menghindari produk makeup yang mengandung silicon.

Banyak produk makeup waterproof mengandung silicon. Silicon sendiri dapat menciptakan lapisan yang menghentikan kelembaban kulit dan membuat kulit tampak halus. Alhasil, makeup pun cenderung tidak mudah luntur saat terkena air atau keringat.

Meskipun silicon bisa membuat makeup lebih tahan lama, namun menggunakan produk yang mengandung silicon dapat menimbulkan efek samping yang tidak baik untuk kesehatan kulit wajah lho. Silicon bisa menyumbat pori-pori, memicu tumbuhnya jerawat dan komedo, serta membuat makeup lebih sulit untuk dihilangkan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Bunga untuk Kaum Wanita yang Antimainstream, Dijamin Suka!

3. Bersihkan makeup dengan makeup remover yang tepat

Hal yang harus diperhatikan saat memakai makeup waterproof yang ketiga yaitu membersihkan makeup dengan makeup remover yang tepat.

Salah satu bagian krusial tatkala menggunakan makeup waterproof yang tidak boleh dilewatkan yaitu membersihkan makeup dengan makeup remover yang memiliki formula khusus untuk membersihkan makeup waterproof. Memakai makeup remover khusus makeup waterproof sangat penting agar sisa makeup dapat terangkat secara maksimal guna mencegah pori-pori tersumbat yang bisa menumbuhkan jerawat dan membuat wajah tampak kusam.

Biasanya, makeup remover khusus makeup waterproof berbahan dasar minyak. Sehingga, dapat dengan mudah membersihkan makeup waterproof. Untuk menghindari pengeringan dan dehidrasi pada kulit, pastikan Anda memilih produk makeup remover yang ringan.

4. Biarkan kulit beristirahat

Hal yang harus diperhatikan saat memakai makeup waterproof yang keempat yaitu membiarkan kulit beristirahat.

Makeup waterproof memiliki formula yang lebih berat agar hasil makeup tidak mudah luntur. Oleh sebab itu, sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakannya hanya beberapa kali saja dalam seminggu.

Sebisa mungkin, jadwalkanlah waktu istirahat untuk kulit Anda secara rutin. Misal, biarkan kulit Anda terbebas dari makeup saat Anda tidak bekerja dan tidak ada kegiatan. Meski sepele, faktanya kebiasaan ini termasuk penting dan efektif untuk menjaga kesehatan kulit.

Demikian 4 hal yang harus diperhatikan saat memakai makeup waterproof. Jangan lupa dipraktikkan ya, Moms!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News