AturUang

Tren Solo Travel Naik, Ini 4 Perilaku Orang Indonesia yang Beli Asuransi Perjalanan

Tren Solo Travel Naik, Ini 4 Perilaku Orang Indonesia yang Beli Asuransi Perjalanan

MOMSMONEY.ID - Igloo menemukan beberapa tren atau perilaku masyarakat Indonesia kala membeli asuransi perjalanan yang perlu Anda tahu. Simak berikut ini.

Bepergian tentu memiliki risiko tak terduga. Karena itu, asuransi perjalanan jadi pilihan penting bagi banyak orang.

Data dari Igloo, perusahaan teknologi asuransi yang menawarkan asuransi perjalanan domestik dan internasional, menunjukkan kebiasaan orang Indonesia saat bepergian. Apa saja?

Minat yang tinggi terhadap perjalanan internasional

Mayoritas pelanggan Igloo lebih memilih bepergian ke luar negeri, terutama perempuan.

Lebih dari 80% asuransi perjalanan yang dibeli oleh laki-laki digunakan untuk perjalanan internasional, sedangkan angka ini bahkan mencapai 90% di kalangan pelanggan perempuan.

Adapun destinasi favorit wisatawan Indonesia meliputi Jepang, Singapura, Thailand, dan Korea.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Pola Pikir tentang Uang dan Membuat Pilihan yang Lebih Baik

Meningkatnya tren solo travel

Sebanyak 57% dari total pembelian asuransi perjalanan digunakan untuk perjalanan sendiri atau solo travel.

Mayoritas solo traveler adalah perempuan, dengan 60% asuransi perjalanan yang mereka beli ditujukan untuk perjalanan seorang diri. Sementara pada laki-laki, angka ini tercatat sebesar 53%.

Beli asuransi perjalanan di menit terakhir

"Data kami memang masih menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia cenderung membeli asuransi perjalanan di menit-menit terakhir," kata kata Head of D2C Igloo Delta Andreansyah dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (21/3).

Hal ini cenderung terjadi pada wisatawan internasional, yang membeli asuransi perjalanan mendekati hari keberangkatan.

Sebanyak 40% dari mereka membeli dalam rentang 0–4 hari sebelum berangkat, bahkan 1 dari 10 orang melakukannya kurang dari 24 jam sebelumnya.

Sebaliknya, wisatawan domestik lebih jarang membeli asuransi di saat-saat terakhir.

Hanya 22% yang membeli dalam 0–4 hari sebelum keberangkatan, dan hanya 8% yang melakukannya dalam waktu kurang dari sehari sebelum perjalanan.

Baca Juga: Faktor Penentu Nilai Rumah yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Menjualnya

Figur ayah dalam perjalanan keluarga

Dalam perjalanan keluarga, figur ayah memegang peran utama dalam menentukan perlindungan perjalanan.

Hal ini terlihat dari data yang menunjukkan bahwa 60% polis asuransi perjalanan dibeli oleh ayah.

Keputusan ini kemungkinan dipengaruhi oleh peran mereka sebagai kepala keluarga yang bertanggung jawab atas keamanan dan kenyamanan anggota keluarga selama perjalanan.

"Kami berharap, temuan ini memberikan wawasan lebih dalam mengenai bagaimana masyarakat Indonesia bepergian sehingga mereka dapat melindungi diri dari risiko perjalanan," tutur Delta.

"Kami juga merekomendasikan pembelian asuransi perjalanan segera setelah tiket pesawat dipesan agar mencakup potensi pembatalan penerbangan," lanjutnya.

Untuk itu, Igloo terus berkomitmen untuk memanfaatkan masukan, wawasan, dan pola pembelian pelanggan untuk meningkatkan kualitas layanan.

Sesuai dengan visi ini, Igloo telah meluncurkan produk asuransi perjalanan berbasis syariah dari Tugu Syariah.

Sepanjang Maret, Igloo juga menawarkan diskon spesial dan cashback Ramadan untuk berbagai asuransi, termasuk mobil, motor, kecelakaan, dan hewan peliharaan, yang berlaku hingga 31 Maret.

Selanjutnya: Kemlu: Bus Jemaah Umrah Kecelakaan di Arab Saudi, 6 WNI Meninggal Dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Survei KG Media