Santai

3 Tanaman Hias yang Diremehkan tapi Perawatannya Mudah dan Punya Manfaat

3 Tanaman Hias yang Diremehkan tapi Perawatannya Mudah dan Punya Manfaat

MOMSMONEY.ID - Ada banyak jenis tanaman hias yang memiliki perawatan yang mudah dan manfaat. Namun, tahukah Anda ada tanaman hias yang diremehkan?

Ya, terdapat tiga tanaman hias yang diremehkan. Mengutip House Digest, ketiga tanaman hias yang diremehkan yaitu hoya, pakis plumosa dan pinus Norfolk. 

Meskipun mungkin terdengar sedikit lebih eksotis daripada rosemary atau sage pada umumnya, tanaman hias ini tetap ramah bagi pemula, mudah dirawat, dan sepadan dengan waktu Anda.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias Aquarium Terbaik yang Bisa Tumbuh di Air, Punya Manfaat untuk Ikan

Sebagai tanaman tropis, hoya memiliki daun berwarna hijau lilin dan tumbuh dengan baik di pot atau keranjang gantung.

Kecantikan tanaman hoya terdapat pada bunganya. Hoya sering kali diremehkan karena kebanyakan orang tidak melihatnya saat sedang mekar, dan menanam hoya untuk melihat mekarnya sangatlah bermanfaat. 

Tergantung pada spesiesnya, bunga hoya berwarna merah muda atau putih dan tersusun rapat seperti bola. 

Hoya juga dapat dilatih sebagai tanaman merambat. 

Sementara itu, pakis plumosa atau pakis asparagus menonjol karena daunnya yang lembut dan terapung.

Tanaman menakjubkan ini sering digunakan dalam wadah luar ruangan, namun jika ditanam sebagai tanaman dalam ruangan, tanaman ini dapat memberikan nuansa unik yang menakjubkan pada ruangan Anda. 

Dedaunan pakis plumosa yang tipis dan berbulu sering digunakan sebagai pengisi rangkaian bunga. Dengan sendirinya, tanaman hias ini jelas merupakan pembuka percakapan.

Baca Juga: Tanaman Hias Kaktus yang Populer, Punya Beragam Bentuk Unik dan Menarik

Kemudian, untuk pohon pinus Norfolk sering dijual sekitar waktu Natal. Tanaman tersebut dapat ditanam sepanjang tahun dan menjadi pohon Natal keluarga. 

Tanaman itu tumbuh besar dan lebih menyukai banyak cahaya terang kerena termasuk pohon tropis. 

Perawatan hoya, pakis plumosa, dan pinus Norfolk relatif mudah. Anda bahkan dapat memasukkan pakis plumosa ke dalam pot yang dapat menyiram sendiri dan (kebanyakan) lupa menyiramnya, karena pakis ini tumbuh subur di area dengan cahaya redup. Demikian pula, hoya bisa menjaga dirinya sendiri. 

Hoya mudah dirawat, dapat tumbuh subur di berbagai lokasi, aman bagi hewan peliharaan dan manusia, serta ramah bagi pemula. 

Namun, hoya memang membutuhkan banyak cahaya. Mereka biasanya membutuhkan sinar matahari langsung selama 2 hingga 4 jam, jadi sebaiknya letakkan tanaman ini di dekat jendela yang mendapat banyak cahaya atau di luar di teras. 

Mengenai potensi kerugian memiliki pakis plumosa, sebaiknya jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. 

Jika Anda memiliki pohon pinus Norfolk, akan sangat bermanfaat jika melihat pohon mini Anda tumbuh menjadi tanaman besar. 

Baca Juga: 10 Barang untuk Merawat Tanaman Hias di Rumah, Mudah Ditemukan dan Dilakukan

Ditambah lagi, ruangan Anda akan berbau seperti Natal sepanjang tahun! Tapi seperti pakis plumosa, pinus Norfolk agak beracun bagi hewan peliharaan

Nah itulah ketiga tanaman hias yang diremehkan. Anda dapat mengetahui fakta ketiga tanaman tersebut dan merawatnya untuk mendapatkan manfaatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News