Santai

Tips Sukses Bikin Bunga Anggrek Mekar Beserta Perawatan yang Mudah

Tips Sukses Bikin Bunga Anggrek Mekar Beserta Perawatan yang Mudah

MOMSMONEY.ID - Bunga anggrek menjadi tanaman favorit ibu-ibu di rumah. Berikut ini terdapat tips sukses bikin bunga anggrek mekar yang bisa Anda lakukan.

Ya, anggrek terlihat paling indah jika terus menerus berbunga. Ada beberapa tips sukses bikin bunga anggrek mekar beserta perawatannya.

Anda dapat menyimak tips sukses bikin bunga anggrek mekar beserta perawatannya. 

Baca Juga: Rekomendasi Tanaman Dalam Ruangan untuk Rumah Minimalis agar Lebih Menarik

Mengutip Balcony Garden Web, berikut tips sukses bikin bunga anggrek mekar:

1. Cahaya yang tepat

Seperti semua tanaman berbunga, anggrek juga membutuhkan dosis cahaya yang tepat untuk menghasilkan bunga yang banyak. Namun, tidak seperti tanaman berbunga lain yang membutuhkan sinar matahari langsung, tanaman ini membutuhkan cahaya tidak langsung untuk mendapatkan bunga terbaik.

Jauhkan tanaman dari cahaya matahari langsung di siang hari dan biarkan terkena banyak cahaya tidak langsung sepanjang hari. Itulah kunci agar tanaman berbunga tahun demi tahun!

2. Penyiraman yang benar

Penyiraman memegang kunci rahasia untuk menghasilkan bunga anggrek terbaik. Hindari menyiramnya setiap hari, karena dapat menyebabkan akarnya membusuk.

Cara terbaik untuk menyiram anggrek adalah sekitar seminggu sekali. Letakkan pot di bawah keran yang mengalir pelan dan basahi media tanam dengan baik. Hindari membasahi mahkota dan daun karena dapat menyebabkan pembusukan mahkota, yang dapat membunuh tanaman.

Tonton: 6 Aturan Diet ala Orang Jepang Tanpa Menyiksa Tubuh, Penuh Gizi dan Tak Bikin Lapar

3. Tanah atau media

Anggrek Vanda

Di lingkungan tropis asli, anggrek tumbuh di pohon dan tidak langsung di tanah. Jika Anda menginginkan bunga terbaik, tanam tanaman di kulit kayu lepas, sabut kelapa, atau sabut kelapa.

Selain itu, ada baiknya untuk mengganti media tanam setiap tahun untuk menjaga tanaman aman dari potensi penyakit.

4. Pupuk

Jika Anda menginginkan bunga terbaik, gunakan setengah sendok teh pupuk cair seimbang setiap kali Anda menyiram tanaman. Hasilnya akan mengejutkan Anda!

Pastikan Anda tidak memberi mereka makan berlebihan dan hindari pemupukan di musim dingin. Lihat juga label untuk petunjuknya.

Baca Juga: 8 Tanaman Hias Tropis Cantik yang Tumbuh Subur di dalam Ruangan

5. Pot yang tepat

Akar tanaman harus mendapatkan banyak udara, jadi sebaiknya gunakan wadah dengan lebih dari 3-4 lubang drainase di bagian bawah.

Ingat, akar tanaman tidak membutuhkan banyak ruang untuk berkembang dan tumbuh, tetapi mereka butuh tempat untuk bernaung!

Jadi, itulah tips sukses bikin bunga anggrek mekar dengan perawatan yang mudah. Selamat mencoba! 

Selanjutnya: Barito Renewables Energy (BREN) Kucurkan Capex Rp 2,5 Triliun hingga Akhir 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News