Santai

Yuk Hempas Jerawat Punggung Pakai 5 Cara Ini

 Yuk Hempas Jerawat Punggung Pakai 5 Cara Ini

MOMSMONEY.ID - Sering merasa terganggu dengan munculnya jerawat punggung bisa membuat rasa percaya diri turun saat menggunakan baju backless.

Kemunculan jerawat di punggung pun juga kerap mengusik keinginan diri untuk mengatasinya dengan cara cepat.

Namun, jerawat punggung ada baiknya diatasi sesuai dengan alasan munculnya agar tidak terulang kembali.

Baca Juga: 4 Tips Cara Mudah Rawat Payudara dari Rumah Biar Tetap Kencang

Sama dengan kondisi kulit wajah, kulit di bagian punggung juga memproduksi sebum sebagai minyak alami. Memiliki fungsi untuk memberikan kelembapan alami pada kulit dan rambut.

Jerawat bisa saja terbentuk dari produksi sebum berlebih yang menyumbat pori-pori. Di samping itu sisa kotoran juga bisa menjadi penyumbat pori-pori yang mengakibatkan jerawat.

Agar terhindar dari risiko jerawat punggung atau back acne, coba gunakan cara berikut ini.

Gunakan pakaian longgar

Terutama saat sedang musim panas, pakaian yang longgar dan terbuka bisa membantu kulit untuk bernapas. Jika Anda memiliki kebiasaan menggunakan pakaian ketat terutama saat berolah raga, akan membuat kulit susah untuk bernapas.

Pastikan pakaian Anda cukup longgar dan bersih agar kulit tetap bisa bernafas serta selalu berada pada kondisi yang sehat.

Mandi setelah berolah raga

Olahraga jadi kebiasaan baru yang kini banyak digandrungi orang-orang. Seperti yang diketahui, keringat menjadi penyumbang terbesar munculnya jerawat di area punggung.

Maka dari itu, biasakan diri untuk selalu mandi setelah berolah raga. Sebab, keringat bisa menghambat kulit untuk bernapas dan membuat pori-pori tersumbat. Jika proses tersebut terjadi terus-menerus, maka jerawat punggung bisa muncul.

Baca Juga: Cystic Acne, Kenali Apa Itu dan Cara Mengatasi Si Jerawat Batu yang Bandel Ini

Membilas rambut dengan bersih

Wajib diketahui bahwa sisa sampo maupun kondisioner yang tidak dibilas bersih bisa menempel pada kulit. Jika dibiarkan begitu saja akan membuat pori-pori tersumbat.

Penting untuk selalu membilas rambut dari sisa sampo dan kondisiner dengan benar dan bersih. Pastikan tidak ada sisa produk yang menempel pada bagian punggung.

Gunakan produk non-comedogenic

Untuk menghindari risiko munculnya jerawat punggung, Anda bisa menggunakan produk perawatan tubuh yang bersifat non-comedogenic.

Sebab, produk-produk tersebut memiliki manfaat untuk membersihkan kulit dari kotoran yang menyumbat pori-pori. Gunakan secara rutin dan pastikan untuk membilasnya dengan bersih juga, ya.

Eksfoliasi

Baik wajah maupun tubuh, eksfoliasi wajib jadi perawatan utama untuk menghilangkan kulit mati yang menumpuk.

Lakukan eksfoliasi secara rutin maksimal dua kali dalam seminggu untuk membersihkan kulit dari sisa kotoran dan kulit mati.

Anda bisa menggunakan bahan atau produk eksfoliasi yang lembut agar tidak merusak kondisi kulit.

Itulah tadi beberapa cara alami yang bisa dilakukan sendiri untuk mengatasi jerawat punggung atau back acne.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News