M O M S M O N E Y I D
BisnisYuk

TCID Tawarkan Pendekatan Berbasis Digital untuk Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

TCID Tawarkan Pendekatan Berbasis Digital untuk Meningkatkan Pengalaman Pelanggan
Reporter: Jane Aprilyani  |  Editor: Jane Aprilyani


MOMSMONEY.ID - TCID menghadirkan pendekatan berbasis digital untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Saat ini, industri otomotif roda empat tidak hanya berkembang dari sisi inovasi produk, tetapi juga melakukan berbagai evolusi dalam hal interaksi dengan pelanggan.

Dari proses pembelian hingga layanan purna jual, pelanggan kini mengharapkan pengalaman yang lebih personal, cepat, dan mudah diakses.

Untuk memenuhi ekspektasi ini, perusahaan perlu mengadopsi pendekatan digital yang terintegrasi agar setiap interaksi dengan pelanggan menjadi lebih relevan dan efisien.

Vice President Director Transcosmos Indonesia Ardi Sudarto mengatakan, salah satu tantangan terbesar dalam industri otomotif roda empat adalah memastikan pelanggan mendapatkan layanan terbaik sejak sebelum membeli hingga memiliki kendaraan.

Banyak yang kesulitan dalam booking service, melacak status kendaraan, atau mendapatkan dukungan purna jual yang cepat.

"Solusi digital terintegrasi dan personalisasi menjadi kunci dalam meningkatkan pengalaman pelanggan," ujar Ardi dalam keterangan resmi, Kamis (27/3).

Baca Juga: Wings Food Kembali Hadirkan Pondok Rehat untuk Kenyamanan Pemudik Lebaran 2025

Sebagai penyedia solusi customer experience (CX), Transcosmos Indonesia (TCID) menghadirkan pendekatan berbasis digital yang menggabungkan layanan digital marketing dan contact center untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Sejak 2018, TCID menyediakan layanan kepada salah satu brand otomotif roda empat terkemuka dalam mengembangkan platform mobile yang dipersonalisasi guna meningkatkan interaksi pelanggan di setiap tahap perjalanan mereka.

Strategi ini berfokus pada integrasi digital marketing melalui customer engagement platform (CEP) dan layanan contact center, sehingga menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih menyeluruh.

Dengan menggabungkan digital marketing di CEP dan layanan contact center, TCID memastikan, setiap interaksi pelanggan menjadi lebih personal, cepat, dan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Hal ini memungkinkan pelanggan untuk menikmati layanan yang lebih mudah diakses, mulai dari pendaftaran dan interaksi yang lebih personal melalui akses informasi produk, layanan, dan penawaran yang dipersonalisasi sesuai dengan preferensi mereka.

Pelanggan juga mendapatkan kemudahan dalam layanan purna jual yang memungkinkan mereka melacak status pengiriman kendaraan, melakukan booking service, hingga menerima pengingat otomatis untuk jadwal servis dan garansi.

Selain itu, pelanggan juga mendapatkan dukungan contact center yang responsif, di mana mereka cukup menghubungi layanan pelanggan untuk mendapatkan bantuan langsung. 

Baca Juga: Kolaborasi dengan Vuse, Popomangun Bangun Studio Kreatif Mangun.co

Termasuk layanan darurat seperti bantuan derek yang akan mengarahkan kendaraan ke authorized dealer resmi terdekat jika terjadi sesuatu pada kendaraan mereka.

Tidak hanya itu, TCID juga menghadirkan program loyalitas dan penawaran eksklusif bagi pelanggan aktif, yang memungkinkan mereka memperoleh poin dan diskon khusus berdasarkan aktivitas mereka.

Implementasi solusi ini telah membuktikan efektivitas personalisasi dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Beberapa hasil yang dicapai meliputi:

  • Lebih dari 400.000 unduhan aplikasi dengan rating 4,8 di platform unduhan
  • 80.000+ anggota komunitas aktif yang meningkatkan keterlibatan brand
  • 270.000+ kendaraan terdaftar untuk layanan purna jual yang lebih efisien
  • Tingkat adopsi booking service meningkat dari 15% menjadi 80-90% secara nasional
  • 100% pelanggan baru kini menggunakan booking service digital mengurangi proses manual dan meningkatkan efisiensi operasional

"Dengan kemajuan teknologi digital yang semakin pesat, personalisasi dalam customer experience akan terus berkembang untuk memberikan interaksi yang lebih relevan dan efektif bagi pelanggan," kata Ardi.

"TCID berkomitmen untuk terus berinovasi dan menghadirkan solusi digital yang membantu perusahaan meningkatkan kepuasan serta loyalitas pelanggan mereka," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

TERBARU

6 Cara Menjaga Kesehatan ketika Musim Hujan dan Banjir, Terapkan ya!

Ada beberapa cara menjaga kesehatan ketika musim hujan dan banjir, lho. Yuk, intip pembahasannya di sini!

Makan Sayur Genjer Manfaatnya Apa Saja, ya? Cari Tahu di Sini, yuk!

Sebenarnya, makan sayur genjer manfaatnya apa saja? Yuk, intip beberapa manfaatnya di sini!             

10 Buah dan Sayur yang Bagus untuk Jaga Kesehatan Usus Anda

Tahukah bahwa ada beberapa jenis buah dan sayur yang bagus untuk jaga kesehatan usus Anda. Apa saja?

5 Pilar Etika Bisnis Modern yang Mengarahkan Kesuksesan Perusahaan Baru

Simak alasan etika bisnis semakin penting di era sekarang dan bagaimana perannya menentukan masa depan usaha agar dipercaya pelanggan.  

5 Sinyal Aset Kamu Mulai Turun Nilai dan Cara Mengatasinya untuk Amankan Keuangan

Simak tanda aset kamu mulai menyusut nilainya supaya bisa mengambil langkah tepat dan menjaga kondisi keuangan tetap stabil.  

Kaya Probiotik! 7 Makanan Fermentasi untuk Pencernaan Sehat, Salah Satunya Tempe

Ada beberapa jenis makanan fermentasi yang baik bagi bagi tubuh. Kandungan probiotiknya sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan.  

Pahami Rasio Profitabilitas untuk Ukur Performa Bisnis di Era Persaingan Ketat

Panduan memahami rasio profitabilitas untuk bantu bisnis meningkatkan keuntungan, lengkap dengan fungsi, jenis, dan rumus yang bisa diterapkan.

Ice Cream hingga Paket Ayam dengan Promo Popeyes Kupon Desember Mulai Rp 5.000

Popeyes hadirkan promo Kupon Desember dengan beragam menu favorit. Mulai dari Ice Cream sampai paket Ayam Goreng berikan diskon hingga 52%.

Resep Patin Bumbu Rujak, Perpaduan Segar & Pedas dengan Cita Rasa Nusantara

Hidangan ikan patin bumbu rujak hadirkan kenikmatan bercita rasa pedas-gurih segar. Cocok jadi sajian rumahan untuk disantap bersama keluarga.

5 Tips Hadapi Pertanyaan Toxic Saat Kumpul Keluarga di Hari Natal

Inilah tips ide menghadapi anggota keluarga yang memberi pertanyaan toxic saat sedang kumpul bersama di hari Natal.​