MOMSMONEY.ID - Banyaknya konten bertema kuliner di TikTok, membuat TikTok kembali akan menggelar festival TikTok Food Fest pada 11-12 Oktober 2025, di Hutan Kota Gelora Bung Karno (GBK).
TikTok mencatat kuliner menjadi salah satu kategori terpopuler di Indonesia. Hal ini terlihat dari tagar kuliner terpopuler seperti #Kuliner, #JajananTikTok, dan #KulinerIndonesia yang telah mengumpulkan lebih dari 5 juta unggahan dalam setahun terakhir.
Begitupun tagar viral lainnya, seperti #Matchaa sudah mengumpulkan 124 ribu lebih unggahan. Tidak ketinggalan kepopuleran makan donat dengan tagar #donut juga terkumpul 121 ribu unggahan. Sementara, ide masakan lewat tagar #Luncbox juga tembus 66 ribu unggahan.
Christopher Junaidi, Client Partnerships Solution Manager, TikTok Indonesia mengatakan setiap hari komunitas dan kreator kuliner menggunakan TikTok untuk berbagi kecintaan mereka terhadap kuliner nusantara. Banyak UMKM dan brand lokal juga ikut terangkat dan semakin dikenal berkat partisipasi aktif dari komunitas TikTok.
"Terinspirasi oleh semangat ini, kami menghadirkan TikTok Food Fest untuk mendorong kolaborasi kreatif antar-kreator, pelaku usaha, dan pencinta kuliner," kata Christopher.
Acara ini juga merupakan wujud TikTok menghadirkan konten online ke offline. TikTok Food Fest pertama kali diadakan di 2024. Saat itu pagelaran ini sukses menjaring lebih dari 30.000 pengunjung dengan 20 zona eskperimen kuliner.
Baca Juga: Cara Membuat Short Video TikTok agar Lebih Mudah Viral, Ini Dia Langkah Mudahnya
Christopher mengatakan yang menjadi pembeda festival tahun ini dengan tahun lalu adalah adanya kampanye yang sudah berjalan secara online sebelum acara mulai. TikTok juga sudah bekerjasama dengan para kreator kuliner untuk membuat konten kuliner nusantara dan menyajikan rekomendasi kuliner populer.
Lalu, yang baru di acara ini adalah akan ada lima kolaborasi antara pengusaha kuliner dengan konten kreator.
Selain itu, Christopher juga mengatakan festival makanan ini akan berbeda dengan festival makanan lain karena fokus menghadirkan makanan yang populer secara online untuk datang ke acara ini.
"Kami harap kampanye ini tidak hanya bisa membawa pengalaman penemuan kuliner dari TikTok ke dunia nyata, tapi juga ikut memberikan kontribusi nyata terhadap kemajuan industri kuliner, terutama UMKM di Indonesia," kata Christopher.
Lebih lanjut, ekosistem kreatif TikTok yang didukung solusi iklan terpadu juga memungkinkan pelaku usaha, termasuk UMKM, untuk memperkenalkan produk serta menjangkau audiens di TikTok.
Hal ini menunjukkan bagaimana konten kuliner di TikTok dapat membuka peluang nyata bagi pelaku usaha di seluruh Indonesia, termasuk melalui gelaran TikTok Food Fest.
Di TikTok Food Fest masyarakat bisa mencicipi sajian khas nusantara dari 60 tenant kuliner. Pengunjung juga dapat mencoba menu kolaborasi kreator dan UMKM.
Terdapat 20 zona kuliner imersif serta pertunjukkan musik dari musisi papan atas yang dapat dinikmati. Seluruh rangkaian ini pun terbuka gratis untuk masyarakat umum.
Selanjutnya: IHSG Menguat 0,36% ke 8.169 pada Selasa (7/10), SCMA, MEDC, MDKA Top Gainers LQ45
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News