Keluarga

Waspada Diare pada Ibu Hamil, Begini Cara Penanganan Pertamanya

Waspada Diare pada Ibu Hamil, Begini Cara Penanganan Pertamanya

MOMSMONEY.ID - Yuk, simak penanganan pertama bagi ibu hamil yang sedang diare berikut ini.

Melansir berbagai sumber, ternyata ibu hamil memang rentan mengalami diare.

Terutama, karena ada perubahan hormon yang akan mempengaruhi proses pencernaan dan menyebabkan gangguan mulai dari mual, muntah, hingga diare. 

Baca Juga: Ini Makanan yang perlu Dihindari saat Mengalami Diare

Nah, mengutip Lacto Club, diare saat hamil sebenarnya tidak berbahaya. Namun, jika gejalanya cukup parah, ibu hamil bisa mengalami komplikasi kehamilan yang membahayakan keselamatan Anda dan janin. 

Diare yang berlebihan hingga berhari-hari bisa menyebabkan ibu hamil kehilangan banyak cairan tubuh. Ujungnya, ibu hamil bisa mengalami dehidrasi yang meningkatkan risiko keguguran atau melahirkan secara prematur. 

Saat ini, sebenarnya banyak obat diare yang dijual bebas dan aman dikonsumsi. Tapi, menurut laman Alodokter, khusus ibu hamil sebaiknya jangan sembarangan mengonsumsi obat diare. 

Ibu hamil perlu melakukan konsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat diare. Supaya obat yang diresepkan benar-benar sesuai dengan penyebab dan kondisi ibu serta janin. 

Baca Juga: Waspada Cuaca Ekstrem di Musim Pancaroba, Kenali Tanda-Tanda Ini

Tapi, ibu hamil bisa mengatasi diare secara alami lo! Penanganan yang perlu dilakukan antara lain minum banyak air putih atau minuman elektrolit untuk mencegah dehidrasi. 

Setelah BAB, Moms perlu segera minum air putih satu gelas. Kemudian jangan lupa mengonsumsi makanan yang mudah dicerna seperti sup ayam, pisang, roti tawa atau daging tanpa lemak. 

Hindari makanan pedas, makanan tinggi serat, makanan yang digoreng, berlemak, susu, soda, kopi, dan teh. Tapi, jika diare tak kunjung sembuh, segera periksakan ke dokter, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News