Keluarga

Waktu Terbaik untuk Menggunakan Skincare, Skincare Niacinamide Kapan?

Waktu Terbaik untuk Menggunakan Skincare, Skincare Niacinamide Kapan?

MOMSMONEY.ID - Jangan keliru, inilah waktu terbaik untuk menggunakan skincare.

Selain memerhatikan bahan dan urutan pemakaian, produk skincare apapun juga harus digunakan di waktu yang tepat.

Jangan sampai Anda menggunakan skincare khusus malam pada siang hari atau sebaliknya, karena bisa mengurangi efektivitasnya dan bahkan menyebabkan masalah kulit baru seperti iritasi.

Sebagai pedoman, berikut MomsMoney bagikan informasi seputar waktu terbaik untuk menggunakan skincare yang dilansir dari Beauty Bay.

Baca Juga: Ada Nanas, Inilah 10 Makanan yang Bisa Menyebabkan Keguguran

1. Waktu terbaik untuk menggunakan skincare vitamin C

Karena vitamin C merupakan antioksidan yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan lingkungan akibat radikal bebas, maka sebaiknya gunakan skincare yang mengandung vitamin C di pagi hari.

Menggunakan skincare vitamin C di pagi hari dapat bertindak sebagai perisai untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV, polusi, dan faktor lingkungan lainnya.

Ketika dilapisi dengan sunscreen, itu akan meningkatkan manfaat skincare vitamin C sekaligus menggandakan perlindungan kulit. 

2. Waktu terbaik untuk menggunakan skincare hidrasi

Bahan-bahan yang menghidrasi seperti hyaluronic acid dan glycerin dapat diaplikasikan pada kulit baik pagi maupun malam hari untuk menjaga kulit tetap terhidrasi sepanjang waktu.

Apapun jenis atau permasalahan kulit Anda, menggunakan skincare hidrasi merupakan langkah penting yang akan bermanfaat bagi semua orang.

Penggunaan skincare hidrasi dapat membantu mengatasi kekeringan, menyeimbangkan kulit berminyak, mencegah tanda-tanda awal penuaan, menyembuhkan kerusakan, dan mencegah timbulnya jerawat. 

3. Waktu terbaik untuk menggunakan skincare niacinamide

Skincare yang mengandung niacinamide juga bisa digunakan pada pagi dan/atau malam hari.

Namun, karena niacinamide merupakan antioksidan serta dapat membantu mengontrol minyak dan mengatasi jerawat, maka skincare niacinamide sangat cocok digunakan pada pagi hari.

Apabila Anda ingin menggunakan skincare niacinamide pada pagi hari, pastikan untuk tidak melapisinya dengan skincare vitamin C. Pasalnya, formula keduanya cenderung membuat satu sama lain tidak stabil saat digabungkan.

Baca Juga: 5 Kesalahan Skincare yang Harus Dihindari Pemilik Kulit Berminyak, Jangan Diulangi!

4. Waktu terbaik untuk menggunakan skincare eksfoliasi

Skincare eksfoliasi yang mengandung glycolic acid, lactic acid, atau salicylic acid paling baik digunakan pada malam hari.

Karena, sifatnya yang mengelupas sel-sel kulit mati dan mengekspos sel-sel kulit baru dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari.

Setelah melakukan eksfoliasi dengan bahan-bahan tersebut, Anda harus menggunakan sunscreen pada keesokan paginya. Plus, jangan melapisinya dengan bahan aktif lain seperti retinol atau vitamin C pada malam yang sama karena dapat menyebabkan iritasi.

5. Waktu terbaik untuk menggunakan skincare retinol

Skincare yang mengandung retinol juga bisa membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Itulah salah satu alasan mengapa retinol hanya boleh digunakan pada rutinitas skincare malam hari (dan dilanjutkan dengan penggunaan sunscreen keesokan harinya).

Alasan kedua mengapa retinol hanya boleh digunakan pada malam hari yaitu karena retinol secara alami tidak stabil terhadap cahaya, yang berarti mudah rusak di siang hari dan menjadi kurang efektif.

Dan, yang ketiga adalah karena retinol membantu menstimulasi kolagen dan meningkatkan pergantian sel. Sehingga, retinol akan bekerja dengan baik bersamaan dengan proses perbaikan alami kulit dalam semalam. 

6. Waktu terbaik untuk menggunakan skincare berbahan minyak

Minyak secara teknis dapat digunakan pada siang atau malam hari.

Tetapi, karena biasanya cair, mudah berantakan, dan sama sekali tidak kompatibel dengan makeup, maka skincare berbahan minyak seperti face oil ideal untuk digunakan pada malam hari. Yang mana, Anda bisa mengoleskannya dengan tebal dan mendiamkannya pada waktu ini.

Skincare berbahan minyak (dalam hal ini adalah face oil) harus selalu menjadi langkah terakhir dalam rutinitas skincare malam setelah moisturizer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News