Santai

TikTok Food Fest 2025 Satukan UMKM, Brand dan Komunitas Pecinta Kuliner

TikTok Food Fest 2025 Satukan UMKM, Brand dan Komunitas Pecinta Kuliner
Reporter: Danielisa Putriadita  |  Editor: Danielisa Putriadita


MOMSMONEY.ID - TikTok kembali akan menghadirkan TikTok Food Fest 2025, pada 11-12 Oktober mendatang. Acara ini merupakan kampanye kuliner yang mempertemukan kreator, UMKM, brand lokal, dan komunitas pecinta kuliner untuk merayakan kekayaan cita rasa nusantara serta mendorong pertumbuhan industri makanan Indonesia bersama-sama.

Selain menjadi bagian dari identitas bangsa, industri kuliner juga berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Tahun lalu, sektor makanan dan minuman menyumbang 42% terhadap PDB ekonomi kreatif, sementara UMKM berkontribusi 61% terhadap PDB nasional dan menyerap hampir 97% tenaga kerja—lebih dari separuhnya bergerak di bidang kuliner. 

Besarnya peranan kuliner terhadap masyarakat juga terlihat di TikTok, di mana setiap harinya, komunitas pecinta kuliner memanfaatkan ekosistem kreatif terpadu TikTok untuk berbagi resep, ulasan, hingga produk makanan kepada komunitas TikTok di Indonesia. 

Seperti, usaha kuliner Mercon Merah Putih brand makanan pedas khas nusantara ini memanfaatkan solusi iklan di TikTok untuk menjangkau audiens lebih luas. “TikTok membuka peluang besar bagi kami untuk lebih dekat dengan pencinta kuliner, mulai dari terpapar melalui konten organik dan interaksi di TikTok LIVE, hingga akhirnya membeli produk kami di TikTok Shop by Tokopedia," kata Gracia Monica, Founder, Mercon Merah Putih.

Beriklan di TikTok juga memberi dampak langsung pada pertumbuhan bisnis Mercon Merah Putih yang turut membawa perubahan positif bagi banyak karyawan, mulai dari peningkatan taraf hidup hingga pendidikan keluarga mereka. 

Baca Juga: Konten Kuliner di TikTok Ramai, TikTok Food Fest 2025 Akan Hadir Kembali

"Dukungan yang diberikan komunitas TikTok terus memperkuat semangat kami untuk tumbuh, berinovasi, dan tetap relevan di tengah persaingan industri kuliner yang ada,” ujar Gracia. 

Salah satu kreator TikTok yang memainkan peran penting dalam mendukung UMKM melalui konten mereka adalah Sania Jeny Versari (@versansss). Sania kosisten menjadi kreator kuliner di TikTok dengan memperkenalkan sajian nusantara lewat konten mukbang sambil mempromosikan usaha keluarganya, Dendeng Mamaku.

Ada juga, Pasangan kreator Kim & Dea (@kimdea) juga aktif mengangkat jajanan kaki lima (street food) lokal dengan perspektif lintas budaya, membuat kuliner lokal menarik untuk audiens global sekaligus mendorong UMKM agar lebih dikenal. 

Tahun ini, Kim & Dea akan berkolaborasi dengan Bakso Rusuk Samanhudi (@baksorusuksamanhudi) di TikTok Food Fest 2025, menghadirkan menu spesial yang menggabungkan cita rasa tradisional dengan sentuhan kreatif.

 

Selanjutnya: Menteri Bahlil Klaim Sudah Paraf Aturan Pengolahan Sampah Jadi Listrik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News