AturUang

Tips Aman Bertransaksi Dari OJK

Tips Aman Bertransaksi Dari OJK

MOMSMONEY.ID – Agar tetap aman bertransaksi di perbankan. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menghimbau kepada masyarakat untuk terus menlindungi data pribadi dan tidak mengumbar atau sembarangan memberitahu orang lain.

Nah, berikut tips tetap aman bertransaksi dari OJK :

  1. Aktifkan fitur notifikasi SMS transaksi. Jika ada transaksi di rekening Anda baik dana masuk atau keluar, maka bank akan mengirimkan SMS pemberitahuan ke nomor telepon yang terdaftar di rekening tersebut.
  2. Cek histori rekening atau saldo secara berkala. Anda dapat melakukan ini dengan mudah, kapan saja dan gratis melalui aplikasi mobile banking dan internet banking bank tersebut.
  3. Untuk menjaga keamanan data, amankan perangkat selular Anda dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah seperti menggunakan pindai sidik jari atau wajah.
  4. Gunakan jaringan internet pribadi dan hindari menggunakan wifi public atau free wifi untuk melakukan transaksi.
  5. Jaga data pribadi Anda. Jangan pernah memberitahukan user ID, password, kode OTP, PIN rekening atau nama ibu kandung ke siapapun, termasuk pihak bank. Ubah passoword secara berkala.
  6. Berhat-hati saat menggunakan ATM. Pastikan tidak ada benda mencurigakan berupa tempelan alat lain atau nomor telepon bank yang tidak resmi di mesin ATM untuk menghindari terjadinya skimming. Jika menggalami kesulitan dalam menggunakan mesin ATM, segera datang ke bank. Mawas diri terhadap orang di sekitar ATM yang menawarkan bantuan, sehingga beririko bisa mengetahui password atau melalukan kloning kartu Anda.

Baca Juga: Peringatan Dini Cuaca Besok (9/5) Hujan Lebat, Waspada Bencana di Provinsi Ini

Jadi tetap waspada ya moms.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News