Keluarga

Tips Bersihkan Parutan sampai ke Akar Tanpa Bikin Tangan Terluka

Tips Bersihkan Parutan sampai ke Akar Tanpa Bikin Tangan Terluka

MOMSMONEY.ID - Bersihkan parutan kini bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus membuat tangan jadi terluka dan berdarah-darah.

Parutan sebenarnya cukup rumit untuk dibersihkan. Pasalnya parutan memiliki permukaan bergerigi yang bisa melukai kulit.

Sayangnya, apabila parutan tak benar-benar bersih saat dicuci, maka akan membuat kuman menempel & berkoloni.

Untuk mencegahnya, berikut MomsMoney hadirkan sederet cara bersihkan parutan dari sisa makanan yang bisa Anda coba satu per satu, berikut ini dia.

Baca Juga: Cara Aman Mencegah dan Mengatasi Beras Agar Tak Dihinggapi Kutu

Dishwasher

Alat pencuci piring otomatis dishwasher

Jika Moms memiliki dishwasher di rumah, jangan ragu untuk memakainya, terutama untuk membersihkan parutan. Dishwasher memang cocok untuk membersihkan aneka peralatan dapur yang rumit.

Melansir the daring kitchen, cairan pencuci piring, tekanan, serta suhu air yang tinggi akan efektif membantu pengeluarkan sisa-sisa noda terkecil yang menyangkut pada parutan.

Jangan lupa bilas kembali menggunakan kain microfiber yang bagus untuk mengeringkan parutan sekaligus menyingkirkan sisa makanan pada tahap akhir.

Baca Juga: Anti Layu dan Menguning, Ketahui 6 Cara Simpan Daun Bawang Supaya Awet Tahan Lama

Pakai Lemon

Jika Moms kesulitan untuk bersihkan parutan dari sisa makanan, Moms wajib pakai cara yang satu ini. Cara ini tak bikin tangan perih apalagi luka-luka.

Beberapa bahan yang perlu Moms persiapkan di antaranya seperti:

  • 1 buah lemon, bagi 2
  • 2-3 sdm garam
  • Mangkuk kecil
  • Sabun pencuci piring
  • Kain microfiber

Melansir Marry Maids, pertama-tama, tuangkan garam ke dalam mangkuk. Celupkan ujung potongan lemon ke dalam garam dan gosok-gosokkan pada permukaan parutan. Biarkan selama 3-5 menit.

Air lemon

Baca Juga: 6 Tips Membersihkan Peralatan Masak Berbahan Kayu Agar Tetap Kinclong Tahan Lama

Bilas parutan di bawah aliran air yang sangat panas untuk menghilangkan sisa residu dari lemon. Jangan lupa cuci parutan menggunakan sabun pencuci piring, air, dan kain microfiber.

Perlu diingat, saat sedang membersihkan parutan, bilaslah searah dengan bilah (berkebalikan dari parutan) agar tanganmu tidak terluka.

Kuas pastry

Kuas pastry merupakan alat yang sempurna untuk bersihkan parutan dari residu makanan sampai ke akar-akarnya. Sebab kuas ini dapat menjangkau hingga ke bagian dalam parutan.

Moms hanya perlu menyiapkan kuas pastry, sabun cuci piring, dan kain microfiber.

Melansir dari Dashing Maids, pertama-tama, gerakkan kuas ke bawah parutan. Kemudian gerakkan kuas ke arah berkebalikannya, yakni dari bawah ke atas. Setelah itu barulah cuci biasa dengan sabun pencuci piring & keringkan menggunakan kain microfiber.

Jika Moms tak memiliki kuas pastry, Moms juga dapat menggunakan sikat gigi bersih untuk bersihkan parutan dari sisa makanan.

Baca Juga: Terbukti, Ikuti 5 Metode Hilangkan Karat pada Pisau Dapur Secara Efektif

Gunakan kentang

Bersihkan Parutan

Bersihkan parutan dari sisa makanan dengan menggunakan kentang.

Melansir dari Kompas.com, caranya super mudah yakni dengan mengupas kentang dan memarutnya. Cuci menggunakan sabun dan bisa hingga bersih.

Baca Juga: Pilih Keramik atau Granit untuk Lantai Rumah? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

Manfaatkan singkong

Mirip dengan kentang, singkong juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan parutan, loh. singkong tak hanya akan membuat parutan jadi bersih, tapi juga untuk mencegahnya dari karat yang menempel.

Caranya, bersihkan terlebih dahulu singkong, kemudian kupas. Parut singkong dan biarkan selama 1 jam. Terakhir, bilas memakai sabun & air hingga bersih.

Itulah berbagai cara yang bisa Moms lakukan untuk bersihkan parutan dari segala jenis sisa makanan tanpa bikin tangan jadi terluka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News