BisnisYuk

Zurich Entreprenurship Program Edukasi Jangkau 3.700 Siswa di 14 Kota

Zurich Entreprenurship Program Edukasi Jangkau 3.700 Siswa di 14 Kota

MOMSMONEY - Zurich Indonesia, Z Zurich Foundation, dan Prestasi Junior Indonesia melanjutkan Zurich Entrepreneurship Program di tahun ketiganya.

Zurich Entrepreneurship Program tahun ini akan menjangkau lebih dari 3.700 siswa/i dari 50 SMA dan SMK di 14 kota/kabupaten di Indonesia hingga Juli 2025.

Kota-kota tersebut meliputi Jakarta, Bogor (Kota & Kabupaten), Tangerang Selatan, Bekasi (Kabupaten), Bandung, Semarang, Yogyakarta, Bantul, Medan, Surabaya, Sidoarjo, Denpasar, dan Makassar.

Melalui program ini, para siswa akan diberdayakan untuk menginisiasi 50 bisnis baru yang fokus pada ekonomi sirkular, gaya hidup sehat, dan perubahan iklim.

Edhi Tjahja Negara, Country Manager Zurich Indonesia, menyatakan, program ini memfasilitasi generasi muda untuk mengaktualisasikan potensi bisnis dan semangat perubahan.

Baca Juga: Ini Kata Asuransi Zurich Soal Program Asuransi Wajib untuk Kendaraan

"Pendekatan baru dari program tahun ini diharapkan dapat menciptakan efek domino bagi pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan pembangunan berkelanjutan di masyarakat," katanya.

Sejak tahun 2022, Zurich Entrepreneurship Program telah memberdayakan lebih dari 5.500 siswa dengan keterampilan esensial untuk menciptakan peluang ekonomi melalui kewirausahaan.

Lebih dari 370 karyawan Zurich telah berperan sebagai mentor, mendukung terbentuknya 70 bisnis baru yang mengontribusikan total pendapatan lebih dari Rp 500 juta pada pertumbuhan ekonomi lokal.

Adriana Poglia, Head of Enabling Social Equity Z Zurich Foundation, menambahkan,  kewirausahaan memainkan peran penting dalam mewujudkan kesetaraan sosial dengan menyediakan peluang yang setara bagi individu dari berbagai latar belakang.

Baca Juga: Program Edukasi Anak dan Sekolah Sehat Berlanjut Tahun ini

"Kami bertujuan untuk mengatasi hambatan struktural dan menciptakan lingkungan di mana semua generasi muda memiliki kesempatan yang mereka layak dapatkan untuk berhasil di masa depan," ujarnya.

Data Badan Pusat Statistik pada Februari 2024 menunjukkan angka pengangguran Indonesia masih didominasi oleh orang muda berusia 15-24 tahun, yaitu 16,42%.

Robert Gardiner, Academic Advisor and Operations Counsel Prestasi Junior Indonesia, menekankan pentingnya program ini dalam memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan bisnis kepada siswa.

"Kami percaya kemitraan kami bersama Zurich Indonesia dan Z Zurich Foundation dalam mempromosikan kewirausahaan kepada generasi muda dapat mereduksi angka pengangguran muda Indonesia di masa mendatang," ungkap Robert.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News