Santai

Tips Aman Pakai WiFi Publik di Kafe biar Terhindar dari Peretasan Data

Tips Aman Pakai WiFi Publik di Kafe biar Terhindar dari Peretasan Data

MOMSMONEY.ID - Saat ini, hampir semua kafe memiliki akses internet untuk memberikan fasilitas kepada pelanggannya. Namun, Anda perlu menjaga keamanan data dari WiFi publik tersebut. Nah, artikel ini memberikan informasi mengenai tips aman pakai WiFi publik di kafe.

Menggunakan WiFi publik di kafe atau tempat umum lainnya perlu berhati-hati. Sebab, data Anda bisa dicuri secara diam-diam.

Lalu, bagaimana tips aman pakai WiFi publik di kafe? Lakukan tindakan pencegahan ekstra saat menggunakannya, terutama jika melibatkan informasi sensitif.

Baca Juga: Tips Aman Makan Mie Instan dan Jumlah Ideal Konsumsinya

Mengutip Lifewire, berikut tips aman pakai WiFi publik di kafe:

1. Hindari akses informasi sensitif

Jangan masuk ke akun perbankan, email penting, atau melakukan transaksi online saat menggunakan WiFi publik. Lebih baik lakukan hal ini saat menggunakan koneksi internet yang lebih aman.

2. Matikan fitur sharing

Saat terhubung ke jaringan publik, nonaktifkan fitur seperti file sharing atau printer sharing di perangkat Anda agar orang lain tidak bisa mengakses file Anda.

3. Aktifkan firewall

Router

Pastikan firewall perangkat Anda diaktifkan untuk memberikan lapisan perlindungan ekstra terhadap akses yang tidak diinginkan.

4. Batasi penggunaan WiFi publik untuk browsing ringan

Gunakan WiFi publik untuk kegiatan yang tidak melibatkan informasi sensitif, seperti membaca berita atau menonton video, dan hindari login ke akun pribadi yang penting.

5. Perbarui sistem dan aplikasi

Pastikan perangkat lunak dan aplikasi Anda selalu diperbarui. Pembaruan ini sering kali mengandung patch keamanan yang melindungi dari kerentanan.

Tonton: Penyebab iPhone 16 Belum Resmi Dijual Di Indonesia

6. Matikan WiFi saat tidak digunakan

Jika Anda sudah selesai menggunakan WiFi publik, matikan koneksi WiFi di perangkat Anda untuk menghindari koneksi otomatis ke jaringan tidak aman di kemudian waktu.

Mengatasi masalah WiFi di Android 

Anda dapat mengatasi masalah autentikasi WiFi di Android sebagai berikut :

1. Aktifkan Mode Pesawat 

Ini pada dasarnya akan menyalakan ulang radio nirkabel dan secara paksa mencoba membuat koneksi baru ke jaringan Wi-Fi.

Dengan asumsi jaringan dan ponsel Anda berfungsi dengan benar, ini adalah perbaikan yang paling mungkin untuk masalah ini jika Anda belum mengubah pengaturan Wi-Fi apa pun baru-baru ini.

2. Restart ponsel

Menyalakan ulang ponsel Anda mudah dilakukan, dan sering kali memperbaiki masalah seperti ini.

"Lupakan" jaringan Wi-Fi dari ponsel Anda dengan menghapusnya dari daftar jaringan yang tersimpan. Untuk melakukannya, buka Setelan > Jaringan & internet > Internet, lalu ketuk ikon roda gigi/setelan di samping jaringan yang bermasalah. 

Ketuk Lupakan, lalu sambungkan kembali Android Anda ke Wi-Fi dengan memasukkan kata sandi.

3. Perbaiki tanggal dan waktu

Masalah autentikasi Wi-Fi dapat disebabkan oleh perbedaan waktu antara Android dan router Anda.

Setel ulang setelan jaringan ponsel. Penyetelan ulang setelan jaringan menghapus semua informasi terkait jaringan (bukan hanya yang Anda "lupakan" pada langkah sebelumnya), termasuk semua jaringan Wi-Fi yang tersimpan dan data terkait lainnya.

Tujuannya di sini adalah menyetel ulang sebanyak mungkin tanpa menghapus file pribadi Anda (yang akan kita bahas nanti). Lakukan ini melalui Setelan > Sistem > Opsi setel ulang > Setel ulang Bluetooth & Wi-Fi > Setel ulang.

Baca Juga: Tips Aman Minum Kopi untuk Penderita Asam Lambung

Anda perlu mencoba menyambungkan kembali ke jaringan setelah langkah ini.

Atasi masalah ini sebagai koneksi internet yang lambat. Hal-hal seperti kelebihan bandwidth dan gangguan sinyal dapat menyebabkan masalah autentikasi.

4. Mulai ulang perangkat keras jaringan

Anda mungkin tidak memiliki kewenangan untuk melakukan ini jika Anda menggunakan jaringan publik (misalnya, di Starbucks, perpustakaan, dll.), tetapi lakukan segala upaya yang Anda bisa untuk menyelesaikan langkah ini.

Setelah mengatasi kata sandi dan telepon itu sendiri, tidak banyak yang tersisa untuk disalahkan atas masalah autentikasi selain router. 

Ini terutama berlaku jika Anda dapat terhubung ke Wi-Fi 
dengan baik di jaringan lain, dan jaringan khusus ini adalah satu-satunya pengecualian.

5. Periksa berapa banyak perangkat 

Jika perangkat keras jaringan Anda mendukungnya, pisahkan jaringan 5 GHz dan 2,4 GHz jika router Anda menyiarkan pada kedua pita frekuensi dengan SSID dan kata sandi yang sama.

Beberapa pengguna berhasil memperbaiki kesalahan autentikasi Wi-Fi ini dengan mengubah nama jaringan dan kata sandi untuk salah satu pita.

Baca Juga: Berikut Tips Aman Dalam Berinvestasi OJK

Yang mungkin terjadi adalah ponsel menjadi bingung atau masuk ke mode sangat aman saat melihat dua jaringan berbeda dengan kredensial yang sama, dan mencegah Anda mengakses salah satunya.

6. Ubah saluran Wi-Fi untuk memperbaiki masalah autentikasi Wi-Fi

Memilih nomor saluran Wi-Fi yang berbeda dapat membantu menghindari gangguan, terutama jika ada beberapa jaringan Wi-Fi lain dalam jangkauan.

7. Siapkan ponsel Anda dengan alamat IP statis

Karena alasan apa pun, router Anda mungkin mengalami masalah dalam menetapkan alamat yang berfungsi pada perangkat Anda, jadi memilih alamat IP statis mencegahnya berubah dan membebaskan router dari keharusan melakukannya melalui DHCP.

Nah, itulah informasi mengenai tips aman pakai WiFi publik di kafe. Selamat mencoba! 

Selanjutnya: Dior Tunjuk Bintang Film Terkenal Bollywood Sonam Kapoor Sebagai Brand Ambassador

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News