Santai

Tak Hanya Keren, Simak 5 Keuntungan Ikut Lari Marathon buat Kesehatan di Sini

Tak Hanya Keren, Simak 5 Keuntungan Ikut Lari Marathon buat Kesehatan di Sini

MOMSMONEY.ID - Bukan cuma efektif membakar lemak tubuh, ini dia sederet keuntungan lain dari lari marathon bagi kesehatan.

Lari marathon yang terlihat sangat melelahkan, ternyata memiliki banyak peminat dan juga keuntungan bagi kesehatan tubuh.

Olahraga lari jarak jauh ini dikenal bisa membantu membakar lemak tubuh dengan efektif. Bukan cuma itu saja, ternyata ada manfaat kesehatan lain marathon bagi kesehatan tubuh.

Berikut sederet keuntungan lari marathon bagi kesehatan tubuh yang penting untuk diketahui:

Baca Juga: 5 Tips Mempersiapkan Diri Sebelum Lomba Marathon, Bukan Cuma Latihan

Membakar lemak

Dengan rutin berlari dalam masa persiapan marathon, tubuh akan membakar lebih banyak kalori untuk mengeluarkan energi. Kalori yang terbakar dalam olahraga kardio seperti lari marathon akan mengurangi lemak di tubuh. 

Sebagai hasilnya, tampilan tubuh yang kencang, bugar, dan berotot bisa diperoleh karena rendahnya kadar lemak dalam tubuh. Latihan lari marathon juga cocok untuk menguatkan otot-otot bagian bawah yang menopang seluruh tubuh, lo.

Lebih bugar

Hampir semua olahraga akan membuat tubuh terasa lebih bugar jika dilakukan dengan rutin.

Laman Very Well Fit menjelaskan, latihan lari, terutama untuk mempersiapkan marathon, akan membuat tampilan tubuh terlihat lebih bugar.

Sebab banyak beragam jenis latihan, dari kardio hingga angkat beban yang dilakukan sebagai persiapan maraton. Dari situ kemudian tubuh tentu akan menjadi lebih bugar dan stamina pun meningkat.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Film Tentang Olahraga Lari buat Motivasi Para Pelari

Memperbaiki kesehatan mental

Selain meningkatkan kebugaran tubuh, ada manfaat jangka panjang yang bisa diperoleh olahraga lari marathon bagi kesehatan mental. Olahraga ini efektif untuk melepas stres dan memperbaiki kesehatan mental seseorang.

Selain itu, olahraga marathon juga baik untuk meningkatkan kualitas hidup, rasa percaya diri, dan juga mengurangi risiko depresi serta anxiety.

Meningkatkan kesehatan jantung

Olahraga lari marathon merupakan olahraga ardio yang tentu efektif untuk melatih kesehatan jantung. Melansir dari penelitian di laman Byrdie, olahraga lari marathon bisa membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

Selain itu, olahraga lari marathon juga dihubungkan dengan berkurangnya risiko terjadinya serangan jantung dan penyakit jantung lainnya. Kesehatan imunitas tubuh juga bisa ditingkatkan dengan rutin melakukan olahraga lari, lo.

Meningkatkan kualitas tidur

Rasa lelah karena latihan lari marathon tentu dirasakan semua peserta olahraga ini. Namun, siapa sangka bahwa hal tersebut merupakan hal baik bagi kesehatan tubuh.

Rasa lelah yang disebabkan karena aktivitas olahraga akan membuat tubuh merasa lelah dan membutuhkan istirahat. Sehingga, seseorang yang rutin melakukan olahraga lari maupun mempersiapkan olahraga marathon akan memiliki kualitas tidur meningkat dan lebih nyenyak.

Itulah tadi sederet keuntungan dari melakukan olahraga lari marathon bagi kesehatan. Tertarik ikut lomba marathon, enggak nih?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News