Keluarga

Wangi Tanpa Iritasi, Ini 4 Tips Menggunakan Parfum untuk Kulit Sensitif

Wangi Tanpa Iritasi, Ini 4 Tips Menggunakan Parfum untuk Kulit Sensitif

MOMSMONEY.ID - Kali ini MomsMoney akan membagikan 4 tips menggunakan parfum untuk kulit sensitif. Simak yuk!

Banyak orang dengan jenis kulit sensitif mudah alergi terhadap parfum. Oleh sebab itu, para pemilik kulit sensitif sangat disarankan untuk melakukan patch test atau uji tempel sebelum mencoba produk parfum apapun.

Selain itu, Anda yang memiliki kulit sensitif juga perlu mengetahui cara penggunaan parfum yang tepat dan menghindari cara yang kurang tepat.

Guna mencegah iritasi, ikutilah 4 tips menggunakan parfum untuk kulit sensitif sebagaimana dilansir dari Savoni berikut ini.

Baca Juga: 5 Kondisi Kulit yang Harus Dihindari saat Menggunakan Face Oil

1. Semprotkan parfum pada pakaian

Tips menggunakan parfum untuk kulit sensitif yang pertama yaitu menyemprotkan parfum pada pakaian. Menyemprotkan parfum ke pakaian akan membantu Anda menikmati wewangian tanpa mengiritasi kulit.

Semprotkanlah parfum ke udara di sekitar Anda untuk menghasilkan kabut halus dan biarkan kabut parfum menempel pada pakaian Anda. Ini akan membantu mendistribusikan aroma parfum secara merata sekaligus mencegah kontak langsung dengan kulit Anda.

Adapun titik yang tepat untuk menyemprotkan parfum yaitu di dalam pakaian, karena kemungkinan aroma parfum akan bertahan lebih lama di sana.

2. Pakai parfum non-alkohol

Tips menggunakan parfum untuk kulit sensitif yang kedua yaitu pakai parfum non-alkohol. Jika kulit Anda alergi terhadap alkohol, Anda dapat menggunakan parfum non-alkohol.

Sebagai alternatif lain, Anda bisa memilih pewangi berbahan dasar minyak atau wax perfume karena lebih sedikit menyebabkan iritasi pada kulit.

Apabila Anda tetap ingin menggunakan parfum, pastikan untuk melakukan tes reaksi alergi terlebih dahulu dengan menyemprotkan sedikit parfum ke bahu, dada, atau rambut alih-alih leher. Jika tidak ada reaksi alergi apapun, Anda dapat melanjutkan penggunaan parfum pada kulit sensitif Anda.

Baca Juga: 4 Skincare yang Tidak Boleh Digunakan pada Siang Hari, Apa Saja?

3. Gunakan alat parfum

Tips menggunakan parfum untuk kulit sensitif yang ketiga yaitu menggunakan alat parfum. Parfum dan kulit sensitif dapat dipadukan dengan alat parfum seperti perhiasan diffuser berbahan logam. Perhiasan ini memadukan gaya dan kemampuan untuk menyerap sekaligus menciptakan keharuman.

Entah dalam bentuk kalung, gelang, maupun anting-anting, menggunakan perhiasan diffuser akan membantu Anda tetap wangi seharian.

Kenakanlah perhiasan diffuser dan biarkan panas tubuh Anda mengeluarkan aroma parfum sepanjang hari tanpa membuat kulit iritasi.

4. Semprotkan parfum pada area kulit yang tidak gampang iritasi

Tips menggunakan parfum untuk kulit sensitif yang keempat yaitu semprotkan parfum pada area kulit yang tidak gampang iritasi.

Beberapa individu hanya sensitif atau alergi pada area tertentu. Jika kulit Anda alergi terhadap parfum hanya pada area tertentu, maka Anda dapat menggunakan parfum di area kulit lainnya.

Misal, daripada menggunakan parfum di leher, Anda bisa memindahkan penggunaannya ke area dada atau rambut. Apabila kepekaan kulit Anda bertambah parah, disarankan untuk tidak melakukan uji tempel apapun.

Demikian 4 tips menggunakan parfum untuk kulit sensitif. Jika ternyata parfum sama sekali tidak cocok untuk kulit sensitif Anda, Anda dapat beralih ke body powder.

Dibandingkan dengan parfum, body powder memiliki banyak keunggulan bagi kulit sensitif antara lain tidak mengandung banyak bahan kimia keras yang mengaktifkan reaksi alergi. Body powder juga mampu menyerap kelembaban yang dihasilkan oleh keringat, menjaga tubuh tetap kering sepanjang hari, dan tidak menguap sehingga lebih tahan lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News