MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Layanan perbankan digital seperti Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) tengah digemari oleh konsumen. Tak heran, banyak bank mencatat pertumbuhan tinggi pada layanan QRIS di mobile banking, salah satunya PT Bank Muamalat Indonesia Tbk.
Lewat aplikasi Muamalat DIN, Bank Muamalat mencatatkan pertumbuhan double digit pada kuartal pertama 2025, baik dari jumlah maupun volume transaksi. Head of Digital Banking & Marketing Communication Bank Muamalat, Dadang Rohandi mengatakan, sepanjang tiga bulan pertama tahun ini, tercatat 1,2 juta transaksi QRIS di Muamalat DIN.
“Jumlah tersebut tumbuh 48% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 796.000 transaksi,” kata Dadang dalam siaran pers, Selasa (10/6). Menurut Dadang, peningkatan jumlah transaksi QRIS di Muamalat DIN menunjukkan nasabah semakin nyaman bertransaksi secara digital. Selain itu, transaksi menggunakan QRIS menjadi lebih praktis, aman, serta higienis karena mengurangi penggunaan uang tunai.
Pionir bank syariah di Indonesia ini juga mencatat, volume transaksi QRIS pada kuartal pertama 2025 mencapai Rp 209 miliar atau tumbuh sekitar 91% dibandingkan kuartal pertama 2024 yang senilai Rp 109 miliar. Adapun jumlah merchant mencapai lebih dari 15.000 hingga akhir Maret 2025.
Baca Juga: Bank Muamalat dan Shafira Luncurkan Kartu Debit Co-Branding
Lanjutnya, Muamalat DIN tidak hanya mampu melayani transaksi QRIS komersial tapi juga transaksi keuangan sosial keumatan seperti untuk zakat, infak, sedekah, dan wakaf. Hal tersebut sejalan dengan total benefit yang terus kami upayakan untuk dapat dirasakan oleh nasabah, baik manfaat layanan finansial maupun spiritual," kata Dadang.
Selain itu, peningkatan transaksi di Muamalat DIN membuktikan digitalisasi yang dilakukan membuahkan hasil positif dan meningkatkan daya saing Bank Muamalat. Ada beberapa pengembangan layanan yang dilakukan tahun ini termasuk pengembangan QRIS hingga penambahan fitur di Muamalat DIN, guna mewujudkan digital as a service dan memperkokoh posisi sebagai pelopor perbankan syariah di Indonesia.
Bank Muamalat mencatat, hingga Maret 2025 aplikasi Muamalat DIN telah digunakan oleh lebih dari 558.000 user. Muamalat DIN juga terus diperkuat dengan menu dan fitur layanan transaksional dan non transaksional.
Memudahkan nasabah bertransaksi secara digital selaras dengan visi baru Bank Muamalat yang telah dirumuskan yakni Menjadi Jalan Hijrah Menuju Berkah. Visi tersebut memiliki makna bahwa Bank Muamalat bertekad menjadi solusi hijrah terdepan bagi ekosistem bisnis dan keuangan syariah dengan kinerja keuangan yang berkelanjutan untuk mencapai keberkahan.
Baca Juga: Simak Cara Membuka Rekening Tabungan Haji Melalui Muamalat DIN
Selanjutnya: Promo Hypermart Beli Banyak Lebih Hemat Sampai 12 Juni 2025, Molto Beli 2 Diskon 70%
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News