Bugar

4 Cara Memilih Produk Perawatan Kulit Bayi Baru Lahir, Wajib Tahu!

4 Cara Memilih Produk Perawatan Kulit Bayi Baru Lahir, Wajib Tahu!

MOMSMONEY.ID - Ibu baru wajib tahu, inilah cara memilih produk perawatan kulit bayi baru lahir. Bayi baru lahir cenderung memiliki kulit yang lebih sensitif.

Dilansir dari situs kesehatan asal Amerika, WebMD, bayi yang baru lahir membutuhkan produk perawatan kulit, seperti lotion bayi serta sabun dan shampoo bayi yang bebas pewarna dan pewangi, khususnya ketika bayi baru lahir mengalami kondisi kulit ruam akibat kulit kering.

Sehingga Anda harus memilih produk perawatan kulit bayi yang tepat. Sebelum membeli, hal paling penting yang harus Anda lakukan adalah memperhatikan kandungan bahan yang ada di dalamnya. 

Oleh karena itu, berikut empat cara memilih produk perawatan kulit bayi baru lahir dikutip dari aveeno.co.id, yaitu: 

Baca Juga: Rekomendasi Tontonan untuk Isi Libur Akhir Tahun dari Vidio, Simak yuk

1. Cek Kondisi dan Kemasan Produk

Cara pertama memilih produk perawatan kulit bayi baru lahir adalah cek kondisi dan kemasan produk. Sebelum memilih produk perawatan kulit bayi baru lahir, pastikan terlebih dahulu tanggal kadaluarsa produk dan jangka waktu produk dapat bertahan setelah kemasan dibuka.

Jangan lupa juga untuk mengecek kondisi kemasan produk, pilih produk yang masih tersegel rapat, tidak penyok, dan tidak kotor

2. Baca Label Kemasan dengan Cermat

Cara memilih produk perawatan kulit bayi selanjutnya adalah baca label kemasan dengan cermat. Sebisa mungkin, perhatikan label kemasan produk perawatan kulit bayi baru lahir dengan cermat ya.

Sebaiknya hindari sabun bayi yang mengandung antiseptik, (fenol, kresol), deodoran (triklosan, heksaklorofen), maupun detergen seperti sodium lauryl sulphate (SLS) yang dapat menimbulkan iritasi maupun sodium laureth sulphate (SLES) yang beracun bila terserap kulit bayi.

Baca Juga: Tidak Sulit, Inilah 3 Cara Membersihkan Wajah dengan Benar

3. Hindari Kandungan yang Dapat Menyebabkan Iritasi

Berikutnya, Anda harus menghindari kandungan yang dapat menyebabkan iritasi. Secara umum, ada beberapa kandungan bahan dalam skincare bayi yang sebaiknya dihindari saat memilih produk perawatan kulit bayi baru lahir agar kulitnya terhindar dari risiko alergi.

Bahan-bahan yang tersebut antara lain pewangi, pewarna sintetis, parabens, phthalates, formaldehyde, propylene glycol, dan sulfates.

4. Jangan Ragu Berkonsultasi dengan Expert

Cara memilih produk perawatan kulit bayi lainnya adalah jangan ragu berkonsultasi dengan expert. Jika bayi memiliki gejala ruam, kulit kering, dan pecah-pecah yang tidak hilang dalam beberapa hari, apalagi sampai disertai demam di atas 37°C, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan expert atau dokter bayi agar dapat direkomendasikan produk perawatan kulit bayi baru lahir yang tepat untuk merawat dan menjaga kulit bayi.

Sekarang Anda sudah tahu pa cara memilih produk perawatan kulit bayi baru lahir. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News