Bugar

Ternyata Ini Lo Penyebab Bau Mulut saat Puasa, Moms!

Ternyata Ini Lo Penyebab Bau Mulut saat Puasa, Moms!

MOMSMONEY.ID - Selama bulan suci Ramadan, berpuasa adalah kewajiban bagi umat Muslim di seluruh dunia. Meskipun puasa memiliki banyak manfaat, beberapa orang mungkin mengalami tantangan tertentu, termasuk bau mulut. Fenomena ini, yang seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman dan kurang percaya diri. Apa penyebab bau mulut saat puasa?

Menyadur dari Smart Mouth, di bawah ini adalah beberapa penyebab bau mulut saat puasa:

1. Kurangnya produksi air liur

Salah satu penyebab utama bau mulut selama berpuasa adalah berkurangnya produksi air liur. Air liur berperan penting dalam membersihkan mulut dan mengurangi partikel makanan yang bisa menyebabkan bau.

Ketika kita berpuasa dan tidak mengonsumsi makanan atau minuman selama beberapa jam, produksi air liur cenderung berkurang. Hal ini akan membuat mulut kering dan kondusif bagi pertumbuhan bakteri penyebab bau.

Baca Juga: 7 Manfaat Puasa di Bulan Ramadan untuk Kesehatan

2. Konsumsi makanan berbau kuat saat sahur

Makanan yang dikonsumsi saat sahur juga bisa mempengaruhi bau napas sepanjang hari. Makanan berbau kuat seperti bawang putih, bawang merah, dan beberapa jenis rempah dapat meninggalkan aroma di mulut dan memperburuk bau mulut.

3. Kebersihan mulut yang kurang

Bakteri yang berada di mulut dan menghasilkan gas berbau. Penelitian menunjukkan bahwa mayoritas kasus bau mulut berasal dari mulut itu sendiri. Menjaga kebersihan mulut dengan rutin membersihkan gigi, gusi, dan lidah setiap hari sangat penting, bahkan selama berpuasa.

Penting juga untuk membersihkan gigi palsu secara teratur untuk mencegah pembentukan plak bakteri penyebab bau atau infeksi jamur yang dapat menyebabkan bau mulut.

Baca Juga: Harus Tetap Fit dan Bugar, Ikuti Tips Aman Olahraga saat Puasa Berikut

4. Penyakit gusi

Bau mulut, baik saat puasa maupun tidak, dapat menunjukkan adanya masalah kesehatan mulut, seperti penyakit gusi. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of International Society of Preventive & Community Dentistry menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara gejala penyakit periodontal dan bau mulut.

5. Konsumsi tembakau

Rokok dan produk tembakau lainnya dapat menyebabkan bau mulut yang menetap. Selama berpuasa, penurunan produksi air liur dapat membuat mulut kering, sehingga bau tembakau menjadi lebih dominan dan sulit untuk disamarkan.

Baca Juga: Daftar Buah Terbaik untuk Sahur dan Berbuka Puasa, Cegah Haus dan Dehidrasi!

6. Kondisi kesehatan tertentu

Meskipun kebanyakan bau mulut bersumber dari mulut, kondisi ini juga bisa menjadi indikator masalah kesehatan lain di tubuh. Infeksi sinus, infeksi tenggorokan, refluks asam, penyakit ginjal, diabetes, dan masalah hati semuanya dapat memperburuk bau mulut, terutama saat berpuasa.

Demikianlah uraian terkait penyebab bau mulut saat puasa. Memahami penyebab-penyebab bau mulut selama puasa dapat membantu Anda mengambil langkah pencegahan yang tepat. Dengan begitu, Anda dapat menjaga napas tetap segar dan mengurangi ketidaknyamanan selama bulan suci.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News