Keluarga

Waspada! Wilayah Ini Berpotensi Alami Kekeringan serta Kebakaran Hutan dan Lahan

Waspada! Wilayah Ini Berpotensi Alami Kekeringan serta Kebakaran Hutan dan Lahan

MOMSMONEY.ID - BMKG mengatakan beberapa wilayah berpotensi alami kekeringan dan kebakaran hutan serta lahan karena kurangnya hujan!

BMKG menjelaskan saat ini wilayah yang mengalami hari tanpa hujan terpanjang adalah Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Wilayah ini tercatat memiliki 41 hari tanpa hujan. Ini menunjukkan bahwa untuk dasarian III (satu dasarian dihitung 10 hari) Januari 2024 tidak ada wilayah di Indonesia yang berpotensi mengalami kekeringan. 

Baca Juga: Demo Rompi Kuning disebut Gibran Saat Debat Cawapres, Apa Itu?

Namun ada sekitar 24 titik yang mengalami potensi kebakaran hutan dan lahan. Titik paling banyak berada di Nusa Tenggara Timur yakni mencapai 11 titik. Kemudian ada 4 titik di Sulawesi Tengah, 2 titik di Jawa Timur, 2 titik di Kalimantan Timur, 2 titik di Sulawesi Selatan, 2 titik di Maluku dan satu titik di Sumatera Selatan. 

Kemudian pada akhir Januari hingga Februari 2024 ada sejumlah titik dengan risiko kebakaran hutan kategori tinggi. Titik tersebut ada di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jawa Timur dan Nusa Tenggara.  Wilayah yang dimaksud antara lain:

Baca Juga: Cara Menggunakan Fitur AI TikTok Terbaru, Bisa Bikin Lagu Sendiri

  • Sumatera Utara: Padang Lawas, Padang Lawas Utara
  • Sumatera Barat: Lima Puluh Kota, Pasaman
  • Riau: Pekan Baru, Bengkalis, Kampar, Pelalawan, Siak, Rokan Hulu, Rokan Hilir.
  • Jawa Timur: Situbondo, Banyuwangi
  • NTB: Bima, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah dan Sumba Timur
  • NTT: Dompu

Bagi Anda yang berada dekat dengan wilayah ini sebaiknya lakukan antisipasi dampak risiko yang terjadi. Jangan membuka lahan dengan cara dibakar, tidak membuang puntung eokok sembarangan, tidak meninggalkan sumber api di dalam rumah, mengecek instalasi listrik agar tidak terjadi konsleting dan sedaiakan APAR jika terjadi kebakaran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News