Santai

Waktu dan Momen yang Paling Sering Orang-Orang Memutar Spotify

Waktu dan Momen yang Paling Sering Orang-Orang Memutar Spotify
Reporter: Danielisa Putriadita  |  Editor: Danielisa Putriadita


MOMSMONEY.ID - Berikut waktu dan momen yang paling sering dijadikan masyarakat untuk memutar Spotify. Apakah kamu juga memutar Spotify di waktu-waktu ini?

Bagi pengguna di Indonesia, musik bukan sekadar sesuatu untuk didengarkan. Para Gen Z dan mielnial sering mencari kenyamanan dan koneksi dalam rutinitas harian mereka walaupun hanya lewat suara. Spotify Indonesia membagikan bagaimana aktivitas sehari-hari bisa terasa lebih menyenangkan.

Dalam keterangan tertulis, Senin (6/10), Spotify mencatat 98% responden merasa Spotify esensial untuk rutinitas harian mereka. Aplikasi streaming ini menjadi teman di hampir setiap momen mulai dari commuting, belajar, bekerja, hingga melakukan pekerjaan rumah. 

Pagi hari jadi momen favorit untuk mendengarkan musik. Antara pukul 6 hingga 9 pagi, playlist seperti K-Pop ON! dan Fun Run jadi yang paling banyak didengarkan dan menemani aktivitas pagi.

Bukan hanya musik, pengguna di Indonesia juga banyak mendengarkan podcast untuk menemani mereka. Lebih dari 70% pengguna menonton video podcast secara aktif di layar gawai mereka dan memulai pagi mereka dengan podcast bertema edukasi, sosial & budaya serta olahraga menunjukkan keinginan untuk belajar hal baru atau mengikuti kabar dunia terkini.

Indonesia terus menjadi salah satu negara dengan pendengar paling aktif dan antusias di Asia Tenggara. "Lewat kampanye Enaknya Ditemenin Spotify kami ingin membuat rutinitas sehari-hari terasa lebih menyenangkan, menempatkan Spotify bukan sekadar musik latar tetapi menjadi teman yang ‘mengerti kamu’," kata ujar Cassandra Aprilanda, Marketing Lead Southeast Asia di Spotify dalam keterangan tertulis. 

Baca Juga: Mulai 9 September 2025, Spotify Sediakan Playlist 100 Best Artis Radar

Hal ini menunjukkan bagaimana musik dan podcast bisa menjadi bahasa emosional, terutama bagi generasi yang terus sibuk bergerak namun tetap butuh ditemani

Menemani Lewat Pengalaman Langsung

Membawa langsung peran musik dalam menemani kegiatan sehari-hari, pada Sabtu (4/10), Spotify Indonesia bekerja sama dengan SANA Kenal Kota dalam inisiatif Kenal Kota Ditemenin Spotify, sebuah pengalaman berjalan kaki yang menjelajahi sudut-sudut tersembunyi Jakarta melalui serta cerita yang membentuk sejarah perkembangan musik di Indonesia, ditemani jutaan koleksi musik dan podcast di Spotify.

Tur dimulai dari Sabang, Jakarta Pusat — sebuah jalan yang penuh kenangan dan legenda skena musik Indonesia. Mulai dari main-main ke Duta Suara, toko kaset, CD, dan piringan hitam yang berdiri sejak 1970-an, lalu ke Jaya Pub hingga perjalanan berakhir di kawasan Blok M yang mulai populer sejak tahun 90-an dan hingga kini masih menjadi pusat hiburan anak muda.

“Musik selalu hidup di jalanan Jakarta. Dari Sabang hingga Blok M, setiap sudut punya kisahnya sendiri,” ungkap Abimantra Pradhana, Founder SANA Kenal Kota. 

Abimantara juga mengatakan musik bukan hanya hiburan, tetapi telah menjadi elemen yang ikut membentuk karakter kota, menandai era, membentuk identitas kawasan, hingga menjadi penanda memori kolektif warganya. 

"Melalui kolaborasi dengan Spotify, kami ingin memperluas perjalanan itu ke dalam musik. Rute tur telah dikurasi agar masyarakat bisa bernostalgia, menemukan kembali landmark musik Jakarta, sekaligus melihat bagaimana pengaruhnya masih terasa dalam musik hari ini,” kata Abimantra. 

Selain walking tour, Spotify juga membuat pengalaman menunggu kendaraan umum di halte bus FX Sudirman jadi lebih menyenangkan dengan hadirnya beragam pilihan playlist yang dapat dipilih sesuai destinasi tujuan dari para pengguna.

Baca Juga: Spotify Catat Konsumsi Video Podcast di Indonesia Melonjak 75%

Sebuah Holobox interaktif yang ada di tengah-tengah halte memberikan kejutan bagi mereka yang sedang menunggu jemputan, ditemani oleh beberapa artis, salah satunya Yura Yunita. Momen menunggu di tengah hiruk pikuk Jakarta jadi terasa lebih menyenangkan. Aktivasi ini masih akan tersedia hingga 24 Oktober 2025.

Dapatkan personalized playlist dan rasakan serunya ditemani Spotify

Di dalam platform, Spotify juga menghadirkan pengalaman interaktif di mana pengguna bisa membuat playlist yang sesuai dengan aktivitas mereka, mulai dari lembur tengah malam, belajar dengan fokus penuh, hingga sesi masak yang berantakan. Setiap playlist dirancang agar terasa seperti teman yang pas untuk momen tersebut. Fitur ini sudah bisa dicoba sekarang dan dapat dinikmati di sini.

Selanjutnya: GrabExpress Dukung Mompreneur Lewat Inisiatif “Ibu Sudah Oke”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News