BisnisYuk

Tren Mobil Bekas Masih Diminati, Ini Strategi Carro

Tren Mobil Bekas Masih Diminati, Ini Strategi Carro

MOMSMONEY.ID - Pasar mobil bekas Indonesia mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir, didorong oleh pertumbuhan ekonomi dan kemudahan skema finansial yang banyak ditawarkan oleh perusahaan di bidang keuangan. Pada tahun 2024, pasar mobil bekas di Indonesia diperkirakan mencapai USD 56,34 miliar, dan akan terus meningkat hingga mencapai USD 74,48 miliar di tahun 2028.

Di garda terdepan perubahan ini adalah generasi Milenial, yang kini semakin giat mencari kendaraan yang worth the money. Berdasarkan data yang dihimpun Carro, Tempat Jual Beli Mobil Bekas Online No. 1 di Asia Pasifik, 64% dari semua penjualan mobil bekas mereka di paruh pertama 2024 melibatkan pelanggan Milenial, dan diperkirakan persentasenya akan terus berkembang seiring waktu.

“Dari data penjualan Carro, kami melihat banyak faktor positif yang terus mendorong pasar mobil bekas, seperti peningkatan pendapatan, jumlah keluarga yang semakin banyak, dan juga credit score yang semakin baik,” ujar Bryan Tan, Country Head Carro Indonesia dalam keterangannya ke Momsmoney.

Menurut Bryan banyak masyarakat Indonesia yang mencari kendaraan berkualitas dengan harga yang lebih affordable. Dealer mobil terpercaya seperti Carro, yang bisa menyediakan berbagai tipe mobil dengan berbagai harga, juga telah menjadi pilihan utama bagi banyak orang.

Baca Juga: Hadapi Persaingan Otomotif, Carro Coba Berpromosi Lewat Drama Korea dan Thailand

Meningkatnya minat akan kendaraan yang lebih besar, seperti MPV dan SUV juga menjadi salah satu pendorong pasar mobil resale, karena banyak Millenial yang mencari kendaraan bermuatan banyak dengan budget yang terbatas. Berdasarkan data dari Carro, beberapa pilihan mobil yang paling populer bagi kalangan Milenial pada paruh pertama tahun 2024 ialah :

Multipurpose Vehicle (MPV):  Dengan persentase penjualan terbesar, 41% generasi milenial mengincar MPV sebagai mobil bekas mereka. Dilengkapi ruang yang lebih luas dan kegunaan yang fleksibel, MPV sangat cocok digunakan untuk menempuh jarak yang jauh dengan keluarga.

City car: Kategori mobil ini juga didominasi oleh kaum Milenial dengan penjualan mencapai 35%. Mobil ini cocok untuk pekerja di perkotaan yang padat dan sering mengalami macet. 

Sport Utility Vehicle (SUV): 1 dari 4 orang yang membeli mobil SUV adalah Milenial, atau sekitar 22%. Mudah beradaptasi dalam berbagai kondisi, SUV cocok untuk dipakai berkendara di jalan perkotaan maupun pada medan berat seperti jalanan berbatu.

“Popularitas dari tipe-tipe mobil ini mencerminkan preferensi Milenial akan kepraktisan, gaya, dan fungsionalitas. Asalkan mobil yang dibeli bebas dari bekas banjir dan kecelakaan, dan dalam kualitas yang baik, mobil bekas bisa memberikan kenyamanan seperti layaknya mobil baru,” Tan menjelaskan.

Untuk membantu para Milenial serta masyarakat luas Indonesia memiliki mobil bekas incarannya, Carro memperkenalkan ‘Carro Certified’, sertifikasi jaminan kualitas mobil yang tidak dapat ditemukan pada dealer lain. Sertifikasi ini meliputi:

160 Titik Inspeksi: Proses inspeksi dan perbaikan dari ujung ke ujung yang unik dari Carro memanfaatkan teknologi AI eksklusif, seperti Computer Visioning dan Acoustic Engineering, untuk menemukan cacat kosmetik serta masalah mesin terkecil sekalipun.

Baca Juga: Bertema Mudik, Carro Rilis Film Siapa Siti?

Garansi Uang Kembali 5 Hari: Jaminan ketenangan hati dan pikiran yang memastikan pelanggan bisa mengembalikan mobilnya jika ingin berubah pikiran atau belum merasa yakin 100%.

Garansi 12 Bulan Mesin dan Transmisi: Keselamatan di jalan itu yang terpenting, itulah kenapa Carro selalu siap untuk memastikan setiap pelanggan mendapatkan dukungan penuh, bahkan setelah proses serah terima di showroom selesai dan mobil sudah dibawa pulang ke rumah.

Bebas Manipulasi Jarak Tempuh: Apa yang dilihat, itulah yang akan didapatkan oleh pelanggan. Carro tidak pernah mengubah angka jarak tempuh dan tidak menerima mobil yang memiliki riwayat atau indikasi adanya manipulasi apa pun.

Bebas Banjir, Kecelakaan & Kebakaran: Carro memastikan setiap mobil yang ada dalam stok ketersediaan mereka bebas dari kerusakan parah, jadi pelanggan dijamin bisa memiliki mobil yang Bagus Layaknya Baru.

“Yang diinginkan pembeli adalah mobil berkualitas yang sesuai dengan keinginan dan budget. Mereka mencari dealer terpercaya yang terus menemani mereka selama kepemilikan mereka. Di Carro, kita tidak hanya menawarkan mobil yang berkualitas, kita juga menawarkan teknologi, riset, dan kemahiran yang digunakan untuk memastikan setiap pembeli dapat pulang dengan hati yang tenang,” imbuh Tan.

Pelanggan juga dapat menikmati berbagai promosi menarik tiap bulannya dari Carro. Di bulan Juli ini, Carro menawarkan DP rendah mulai dari 6 juta rupiah, bunga rendah mulai dari 6%, serta diskon besar-besaran.

Sebagai informasi, Carro memiliki 9 cabang, yakni di Jakarta, BSD, Bogor, Bekasi, Semarang, Surabaya, Denpasar, Makassar, dan Palembang.

Baca Juga: Ini Alasan Renovasi dan Perbaikan Rumah Jelang Lebaran 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News