Santai

8 Tanaman Hias Tropis Cantik yang Tumbuh Subur di dalam Ruangan

8 Tanaman Hias Tropis Cantik yang Tumbuh Subur di dalam Ruangan

MOMSMONEY.ID - Tanaman tropis adalah rahasia untuk menambahkan sentuhan kesenangan dan kesegaran pada dedaunan rumah atau taman Anda. Berikut ini terdapat tanaman hias tropis cantik yang tumbuh subur di dalam ruangan. 

Berasal dari daerah beriklim hangat seperti Australia dan Amerika Selatan, tanaman hias tropis sama menariknya dengan bunga tropis. Tanaman hias tropis ini menghadirkan dekorasi yang memukau. 

Anda dapat memilih tanaman hias tropis cantik ini untuk diletakkan di dalam ruangan. 

Baca Juga: 8 Tanaman Hias Dalam Ruangan yang Tumbuh Subur di Air Dibandingkan di Tanah

Berikut ini tanaman hias tropis cantik yang tumbuh subur di dalam ruangan :

1. Pohon Palem Kerdil

Tanaman hias tropis yang kuat ini selalu hijau dan menghasilkan daun panjang berbentuk kipas yang membawa energi hangat ke dalam ruangan. 

Pohon palmetto kerdil menghasilkan bunga putih krem ​​yang sangat harum, yang tampak mencolok dengan daunnya yang panjang berwarna biru-hijau. 

Tanaman ini tumbuh subur di tanah yang lembap dan subur, tetapi masih dapat mentolerir kondisi kekeringan, dan dikenal karena memberikan tekstur yang rimbun pada halaman.

2. Tanaman Polkadot

Tanaman polkadot adalah semak berbunga tropis yang tidak beracun dan selalu hijau yang relatif mudah tumbuh baik di dalam maupun di luar ruangan. 

Tanaman ini merupakan pilihan yang sangat mencolok karena daunnya yang berbentuk oval dan berbintik-bintik dengan warna merah, merah muda, atau putih yang kontras dengan warna hijau. 

Baca Juga: Pemula Wajib Simak 5 Hal Dibutuhkan Tanaman untuk Tumbuh Subur dan Segar

Bunganya berbentuk tabung dan berwarna ungu pucat, sehingga tidak tampak mencolok dibandingkan dengan dedaunannya. 

Tanaman hias tropis ini menyukai tanah yang subur dan memiliki drainase yang baik, dan Anda dapat menikmatinya tumbuh dari ambang jendela yang cukup terang atau tempat yang agak teduh di hamparan taman Anda.

3. Coleus

Coleus

Baca Juga: 16 Tanaman Hias Meningkatkan Produktivitas, Cocok untuk Ruang Kerja

Ika Rakhmawati Hilal // Getty Images
Coleus adalah tanaman tropis yang sangat menarik yang mungkin ingin Anda tambahkan ke taman atau ambang jendela untuk sedikit kesan dramatis. 

Tanaman ini adalah tanaman hias lebat yang hadir dalam berbagai warna dan pola, meskipun masing-masing sama cerah dan berwarna-warninya. Meskipun menghasilkan bunga, bunga berbentuk tabung kecil umumnya bukan daya tarik utamanya. Tanaman ini dapat tumbuh subur di tanah yang memiliki drainase baik di dalam maupun di luar ruangan, dan sangat mudah diperbanyak.

4. Caladium

Caladium, yang juga dikenal sebagai sayap malaikat, adalah tanaman tropis dengan daun berbentuk hati dan warna-warna yang memukau pada dedaunannya. Di mana pun tanaman yang mencolok ini berada, tanaman ini pasti akan menarik perhatian berkat warna kontras pada urat daun dan bagian utama daunnya. 

Perlu diingat bahwa tanaman berdaun ini beracun jika tertelan, tetapi tanaman ini sangat mudah tumbuh dan sangat indah untuk dikagumi. Selama Anda menanamnya di tanah yang kaya dan memiliki drainase yang baik, Anda akan dapat menanamnya tanpa masalah.

5. Lidah Buaya 

Anda dapat mencoret aloe vera dari daftar belanjaan Anda saat tanaman ini tumbuh subur di meja samping ruang tamu Anda. 

Dengan lebih dari 500 varietas tanaman, aloe vera merupakan tanaman favorit banyak orang sejak zaman Ratu Cleopatra karena khasiat gel beningnya yang menyembuhkan. 

Baca Juga: Daftar Bunga yang Tumbuh Subur di Bulan Agustus untuk Dirawat di Rumah

Letakkan tanaman Anda di area yang akan menerima banyak sinar matahari, dan pastikan untuk tidak menyiramnya terlalu banyak.

6. Peace Lily

Tanaman hias tropis ini suka disiram sinar matahari. Harganya murah (cocok untuk dijadikan hadiah), mudah tumbuh, dan indah dipandang karena tanaman ini memiliki bunga putih yang menonjol di antara daun hijau mengilap. 

Pada dasarnya, tanaman ini adalah pembersih udara tercantik yang dapat Anda miliki di ruangan Anda!

7. Bunga Philodendron

Tiga ciri utama genus philodendron adalah daun besar, warna hijau pekat, dan lapisan mengilap. Dengan kata lain, tanaman cantik yang perawatannya mudah ini adalah aksen dekorasi yang sempurna untuk rumah Anda jika Anda ingin mempercantik rinding atau jendela, terutama karena tanaman ini dapat tumbuh tegak, menjalar, atau merambat. 

Seberapa sering menyiram philodendron bergantung pada seberapa banyak cahaya yang diterima tanaman, tetapi rata-ratanya adalah setiap satu hingga dua minggu.

Baca Juga: Cara Menanam Anggrek di Air, Ikuti 9 Langkah agar Tumbuh Subur

8. Aglaonema

Dari hijau tua hingga koral mencolok, tanaman cemara Cina adalah tanaman cantik yang berkarakter. 

Tanaman ini tumbuh subur di dalam dan luar ruangan, membutuhkan waktu untuk tumbuh menjadi pemandangan yang begitu indah sehingga tetangga Anda akan meminta Anda untuk membagikan semua kiat perawatan tanaman Anda. 

Selain tampak cantik, tanaman ini sangat mudah dirawat. Warna adalah kunci untuk menentukan seberapa banyak cahaya yang dibutuhkan tanaman Anda.

Nah itulah beberapa tanaman hias tropis cantik yang tumbuh subur di dalam ruangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News