Keluarga

Begini Cara Bikin Kamar Tidur Anda Tetap Dingin Tanpa AC

Begini Cara Bikin Kamar Tidur Anda Tetap Dingin Tanpa AC

MOMSMONEY.ID - Saat cuaca panas, tidur malam pasti akan terganggu. Nah untuk tidur yang lebih nyenyak, yuk simak 5 cara bikin kamar tidur tetap dingin tanpa AC.

Akhir-akhir ini cuaca panas di Indonesia terasa hingga malam hari. Bagi Anda yang tidak memiliki AC kondisi ini tentu membuat tidur tidak nyaman. Bahkan bagi pengguna AC, saat suhu sudah terlalu dingin dan mematikan AC udara sangat cepat berubah menjadi panas.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Cat Dinding Bergigi di Rumah

Nah, mempelajari cara bikin kamar tidur tetap dingin di siang atau malam hari akan mempermudah Anda bisa tidur dengan nyaman. Melansir Ideal Home, suhu optimal untuk tidur adalah sekitar 18 derajat Celcius. Apabila kamar tidur kita lebih hangat dari pada itu, maka kita akan lebih lama untuk bisa tertidur dan membuat tidur jadi terganggu. 

Begini cara bikin kamar tidur Anda tetap dingin tanpa AC

Suhu tubuh Anda perlu secara perlahan menurun sebelum Anda tidur. Inilah mengapa Anda tidak bisa tidur apabila udara di kamar terlalu panas. Lalu bagaimana cara membuat kamar tidur tetap dingin tanpa AC?

Ganti seprai Anda

Menggunakan seprai yang cocok untuk udara panas adalah salah satu cara membuat kamar Anda tetap terasa dingin tanpa AC. Jadi jika seprai yang Anda gunakan saat ini terlalu tebal atau berbahan sedikit panas, coba ganti. 

Gunakan seprai yang terbuat dari bahan alami dan berpori-pori, sehingga kulit Anda tidak akan terasa menempel di seprai saat tengah malam. Gunakan bahan seprai dari linen, bambu dan katun lembut di cuaca yang panas. 

Gunakan selimut secara terpisah bila tidur dengan pasangan

Saat tidur bersama pasangan di kasur yang sama, hangat tubuh mereka bisa mempengaruhi suhu yang Anda rasakan. Solusinya, gunakan selimut secara terpisah. 

Gunakan lampu LED

Cuaca yang panas adalah saat yang tepat untuk Anda menghemat listrik. Cara membuat kamar tidur terasa lebih dingin selanjutnya adalah menggunakan lampu LED yang tidak banyak menyebarkan udara panas dan sekaligus menghemat listrik. 

Lampu tradisional mengeluarkan sebagian besar energinya dalam betuk panas dan mudah membuat udara terasa panas. Panas yang berasal dari lampu lama Anda mungkin merupakan faktor kecilm tetapi hal ini bisa membantu Anda untuk bisa tidur lebih nyenyak di malam hari dengan menggantinya. 

Baca Juga: Dari Alpukat-Olive Oil, Ini 11 Bahan Makanan yang Tak Boleh Disimpan dalam Kulkas

Gunakan kasur yang tepat

Cara terakhir membuat kamar tidur terasa sejuk adalah mengetahui jenis kasur yang tepat untuk Anda gunakan. Jenis kasur yang tepat akan membantu Anda mengatur suhu tubuh saat Anda tidur. 

Kasur dengan kualitas baik dan terbuat dari isian bahan alami seperti wil, kapas dan bambu adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang mudah merasa panas di malam hari. 

Tutup jendela saat siang hari
Mungkin Anda kaget dengan fakta ini. Anda tidak direkomendasikan membuka jendela di siang hari jika ingin memiliki kamar yang terasa sejuk. 

Sebaiknya tutup jendela di siang hari untuk menghentikan udara panas mengsisi kamar tidur Anda. Kemudian buka jendela saat matahari mulai turun dan suhu di luar juga ikut menurun. 

Demikian cara membuat kamar tidur terasa dingin supaya tidur Anda semakin nyenyak di malam hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News