Santai

Strategi Mie Sedaap Jangkau Pasar Gen Z saat Ramadhan: Konten Kreatif & Resep Praktis

Strategi Mie Sedaap Jangkau Pasar Gen Z saat Ramadhan: Konten Kreatif & Resep Praktis

MOMSMONEY.ID - Mie sedaap melakukan strategi pemasaran yang menarik saat bulan Ramadhan, untuk menarik konsumen generasi Z alias gen Z.

Konsumsi mi instan di Indonesia mencatatkan kenaikan sebesar 8,4% selama periode Ramadan 2024.

Hal ini diungkapkan oleh Katria Arintya Anindyantari, Head of Marketing Food Wings Group Indonesia, dalam acara BuBaRan - Buka Bareng Ramadan bersama Mie Sedaap & The Changcuters di Jakarta, Minggu (24/3). 

"Mie instan menjadi menu wajib Ramadan, terlihat dari konsumsi mi instan yang cenderung meningkat selama periode Ramadan. Peningkatan konsumsi mie instan adalah sebesar 8,4% di seluruh Indonesia pada tahun 2024," ujar Katria.

Menanggapi tren tersebut, Mie Sedaap berupaya memperkuat posisinya di pasar dengan menggenjot aktivitas kampanye Ramadan, terutama di platform digital.

Baca Juga: Samsung S25 Punya AI Canggih yang Bisa Bantu Gen Z Bikin Konten Viral

Katria mengungkapkan, gen Z memiliki konsumsi media yang tinggi selama Ramadan, yang memengaruhi keputusan pembelian mereka.

"50% suka berbelanja atau membeli sesuatu setelah melihat iklan, 42% mau merekomendasikan merek dan produk kepada orang lain, 38% suka mencoba menu masakan baru dan mudah," jelas Katria, mengutip data internal perusahaan.

Untuk menjangkau gen Z, Mie Sedaap meluncurkan Cerita Sedaap Ramadan, serial video inspiratif di YouTube, serta membagikan resep-resep kreasi mi instan yang mudah di-recook.

Selain itu, Mie Sedaap juga menghadirkan podcast Bubaran with Mie Sedaap yang menampilkan The Changcuters, sebagai bagian dari strategi pendekatan ke generasi muda.

Baca Juga: Mie Sedaap Hadirkan Ahn Hyo Seop, Chef Devina dan Ariel di Acara Come See Mie

"Ini cara kami untuk memberikan hiburan bagi para gen Z di tengah momen sahur, berbuka, atau ngabuburit mereka. Melalui pendekatan yang tepat, semoga Mie Sedaap dapat membangun hubungan yang lebih dekat dengan gen Z dan menjadi bagian dari perjalanan Ramadan para gen Z," lanjut Katria.

Tria, personel The Changcuters, menyatakan, Ramadan adalah momen istimewa bagi mereka untuk lebih dekat dengan keluarga.

"Akhirnya, sekarang malah pengen sering-sering di rumah, karena makin kita dewasa orang tua kita juga nambah umurnya, jadi gue lebih sangat menghargai waktu di bulan Ramadan untuk bareng-bareng sama keluarga," ungkap Tria.

Mie Sedaap, yang diluncurkan sejak 2003, terus berinovasi dengan menghadirkan lebih dari 25 varian rasa. Mereka mengklaim produknya telah memenuhi standar keamanan pangan, termasuk sertifikasi BPOM, Halal MUI, ISO 22000, dan ISO 9001.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Survei KG Media