Keluarga

Tips Hadapi Ujian Untuk Anak

Tips Hadapi Ujian Untuk Anak

MOMSMONEY.ID - Musim ujian adalah waktu yang sangat penting bagi para siswa. Tentunya hasil yang memuaskan menjadi harapan utama. Menyadari bahwa setiap orang memiliki cara belajar yang unik, menemukan metode belajar yang paling cocok menjadi penting untuk bisa mencapai hasil yang maksimal.

Selama mempersiapkan diri untuk menghadapi pekan ujian, penting sekali untuk moms mengetahui metode belajar yang efektif dan tips agar bisa mendapatkan nilai yang memuaskan. Berikut adalah beberapa tips dari Kahoot! yang bisa kalian jadikan panduan belajar untuk meraih hasil yang maksimal!

1. Manfaatkan waktumu semaksimal mungkin

Salah satu tips penting yang harus dilakukan adalah dengan menggunakan waktu sebaik-baiknya dan membuat jadwal belajar harian. Antara ada yang lebih suka membuat to do list atau membuat jadwal sesi belajar yang detail dan terstruktur, menemukan metode yang sesuai dengan kebiasaan adalah kuncinya.

Flash card menjadi salah satu hal yang bisa membantu memaksimalkan waktu belajar.  Moms dapat membantu anak-anak untuk membuat flash card digital yang bisa diakses di ponsel sehingga bisa dibawa dan digunakan sebagai bahan belajar saat kamu dalam perjalanan ke sekolah, atau saat kamu sedang bermain di mall.
Baca Juga: Mengenal Manfaat Nanas untuk Asam Urat, Benarkan Mampu Redakan Gejala?

2. Ketahui kekuatan dan kelemahan

Musim ujian bisa jadi sangat melelahkan, dan faktanya, kapasitas otak manusia terbatas. Maka dari itu, memahami kekuatan dan kelemahan kamu menjadi penting untuk bisa memaksimalkan efektivitas persiapan ujian.

Fokuslah pada mata pelajaran yang anak kuasai dan alokasikan lebih banyak waktu untuk mata pelajaran yang kurang dikuasai, namun bisa ditingkatkan. Hindari membuang terlalu banyak waktu untuk materi yang terlalu sulit untuk anak kuasai. Sebaliknya, tetapkan target yang realistis dan buatlah prioritas dengan bijak untuk menghemat waktu dan energi yang berharga.

3. Buat Belajar jadi lebih Menyenangkan

Melakukan aktivitas yang menyenangkan biasanya akan memberikan hasil yang lebih baik, tidak terkecuali dalam belajar. Moms dapat membuat  sesi belajar lebih menyenangkan dengan menggunakan aplikasi pembelajaran berbasis game seperti Kahoot!.

Baca Juga: Mudah Dilakukan, Begini 6 Cara Mencegah Asam Urat Paling Ampuh

4. Belajar bersama teman

Belajar bersama teman dapat membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan memberikan dukungan emosional serta kesempatan untuk berbagi wawasan. 

5. Jangan lupa Istirahat!

Belajar dan mempersiapkan diri untuk ujian memang penting, tetapi memastikan waktu istirahat selama sesi belajar juga penting untuk menjaga fokus dan fungsi kognitif yang optimal. Jangan meremehkan kekuatan istirahat dan relaksasi! Menyisipkan waktu istirahat, tidur yang cukup, dan sesekali bermain di tengah-tengah sesi belajar dapat mencegah penat dan membantu kamu mencapai performa terbaik pada hari ujian. 


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News