Bugar

3 Langkah Tepat Menjaga Kesehatan Mental yang Bisa Anda Lakukan

3 Langkah Tepat Menjaga Kesehatan Mental yang Bisa Anda Lakukan

MOMSMONEY.ID - Kesehatan mental makin sering diperbincangkan. Langkah tepat menjaga kesehatan mental, memang sebaiknya semua orang perlu menjaga kesimbangan emosional. 

Agus Susanto, Spesialis Kejiwaan dari RS Mentari Tangerang, mengatakan, ada beberapa strategi dalam menjaga keseimbangan emosional mulai dengan relaksasi hingga aktif secara sosial. 

Pertama, Anda dapat mempraktikan relaksasi. Menurut Agus, latihan relaksasi seperti meditasi, pernapasan dalam, atau yoga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan mental.

"Cobalah mengalokasikan waktu setiap hari untuk melibatkan diri dalam kegiatan relaksasi ini," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (18/7).

Baca Juga: Lawan Depresi, Ini 5 Manfaat Menghabiskan Waktu di Alam untuk Kesehatan Mental

Kedua, mengelola stress. Sebaiknya, temukan cara-cara sehat untuk mengelola stres, seperti olahraga, menulis jurnal, atau berbicara dengan seseorang yang dipercaya.

Saran Agus, hindari menumpuk stres dan carilah strategi untuk mengatasinya. 

Ketiga, tetap aktif secara sosial. Agus berpendapat, interaksi sosial yang sehat dan dukungan sosial dapat memiliki dampak positif pada kesehatan mental.

Oleh karena itu, ada baiknya agar emosi tetap seimbang mencari dukungan dari teman, keluarga, atau bergabung dalam kelompok yang berbagi minat yang sama.

Baca Juga: Arti Inferiority Complex, Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Apabila masih belum tampak hasilnya, maka perlu mempertimbangkan untuk konsultasi dengan dokter atau terapis. Selain itu, bisa melakukan terapi kognitif perilaku.

"Terapi ini dapat membantu Anda mengatasi pola pikir negatif dan mengembangkan strategi baru untuk menghadapi tantangan emosional dan mental," ujar Agus.

Langkah lain bisa dengan terapi obat. ​Dalam beberapa kasus, dokter spesialis kedokteran jiwa mungkin meresepkan obat-obatan tertentu untuk membantu mengelola gejala yang terkait dengan kesehatan mental.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News