Keluarga

10 Urutan Makeup yang Benar untuk Pemula, Flawless dan Tahan Lama!

10 Urutan Makeup yang Benar untuk Pemula, Flawless dan Tahan Lama!

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 10 urutan makeup yang benar untuk pemula di sini.

Banyak pemula makeup yang menganggap bahwa kunci makeup paripurna terletak pada produk makeup yang digunakan. Padahal, cara pengaplikasian yang tepat merupakan kunci utamanya, terlepas dari mahal atau tidaknya produk makeup yang dipakai.

Selain itu, urutan yang benar juga memainkan peran penting di balik tampilan makeup yang flawless. Usai menggunakan skincare, berilah jeda waktu sekitar 5-10 menit sebelum mulai mengaplikasikan produk makeup apapun.

Ini dilakukan agar formula skincare benar-benar meresap dengan baik ke dalam kulit.

Setelah itu, terapkanlah 10 urutan makeup yang benar untuk pemula ala Maybelline ini supaya hasil makeup flawless dan tahan lama.

Baca Juga: 8 Tanda Anda Butuh Bantuan Psikolog, Salah Satunya Kematian Orang Terdekat

1. Pakai primer

Urutan makeup yang benar untuk pemula pertama yaitu memakai primer.

Tidak sedikit orang melewatkan urutan makeup yang satu ini. Padahal, primer dapat membuat tekstur wajah jauh lebih halus sekaligus menyamarkan tampilan pori-pori besar.

Mengaplikasikan primer sebelum alas bedak akan menciptakan kanvas yang sempurna untuk hasil makeup yang flawless.

2. Aplikasikan foundation

Urutan makeup yang benar untuk pemula kedua yaitu mengaplikasikan foundation.

Setelah memakai primer, aplikasikanlah sedikit foundation secara merata ke seluruh wajah. Jika dirasa masih kurang, barulah tambah layer baru. Mengaplikasikan foundation sedikit demi sedikit akan mencegah foundation menjadi cakey.

Agar hasilnya mulus, gunakanlah spons atau kuas untuk mengaplikasikan foundation. Ratakan foundation dengan cara ditepuk-tepuk sembari sedikit ditekan supaya foundation dapat menempel dengan baik. 

3. Oleskan concealer

Urutan makeup yang benar untuk pemula ketiga yaitu mengoleskan concealer.

Butuh coverage ekstra untuk menutupi jerawat, bekas jerawat, atau dark circles? Maka jangan lewatkan penggunaan concealer.

Bubuhkan concealer secukupnya hanya di area wajah yang bermasalah, lalu baurkan dengan spons atau kuas. Anda bisa memilih concealer dengan shade satu tingkat lebih terang dari shade foundation.

4. Baurkan bedak

Urutan makeup yang benar untuk pemula keempat yaitu membaurkan bedak.

Untuk mengunci foundation dan concealer agar tidak mudah bergeser, baurkanlah bedak secukupnya ke seluruh wajah atau area wajah yang gampang berminyak.

Selain membuat complexion lebih awet, bedak juga dapat membantu menyerap minyak berlebih terutama di area T-zone seperti dahi, hidung, dan dagu.

Anda bisa memilih bedak tabur atau bedak padat dan bubuhkan tipis-tipis ke seluruh wajah menggunakan kuas bedak. 

5. Gunakan eyeliner

Urutan makeup yang benar untuk pemula kelima yaitu menggunakan eyeliner.

Agar wajah terlihat lebih hidup lagi, jangan lupa untuk menggunakan eyeliner. Untuk pemula, produk eyeliner yang paling disarankan adalah eyeliner pensil karena lebih mudah dipakai dan bisa dihapus dengan cepat jika pengaplikasiannya berantakan.

Apabila Anda masih pemula, sebaiknya hindari dulu membuat winged atau cat eyeliner karena tergolong sulit dan butuh banyak waktu. Bagi para pemula, cukup buat classic eyeliner untuk membingkai mata bagian atas.

Baca Juga: Orang Tua Tidak Boleh Memukul Anak, Inilah 7 Alasannya!

6. Aplikasikan maskara

Urutan makeup yang benar untuk pemula keenam yaitu mengaplikasikan maskara.

Untuk sehari-hari, Anda dapat menggunakan maskara yang bisa membuat bulu mata tampak lebih panjang, lentik, atau lebat.

Agar bulu mata tetap terlihat natural, cukup aplikasikan maskara dalam satu pulasan. Jangan lupa jepit bulu mata Anda terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan maskara. Jepitlah bulu mata selama 20 detik supaya hasilnya lentik maksimal.

7. Pakai pensil alis

Urutan makeup yang benar untuk pemula ketujuh yaitu memakai pensil alis.

Apabila Anda masih pemula dalam hal makeup, Anda bisa memilih pensil alis mekanik karena terbilang praktis dan cepat. Pensil alis jenis ini tidak perlu diraut dan sudah dilengkapi dengan spoolie untuk memudahkan pengaplikasian.

Gunakan pensil alis untuk membentuk dan mengisi bagian tengah ke belakang alis. Sementara bagian depan alis cukup diberi detail dengan membuat goresan seperti bulu alis lalu baurkan.

8. Baurkan blush on

Urutan makeup yang benar untuk pemula kedelapan yaitu membaurkan blush on.

Produk makeup yang satu ini dapat membuat wajah terlihat segar merona dalam sekejap. Jadi, jangan lupa untuk memasukkan blush on ke dalam urutan makeup selanjutnya, sekali pun Anda masih pemula.

Aplikasikan blush on di sepanjang tulang pipi ke arah pelipis. Lalu, ratakan menggunakan kuas besar agar hasilnya terlihat natural. 

9. Oleskan lipstick

Urutan makeup yang benar untuk pemula kesembilan yaitu mengoleskan lipstick.

Setelah bagian pipi selesai, urutan makeup yang benar selanjutnya beralih ke bibir. Jika Anda ingin tampil trendy dengan bibir yang glossy dan plumpy, Anda bisa menggunakan tinted lip gloss, lip tint, atau lip vinyl.

Untuk tampilan bibir yang awet sepanjang hari, Anda dapat menggunakan lipcream dengan formula matte dan waterproof.

Dikarenakan semua produk tersebut berbentuk cair, maka Anda harus belajar mengaplikasikannya dengan rapi di dalam garis bibir.

10. Semprotkan setting spray

Urutan makeup yang benar untuk pemula terakhir yaitu menyemprotkan setting spray.

Urutan makeup yang benar terakhir adalah menyemprotkan setting spray untuk mengunci keseluruhan hasil makeup agar tidak bergeser dan tahan lama. Plus, mencegah wajah berminyak secara berlebihan.

Untuk hasil maksimal, semprotkan setting spray dari jarak 20-25 cm di depan wajah. Apabila Anda menginginkan hasil yang glowing, Anda bisa memilih setting spray dengan formula dewy. Sementara untuk wajah bebas kilap, pilihlah setting spray dengan formula matte.

Demikian 10 urutan makeup yang benar untuk pemula. Sudah tidak bingung lagi, kan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News