Bugar

11 Daftar Minuman Herbal untuk Kolesterol, Alternatif Obati Kolesterol

11 Daftar Minuman Herbal untuk Kolesterol, Alternatif Obati Kolesterol

MOMSMONEY.ID - Selain dalam bentuk ramuan obat, banyak orang juga mencari minuman herbal untuk kolesterol lo. Yuk, cek daftarnya berikut ini.

Herbal menjadi alternatif dari pengobatan berbagai masalah kesehatan termasuk kolesterol tinggi. Selain dalam bentuk ramuan obat, banyak orang juga mencari minuman herbal untuk kolesterol.

Lantas, apa saja minuman herbal untuk mengobati kolesterol yang dapat dicoba? Menyadur dari Health Grid, berikut ini adalah beberapa minuman herbal untuk kolesterol yang dapat Anda coba konsumsi:

1. Temulawak

Dikenal sebagai minuman herbal yang efektif, temulawak bisa membantu menurunkan kadar kolesterol secara signifikan jika dikonsumsi secara rutin.

Baca Juga: 9 Menu Makanan Sehari-hari untuk Penderita Asam Lambung, Mau Coba yang Mana?

2. Air Lemon

Mengonsumsi satu sendok perasan air lemon yang dicampur dengan air setiap hari bisa membantu mengembalikan kadar kolesterol ke tingkat normal.

3. Teh Kembang Sepatu (Hibiscus)

Mengandung polifenol yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol LDL, teh kembang sepatu juga memiliki sifat anti-inflamasi yang mendukung kesehatan jantung.

Baca Juga: Sering Diabaikan, Inilah 7 Penyebab Asam Lambung Naik di Malam Hari

4. Teh Kunyit

Mengandung kurkumin, teh kunyit dikenal memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan yang kuat, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan meredakan peradangan.

5. Teh Biji Fenugreek

Kaya akan serat larut air yang membantu mengikat kolesterol dan mengeluarkannya dari tubuh, konsumsi teh biji fenugreek secara teratur dapat efektif dalam menurunkan kolesterol total dan LDL.

Baca Juga: Apakah Telat Makan Bisa Menyebabkan Asam Lambung? Simak 7 Penyebab Lainnya

6. Teh Hijau

Terkenal karena kualitasnya yang murni dan manfaat kesehatannya yang luar biasa, teh hijau mengandung katekin, sebuah antioksidan yang efektif dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL). Untuk hasil terbaik, pilihlah teh hijau yang alami.

7. Teh Jahe

Teh jahe juga merupakan minuman yang dapat diandalkan untuk menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat. Meskipun memerlukan lebih banyak penelitian, teh jahe telah dikenal memiliki efek menguntungkan terhadap kesehatan jantung.

Baca Juga: Mengulik Manfaat Nanas untuk Kolesterol, Ketahui 14 Buah Penurun Kolesterol Lainnya

8. Teh Hitam

Seperti teh hijau, teh hitam kaya akan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kesehatan jantung secara umum.

9. Teh Bawang Putih

Bawang putih mengandung allicin yang telah terbukti menurunkan kolesterol. Teh bawang putih dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL yang baik dan menurunkan LDL yang buruk.

Baca Juga: Apakah Kuning Telur Mengandung Kolesterol? Ini Aturan Makan Telur yang Aman

10. Teh Daun Oat

Mengandung beta-glukan yang membantu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL, teh daun oat juga dikenal akan sifat relaksasinya yang membantu mengurangi stres dan kecemasan.

11. Jus Seledri

Minuman yang dibuat dari akar seledri ini mengandung banyak manfaat kesehatan, termasuk kemampuan untuk menurunkan kolesterol. Akar seledri bisa dicuci, direbus, dan air rebusannya diminum setiap hari.

Nah, demikianlah beberapa minuman herbal untuk kolesterol yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Cuaca Besok (30/5) di Jakarta Akan Cerah Berawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News