Santai

Tips Berkebun dan Merawat Tanaman dalam Pot di Bulan Oktober

Tips Berkebun dan Merawat Tanaman dalam Pot di Bulan Oktober

MOMSMONEY.ID - Memasuki bulan Oktober, Anda perlu mengetahui tips berkebun dan merawat tanaman dalam pot. Ada beberapa tips berkebun dan merawat tanaman dalam pot.

Tips berkebun dan merawat tanaman dalam pot ini akan membantu Anda menyuburkan tanaman di tengah musim yang ada di bulan Oktober. 

Lalu, bagaimana tips berkebun dan merawat tanaman dalam pot? Simak tipsnya.

Baca Juga: Disarankan Ahli, Ini 6 Tips Mengatur Keuangan di Akhir Bulan biar Tetap Punya Uang

1. Perhatikan Sinar Matahari 

Sinar matahari melemah selama bulan Oktober, jadi selain mencari tempat yang terkena sinar matahari atau mengandalkan lampu tanam, pilih wadah dengan roda dan posisikan tanaman Anda secara strategis. 

2. Beralih ke Pupuk Rendah Nitrogen

Koleksi tanaman hias di rumah

Baca Juga: Catat Daftar Hari Besar Nasional dan Internasional Bulan Oktober 2024

Pada bulan Oktober, Anda ingin tanaman Anda fokus pada produksi bunga musim gugur dan musim dingin terakhir, mengembangkan akar yang kuat, dan menjadi cukup kuat untuk menghadapi musim dingin. 

Di sisi lain, nitrogen meningkatkan pertumbuhan dedaunan dan mengalihkannya dari bunga, akar, dan kekuatan keseluruhan.

Sebaliknya, berikan pupuk fosfor dan kalium pada tanaman Anda saat cuaca dingin tiba, tetapi itu pun hanya sekali di awal bulan kecuali Anda tinggal di daerah beriklim hangat dengan dosis yang rendah.

Ini mendorong munculnya bunga musim gugur kedua sekaligus meningkatkan toleransi terhadap dingin dan ketahanan akar terhadap embun beku!

3. Pindahkan Tanaman ke Dalam Ruangan

September dan Oktober adalah bulan yang tepat untuk memindahkan tanaman sensitif Anda ke dalam ruangan. 

Jika Anda mempunyai tanaman tahunan, tanaman tropis, atau tanaman hias eksotis yang tumbuh dalam wadah, bawalah ke dalam ruangan ke lokasi yang hangat dan stabil di dalam rumah Anda agar tanaman tersebut terhindar dari kesedihan musim dingin.

Baca Juga: Tips Merawat Kaktus Natal di Bulan September agar Menghasilkan Bunga

Saat membawa tanaman ke dalam rumah, jangan lupa untuk memeriksanya dengan saksama untuk mencari hama. Jika Anda menemukan hama, bersihkan dedaunan dengan alkohol atau semprot dengan minyak nimba.

4. Potong Bunga dan Dedaunan yang Sudah Pudar

Pada bulan Oktober, Anda harus memotong bunga yang layu dan memangkas dedaunan yang berwarna cokelat, kuning, dan kering untuk memfokuskan kembali energi tanaman pada upaya mempertahankan diri. 

Membuang bunga yang layu juga akan menyalurkan energi tanaman ke dalam perkembangan dan kesehatan akar.

Namun jangan memangkasnya; jika Anda melakukannya, pertumbuhan baru tanaman akan menjadi lunak dan rentan terhadap embun beku. 

Sebaliknya, fokuslah pada pembuangan batang yang mati dan tidak berdaun serta bunga yang layu. Biarkan dedaunan yang hijau dan sehat tetap utuh, karena tanaman akan membutuhkannya untuk menyimpan energi selama bulan-bulan yang lebih dingin.

Jadi itulah beberapa tips berkebun dan merawat tanaman dalam pot di bulan Oktober. Selamat mencoba! 

 

Selanjutnya: 30 Twibbon Hari Kesehatan Mental Sedunia 2024 untuk Peringatan World Mental Health

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News