Santai

11 Jenis Sukulen Paling Wangi yang Punya Aroma Menyegarkan

11 Jenis Sukulen Paling Wangi yang Punya Aroma Menyegarkan

MOMSMONEY.ID - Sukulen menjadi salah satu tanaman yang mudah perawatannya. Tahukah Anda jenis sukulen paling wangi? Berikut ini 11 jenis sukulen paling wangi. 

Ada beragam jenis sukulen paling wangi yang punya aroma menyegarkan dan menyenangkan. 

Tak banyak yang mengetahui jika jenis sukulen paling wangi ini mempunyai aroma yang menyegarkan. 

Baca Juga: 6 Jenis Tanaman Sukulen Paling Unik dan Ngetren, Wajib Disimak!

Mengutip Balcony Garden Web, berikut ini jenis sukulen paling wangi. 

1. String of Pearls

Dinamakan tepat untaian mutiara, sukulen ini memiliki batang panjang dengan daun kecil seperti manik. 

Jika disimpan di tempat yang hangat dan kering di musim dingin, tanaman ini akan menghasilkan bunga berwarna putih seperti bunga aster dengan aroma seperti kayu manis di musim semi dan musim panas.

Dengan mekarnya bunga yang bertahan selama sebulan, sukulen yang mengalir ini menyukai naungan parsial dan tanah yang memiliki drainase baik, asam hingga netral.

2. Vicks Plant

Terdiri dari minyak atsiri dalam jumlah besar, daun ramuan semi sukulen ini berbau mint, tajam, dan sejuk seperti Vicks Vaporub. 

Daunnya berwarna hijau dengan tekstur lembut berbulu halus, dan bunga mekarnya berwarna biru dan berbulu.

Tanaman ini tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari yang cerah dan tanah yang memiliki drainase yang baik, tetapi tidak dapat ditanam di dalam ruangan.

3. Tanaman Ular

Lidah Mertua

Berikutnya dalam daftar kami adalah Tanaman Ular yang terkenal, tanaman sukulen yang dipuja karena daunnya yang khas dan sifat pemurni udaranya, yang menyembunyikan aroma harum di baliknya! Bunga sukulen yang kecil, berwarna krem, dan lengket ini memiliki perpaduan yang kuat antara wewangian pedas dan seperti melati.

Meskipun mereka jarang mekar terutama di luar ruangan dan dalam kondisi semi-luar ruangan, berikut adalah beberapa trik untuk mendorong mereka mekar.

4. Hoya 

Banyak varietas hoya dari genusnya, termasuk “Heart Leaf Hoya” yang terkenal karena aromanya. 

Yang satu ini,  Hoya kerrii, didambakan karena daunnya yang hijau segar dan berbentuk hati, tapi masih ada yang lebih dari itu. Parfum berharga dari bunganya  pasti akan menarik perhatian Anda.

Baca Juga: Tanaman Pengharum Ruangan yang Punya Aroma Menenangkan, Cocok Dirawat di Rumah

Sukulen epifit ini menghasilkan kumpulan bunga berwarna putih lilin berwarna merah muda sekali atau dua kali setahun yang mengeluarkan aroma coklat, jeruk, madu, dan vanila, yang semakin kuat di malam hari.

Untuk membuatnya mekar, pertahankan agar hati hoya Anda terikat ke akarnya dan berikan banyak sinar matahari dan kegelapan malam. Ia tumbuh dengan baik di media netral yang memiliki drainase yang baik.

5. Wijaya Kusuma

Queen of the Night menghasilkan bunga mekar putih yang menakjubkan di malam hari yang memancarkan aroma manis vanilla dan gardenia. Dengan daun yang panjang dan bergelombang, mekarnya sebagian besar hanya bertahan satu malam dan, jika diserbuki, menghasilkan buah lonjong berwarna ungu kemerahan yang dapat dimakan. Anda harus menunggu setahun penuh untuk melihat mekarnya lagi!

Kaktus epifit ini tumbuh subur dalam cahaya penuh dan parsial serta semua jenis tanah. Namun, mengingat habitat aslinya di hutan hujan, kaktus ini membutuhkan lebih banyak air dibandingkan kaktus biasa; Namun, jika menanamnya di dalam ruangan, Anda harus menunggu hingga tanah mengering, dan yang terbaik adalah Anda juga bisa menanamnya di keranjang gantung.

6. Fragrant Crassula

Namanya mengungkapkan semuanya! Crassula yang harum menghasilkan karangan bunga harum berwarna merah dan kuning dengan kelopak bunga melengkung di musim semi dan terkadang di musim panas. 

Dengan daun-daunnya yang berbentuk tombak dan bergerombol yang mengarah ke langit, bunganya paling harum saat senja untuk memikat ngengat, penyerbuknya di malam hari.

Baca Juga: 4 Rahasia Cara Budidaya Sukulen yang Tidak Banyak Orang Tahu

Semak sukulen ini dapat bertahan hidup di alam liar dengan sendirinya di bawah sinar matahari penuh dan sedikit asam hingga tanah netral, menjadikannya sempurna untuk tukang kebun yang sibuk!

7. Kaktus Lily Paskah

Berasal dari Amerika Selatan, bunga sukulen ini menutupi tanaman lainnya. Induk tanaman dengan penuh semangat menunggu mekarnya bunga nokturnal berwarna putih kemerahan beraroma bunga di musim semi dan musim panas. 

Namun bahkan tanamannya sendiri merupakan pemandangan yang menarik untuk dilihat, berbentuk bulat, berusuk, dan dengan duri berpola, menjadikannya pemandangan yang menarik bahkan tanpa mekar. 

Tanam kaktus ini dalam pot dengan campuran tanah kaktus netral yang memiliki drainase baik. Ia tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh dengan sedikit naungan sore hari!

8. Oregano Kuba

Nama ramuan sukulen ini diambil dari aroma oregano dari daunnya yang dihancurkan. Juga dikenal sebagai mint Meksiko dan borage India, daunnya yang berbulu halus mengandung minyak esensial yang memberikan aroma ini; Meski bukan oregano asli, namun memiliki banyak kegunaan kuliner. 

Pada awalnya, ramuan yang dapat dimakan ini memiliki batang sukulen yang berubah menjadi berkayu saat matang.

Oregano Kuba lebih menyukai sinar matahari pagi langsung dan sedikit naungan sore hari untuk mencegah daunnya terbakar. Ingatlah untuk memilih tempat yang panas dan kering dan jangan sering menyiramnya.

9. Euforia

Ada berbagai macam euphorbia, ada yang menyamar sebagai sukulen atau bahkan kaktus, dan banyak juga yang berbunga wangi. 

Euphorbia leucocephala, juga dikenal sebagai “Semak Natal Putih”, menghasilkan bunga seputih salju dengan aroma melati yang manis. 

Berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah, tanaman ini tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh, sedikit penyiraman, dan campuran pot sukulen yang seimbang.

Lalu ada varietas euphorbia seperti “Honey Spurge”, semak semi-hijau yang menghasilkan bunga kecoklatan beraroma madu! Lihat artikel ini yang mencantumkan  euphorbia paling  populer untuk rumah Anda, dan ingatlah bahwa semua bagian euphorbia  beracun.

Baca Juga: 8 Alasan Tanaman Hias Membuat Bahagia yang Dibuktikan oleh Sains

10. Batu Hidup

Tampak seperti kerikil kecil dengan retakan di permukaannya, penduduk asli Afrika Selatan ini menghasilkan bunga mekar berwarna kuning pastel, oranye, dan ungu seperti bunga aster yang memancarkan keharuman manis seperti madu, meningkatkan seluruh aura ruangan. 

Muncul pada akhir musim gugur dan awal musim dingin, bunga-bunga ini mekar pada sore hari yang cerah dan menjelang senja.

Karena tidak memiliki batang, mudah untuk salah mengira ini sebagai batu bulat yang berserakan di tanah. Lithops tumbuh subur di bawah sinar matahari, tanah dengan drainase yang baik, dan hidrasi sedang.

11. Fishbone Cactus

Sukulen ini adalah  sukulen “tulang” dengan kebiasaan tertinggal yang menghasilkan bunga perunggu besar berbentuk terompet dan bunga putih persik yang berbau seperti lemon di musim gugur.

Berasal dari hutan hujan Meksiko, tanaman ini tumbuh subur di iklim yang agak lembab dan hangat serta lebih menyukai sinar matahari.

Jadi itulah beberapa jenis sukulen paling wangi yang punya aroma menyegarkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News