Keluarga

Ternyata Kumur Setelah Gosok Gigi Tidak Direkomendasikan Lo Moms!

Ternyata Kumur Setelah Gosok Gigi Tidak Direkomendasikan Lo Moms!

MOMSMONEY.ID - Yuk cari tahu penjelasan kenapa kumur setelah gosok gigi tidak direkomendasikan!

Sejak kecil kita tentu diajari untuk berkumur sebelum dan setelah menggosok gigi. Gunanya untuk menghilangkan sisa makanan atau pasta gigi dari dalam mulut supaya tidak mengerak. Namun tahukah Anda ternyata kumur setelah gosok gigi tidak direkomendasikan?

Baca Juga: 5 Bahan Alternatif Pengganti Saus Sambal, Ada Harissa hingga Pasta Kari Merah

Ini mungkin mengejutkan karena kumur setelah menggosok gigi adalah kebiasaan umum. Namun Pendiri Serene Dental Safa Al-Naher mengatakan membilas mulut justru kontraprofuktif dan menghilangkan semua bahan bermanfaat yang disediakan oleh pasta gigi. 

“Sehingga untuk membersihkan mulut, sebaiknya gunakan ludah Anda jangan dibilas,” ungkap Safa dilansir dari Woman and Home. Berkumur setelah menyikat gigi akan menghilangkan semua fluorida yang membantu memperkuat enamel, mencegah kerusakan gigi dan memutihkan gigi. 

Melansir Halodoc, fluoride paling membantu gigi saat dioleskan langsung ke gigi. Bahkan kandungan ini jika menempel beberapa menit pada gigi bisa memberikan manfaat terbesar. 

Baca Juga: 8 Langkah Persiapan Sebelum Tes Kesehatan, Intip Tipsnya

Namun di sisi lain seseorang tidak boleh menelan fluorida konsentrasi tinggi. Inilah yang membuat dari dulu kita diajarkan untuk kumur setelah sikat gigi. Sebab fluorida yang tertelah bisa menyebakan gangguan pencernaan, 

Kesimpulannya berkumur dapat mengurangi banyak manfaat dari fluorida pada gigi. Sehingga Yayasan Kesehatan Mulut Inggris merekomendasikan untuk meludah untuk membersihkan pasta gigi berlebih di dalam mulut. Selain itu jangan gunakan terlalu banyak pasta gigi untuk membantu proses membersihkan sisa pasta gigi yang berlebih. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News