MOMSMONEY.ID - Tokopedia dan TikTok Shop by Tokopedia terus mendorong kelahiran kreator lokal dari berbagai latar belakang, termasuk perempuan lo.
Lewat program Creators Lab x Emak-Emak Matic yang digelar di Jakarta, Selasa (16/9/2025), ratusan peserta perempuan mendapat pelatihan keterampilan digital agar mampu berdaya sebagai kreator konten sekaligus mendukung kampanye #BelanjaAman.
Dalam pelatihan tersebut, peserta dibekali pengetahuan seputar prinsip afiliasi, cara membuat video promosi, hingga tips memilih produk terpercaya untuk direkomendasikan melalui konten singkat maupun live streaming.
Tokopedia dan TikTok Shop juga mendorong kreator hanya merekomendasikan produk dari penjual terpercaya, seperti Power Shop atau Mall, serta memastikan izin resmi seperti BPOM atau PIRT.
Direktur Konten Digital Kementerian Ekonomi Kreatif (Kemenekraf) Yuana Rochma Astuti mengatakan, integrasi Creators Lab dengan program Emak-Emak Matic ditujukan untuk membekali perempuan dengan keterampilan digital yang bisa membuka peluang ekonomi baru.
"Hingga akhir 2025, program ini menargetkan melatih 10.000 peserta di berbagai wilayah," jelasnya dalam siaran pers, Selasa (16/9/2025).
Baca Juga: Tokopedia dan TikTok Shop Edukasi UMKM Soal KI Lewat Kampanye #JualanNyaman
Senada, Asisten Deputi Pengarusutamaan Gender Kementerian PPPA Dewa Ayu Laksmiadi Janapriati menekankan, kreator konten bisa menjadi jalan bagi perempuan untuk lebih mandiri secara ekonomi.
Ia menyoroti tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) perempuan yang stagnan di 50% dalam 20 tahun terakhir, sementara laki-laki mencapai 80%.
Dari sisi industri, Head of Public Policy and Government Relations Tokopedia dan TikTok Indonesia Hilmi Adrianto menyebutkan, banyak perempuan yang telah sukses menjadi kreator afiliasi, seperti Ma’e Arik dan Mom Uung.
"Mereka konsisten membuat konten promosi yang membangun kedekatan dengan audiens sekaligus mendorong penjualan produk pelaku usaha lokal," kata Hilmi.
Tokopedia dan TikTok Shop melihat kemampuan membuat konten video kini menjadi modal utama di era discovery e-commerce. Data menunjukkan, transaksi sejumlah penjual lewat live streaming bisa melonjak hingga 30 kali lipat, sementara melalui video pendek naik sampai 31 kali lipat.
Sejak Februari 2025, integrasi Creators Lab dan Emak-Emak Matic telah hadir di enam wilayah, mulai dari Bekasi, Tangerang, Makassar, Yogyakarta, Cikarang, hingga Jakarta, dengan lebih dari 600 peserta yang mayoritas adalah perempuan.
Selanjutnya: Tarif Tiket Transjakarta, MRT & LRT Rp 1 Berlaku Kapan? Ini Syaratnya
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News