Keluarga

Tekan Perkembangan Penyakit Diare, Lifebouy Gelar Kampanye Sentuhan Sehat

Tekan Perkembangan Penyakit Diare, Lifebouy Gelar Kampanye Sentuhan Sehat

MOMSMONEY.ID - Lifebouy menggelar kampanye Sentuhan Sehat cegah penyebaran penyakit diare.

Selama musim hujan, masyarakat Indonesia, terutama anak-anak, lebih rentan terkena diare.

Data Profil Kesehatan Indonesia tahun 2020 menunjukkan, diare adalah penyebab kematian kedua tertinggi pada bayi usia 29 hari sampai 11 bulan sebesar 9,8% dan pada kelompok balita usia 12 hingga 59 bulan mencapai 4,5% dari total kematian.

Gejala umum dari diare adalah demam, yang biasanya meningkat saat anak-anak semakin sakit. Di Jawa Barat, telah tercatat ribuan kasus diare dalam setahun terakhir.

Bekerja sama dengan Politeknik Kesehatan Bandung sebagai mitra distribusi, Lifebuoy memperkenalkan reusable termometer kepada para keluarga di berbagai lokasi di Jawa Barat.

Baca Juga: Bank Sampah Perempuan Mikro, Sinergi Amartha dan Unilever

Seperti Cibiru, Sukajadi, Kiaracondong, Batununggal, Kasomalang, dan Cibeunying, di mana demam yang terkait dengan diare sering terjadi dan intervensi medis dini sangatlah penting.

Di samping itu, Lifebuoy meluncurkan juga kampanye Sentuhan Sehat yang bertujuan membekali para orang tua di Indonesia dengan solusi kesehatan yang inovatif sebagai langkah preventif pencegahan penyakit.

Erfan Hidayat, Head of Skin Cleansing Unilever Indonesia, menyampaikan, kampanye Sentuhan Sehat sangat sejalan dengan komitmen Lifebuoy untuk melindungi keluarga Indonesia agar tidak mudah jatuh sakit.

Lewat kolaborasi Lifebuoy dan Halodoc beserta Politeknik Kesehatan Bandung selaku mitra distribusi, Unilever ingin mengedukasi orang tua agar semakin peduli terhadap kesehatan anak dan keluarga, dan tidak ragu berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga: Unilever Indonesia dan Masjid Istiqlal Ajak Masyarakat Bijak Pilah Sampah

"Semoga kolaborasi tersebut dapat menyadarkan masyarakat bahwa pencegahan penyakit tidak kalah penting dengan mengobati dan membuka akses bagi lebih banyak masyarakat untuk mendapatkan informasi dan perawatan kesehatan yang tepat," kata Erfan dalam keterangan yang diterima Momsmoney.

Sentuhan Sehat merupakan salah satu bentuk upaya Lifebuoy terhadap usaha bersama mencapai visi kehidupan yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan bagi semua generasi di Indonesia.

Lifebuoy juga berkomitmen untuk mendukung program-program pemerintah yang bertujuan menurunkan angka kematian akibat diare pada anak-anak di bawah usia lima tahun, sesuai dengan yang digariskan oleh Kementerian Kesehatan dalam Rencana Aksi Nasional periode 2023–2030.

“Kami berharap kampanye Sentuhan Sehat dapat mendukung para orang tua untuk melindungi anak-anak dari penyakit yang bisa dicegah, seperti diare, dan turut berperan dalam menciptakan masa depan yang lebih sehat bagi anak-anak Indonesia," tutur Erfan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News