Santai

Tips Sebelum Membeli iPad Bekas yang Wajib Diperhatikan agar Tidak Menyesal

Tips Sebelum Membeli iPad Bekas yang Wajib Diperhatikan agar Tidak Menyesal

MOMSMONEY.ID - Membeli iPad bekas adalah cara terbaik untuk menghemat uang. Namun saat berbelanja produk bekas, Anda perlu mengetahui beberapa hal sebelum membeli. Berikut ini tips sebelum membeli iPad bekas.

Ada beberapa hal dan tips sebelum membeli iPad bekas yang wajib diperhatikan. 

Baca Juga: Trik Beli Mobil Bekas, Jangan Hanya Tergiur Harga Murah

Berikut ini hal-hal utama yang perlu dipertimbangkan saat membeli iPad bekas. 

1. Harga

iPad bekas biasanya berharga sekitar setengah atau sepertiga dari harga aslinya. Jika membeli model yang lebih baru, periksa harga iPad terbaru untuk melihat apakah layak mengeluarkan lebih banyak uang untuk mendapatkan garansi. iPad bekas biasanya tidak memiliki garansi, tetapi beberapa iPad rekondisi memiliki garansi.

2. Ketahui Perbedaan Rekondisi dan Bekas

iPad rekondisi dikembalikan ke Apple dan diperbaiki. Jika Anda membeli iPad rekondisi dari Apple, Anda menghemat uang dan yang lebih penting menerima garansi iPad satu tahun yang sama dari Apple seperti yang dimiliki iPad baru.

Namun, Anda mungkin bisa membeli iPad bekas langsung dari pemiliknya dengan harga lebih murah.

Baca Juga: Cara Mengeringkan iPhone yang Basah dengan Teknik yang Baik dan Benar

3. Tempat Membeli iPad

Poco Pad

Jika Anda memiliki teman, saudara, atau teman dari teman yang menjual iPad, bagian ini sudah terpecahkan. Membeli dari seseorang yang Anda kenal mengurangi tekanan pertukaran. 

Anda tetap perlu membeli iPad yang tepat dengan harga yang wajar dan meninjau kembali apa yang harus dilakukan selama dan setelah transaksi.

4. Ketahui Kondisinya

Periksa iPad untuk melihat apakah kondisinya baik. Periksa layar apakah ada retakan dan apakah ada penyok. Penyok kecil pada casing luar iPad bukanlah masalah besar, namun kerusakan apa pun pada layar adalah pemecah masalah.

Baca Juga: Bocoran iPhone 16 yang Disebut Lebih Canggih dari iPhone 15

Jangan membeli iPad dengan layar retak, meskipun hanya retakan kecil di luar layar. Retakan kecil cenderung menyebabkan retakan yang lebih besar, dan Anda mungkin akan terkejut melihat betapa cepatnya retakan tersebut dapat berubah menjadi layar yang pecah.

Luncurkan beberapa aplikasi, termasuk aplikasi Notes, yang memungkinkan Anda menggunakan keyboard di layar. Buka browser web Safari dan kunjungi beberapa situs web jika Anda memiliki akses Wi-Fi.

Colokkan iPad ke stopkontak dan konfirmasikan bahwa ikon baterai di sudut kanan atas menunjukkan tanda petir, yang berarti sedang diisi. Itu menandakan port di bagian bawah iPad berfungsi dengan baik.

5. Umur iPad Bekas

Lihatlah model dari dua tahun terakhir. Model-model ini adalah yang paling kuat, dengan fitur paling banyak, dan Apple akan mendukungnya selama bertahun-tahun.

Periksa nomor model yang diiklankan untuk memastikannya cocok dengan model iPad yang Anda beli. Periksa kembali apakah orang yang Anda beli tampaknya tidak yakin dengan modelnya. Anda dapat menemukan nomor model iPad di aplikasi Pengaturan. 

Baca Juga: 5 Kesalahan Menggunakan Smartwatch yang Wajib Dihindari

Memutuskan tempat terbaik untuk membeli iPad bekas sangatlah penting; bagian penting dari proses ini adalah memastikan Anda membeli yang tepat. Anda ingin menghindari terjebak dengan iPad usang dalam satu atau dua tahun.

Saat membandingkan model iPad, pertimbangkan harga, ukuran layar, kualitas kamera, CPU, dan ruang penyimpanan. 

Hindari model iPad yang tidak didukung. iPad yang sudah ketinggalan zaman tidak lagi mendapatkan pembaruan sistem operasi, dan banyak aplikasi baru yang tidak berfungsi pada iPad tersebut. 

Demikian tips sebelum membeli iPad bekas yang wajib diperhatikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News