Keluarga

Ternyata Ini Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Bisa Obati Diabetes

Ternyata Ini Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Bisa Obati Diabetes

MOMSMONEY.ID - Yuk simak manfaat penting daun salam untuk kesehatan Anda!

Daun salam adalah bahan masakan yang sangat mudah ditemui dan pasti digunakan. Mulai dari memasak tumis sayuran hingga memasak makanan bersantan bahkan bumbu kare sekalipun. 

Saun salam dipercaya membuat makanan jadi lebih sedap dan menambah aroma menggoda masakan. Namun tahukah Anda ternyata daun salam juga memiliki manfaat untuk kesehatan? 

Baca Juga: Kolaborasi Ekosistem Kendaraan Listrik Berkelanjutan di Singapura, Bisa Ditiru

Melansir Health Shot dan Healthline, ada 9 manfaat daun salam untuk kesehatan lo! Apa saja ya? Yuk simak !

Untuk mengobati diabetes
Manfaat daun salam yang pertama adalah mengobati diabetes. Ini bukan berarti diabetes bisa hilang begitu saja. 

Namun, daun salam bisa menurunkan kadar gula darah Anda dan efektif untuk Anda yang mengalami diabetes tipe 2. Selain itu daun salam juga bisa mengurangi tingkat kolesterol. 

Penelitian yang dilakukan pada 2008 menunjukan bahwa meminum obat yang memiliki 1-3 gram kandungan daun alam bisa menurunkan kadar gula darah dan kolesterol pada orang yang memiliki diabetes.

Hal ini karena daun salam mengandung polipenol yang merupakan antioksidan yang sangat kuat.

Meningkatkan sistem pencernaan
Daun salam memiliki efek yang bagus bagi pencernaan yaitu mencegah kerusakan di sistem pencernaan dan melancarkan buang air kecil. 

Daun salam bisa membantu melepaskan racun pada tubuh dan merawat kesehatan ginjal. Selain itu daun salam juga bisa membantu mengatasi sakit perut, meredakan iritasi di usus besar dan mempermudah pencernaan makanan.

Memperbaiki sistem pernapasan
Daun salam juga merupakan sumber dari minyak esensial. Nah minyak yang diekstrasi daru daun salam bisa digunakan untuk meringankan berbagai keluhan pernapasan. 

Melawan infeksi jamur
Ternyata daun salam juga bisa bermanfaat memberikan sifat anti jamur. Dengan kandungan vitamin C yang dimiliki daun salam, daun ini bisa menjaga kulit dari infeksi dan iritasi. 

Mengurangi stres dan kecemasan
Daun salam juga ternyata memiliki linalool yang bisa menurunkan tingkat stres dan kecemasan pada tubuh. Selain itu, daun salam juga memiliki khasiat menenangkan yang membantu Anda mengurangi risiko depresi. 

Mengontrol peradangan
Daun salam menganding seskuiterpen lakton yang dipercaya bisa melawan peradangan dan menghambat produksi oksida nitrat yang merupakan penyebab peradangan. 

Menjaga kesehatan jantung
Jantung dipercaya cenderung dalam kondisi yang baik karena adanya rutin dan kafein. Nah keduanya dapat ditemukan dalam daun salam. Kedua zat tersebut bisa memperkuat dinding kapiler jantung dan menurunkan tingkat kolesterol. 

Baca Juga: Mengenal Jenis Warna Summer, Winter, Spring dan Autumn Dalam Analisa Warna

Mengatasi masalah rambut
Daun salam ternyata juga bisa bekerja mengatasi permasalahan rambut. Daun salam bisa membantu pertumbuhan rambut. Caranya dengan merendam daun salam dalam air dan gosokan pada kulit kepala Anda setelah keramas untuk menghilangkan ketombe. 

Anti kanker
Menurut Journal of Nutrition Research, daun salam menunjukan hasil yang menjanjikan sebagai agen anti kanker. Kombinasi antara antioksidan dan senyawa organik di daun salam termasuk fitonutrien, katekin, linalool dan parthenolid membantii mencegah tubuh dari penyebab kanker. 

Namun menurut Healthline, penelitian soal daun salam memiliki sifat anti-kanker masih perlu dibuktikan ulang. Sebab beberapa penelitian masih dalam tahap awal dan beberapa lagi sudah kadaluarsa.

Itu tadi 9 manfaat daun salam bagi kesehatan. Nah ternyata daun salam ini juga pernah digunakan untuk uji coba pada tikus. Hasilnya dapat meningkatkan memori dan meningkatkan fungsi kognitif. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News