Santai

Spotify Premium Tidak Dapat Terhubung? Simak 10 Cara Memperbaikinya

Spotify Premium Tidak Dapat Terhubung? Simak 10 Cara Memperbaikinya

MOMSMONEY.ID - Pengguna Spotify Premium mendapatkan keuntungan eksklusif, seperti mendengarkan bebas iklan, kualitas musik tinggi, mendengarkan offline, dll. Namun, bagaimana jika Spotify Premium tidak dapat terhubung?

Tak perlu khawatir, ada cara memperbaiki Spotify Premium tidak dapat terhubung. Hal ini membuatnya semakin frustasi ketika, meskipun sudah berlangganan, Spotify Premium tidak berfungsi secara offline.

Nah, untuk mengatasi Spotify Premium tidak dapat terhubung, Anda dapat menyimak artikel ini. 

Baca Juga: Begini Cara Membagikan Spotify Wrapped 2023, Punya Banyak Fitur Terbaru

Mengutip Guilding Tech, berikut ini 10 cara memperbaiki Spotify Premium tidak dapat terhubung. 

1. Periksa Status Langganan 

Untuk mendengarkan offline di Spotify, Anda harus berlangganan salah satu paket premiumnya. Jadi, sebelum Anda memperbaiki masalah ini, maka periksa dengan cepat apakah langganan Spotify masih aktif. 

Berikut caranya :

- Buka aplikasi Spotify di perangkat Anda. Kemudian, ketuk ikon nama Anda.

- Ketuk 'Pengaturan dan privasi'.

- Di bagian Akun, periksa detail paket Anda.

Pastikan paket premium terlihat. Jika Spotify menampilkan GRATIS, berarti langganan Anda telah kedaluwarsa. Dalam hal ini, berlangganan Spotify Premium dan coba lagi.

2. Periksa Batas Perangkat dan Track Akun Anda

Spotify

Baca Juga: Cara Mendapatkan Apple Music Replay 2023 yang Mirip Spotify Wrapped

Saat mengunduh lagu secara offline, Anda harus memastikan bahwa Anda mematuhi batas perangkat langganan Anda saat ini. 

Artinya, apa pun paket Anda, Anda hanya dapat mendownload lagu atau podcast di 5 perangkat sekaligus dengan batasan 10.000 untuk setiap perangkat. 

Meskipun hal ini tampaknya mustahil untuk dilampaui, memeriksa apakah Anda berada dalam batas yang ditentukan tidak ada salahnya.

3. Mulai Ulang Aplikasi Spotify 

Jika pemutaran offline berhenti secara acak di aplikasi Spotify, atau jika sudah lama aktif di latar belakang, Anda dapat memulai ulang aplikasi untuk menyegarkan dan memuat ulang data dan layanan aplikasi.

4. Konfirmasikan Mode Offline Diaktifkan 

Pengguna premium dapat mengaktifkan mode Offline secara manual dalam aplikasi. Hal ini memungkinkan mereka mendengarkan lagu Spotify yang diunduh, terlepas dari apakah lagu tersebut tersambung ke internet. 

Jadi, jika Anda tidak dapat mendengarkan musik secara offline di Spotify Premium, pastikan mode Offline diaktifkan di aplikasi Spotify. 

5. Periksa Koneksi Internet dan Downlaod Ulang

Meskipun koneksi internet tidak diperlukan untuk mendengarkan offline di Spotify, Anda memerlukannya untuk mengunduh ubin yang relevan. 

Jadi, jika sebelumnya Anda pernah menghadapi masalah internet, hal ini dapat menyebabkan lagu atau podcast tidak dapat diunduh dengan benar. 

Baca Juga: Melihat Daftar Putar Setahun, Begini Cara Buat Spotify Wrapped 2023

Hal ini mungkin menyebabkan masalah saat Anda mencoba memainkan judul tersebut. Dalam hal ini, Anda dapat memeriksa koneksi internet Anda terlebih dahulu.

Untuk melakukan ini, buka aplikasi, seperti YouTube, dan coba mainkan sesuatu dengan pengaturan tertinggi. Jika pemutaran terhenti atau terus memuat, coba sambungkan ke Wi-Fi atau aktifkan dan nonaktifkan Mode Pesawat. 

Kemudian, unduh lagi lagu atau podcast tersebut di Spotify dan lihat apakah ini memperbaiki masalah pemutaran.

6. Periksa Penyimpanan Perangkat

Untuk menyimpan lagu yang diunduh di perangkat Anda, harus tersedia ruang penyimpanan yang cukup di perangkat Anda. Jika Anda tidak yakin, periksa ruang penyimpanan yang tersedia di perangkat Anda. 

Jika memang kurang dari yang diharapkan, sebaiknya sediakan ruang sebelum mendownload ulang lagu atau podcast tersebut.

7. Hapus Cache untuk Spotify

Untuk membantu aplikasi Anda memuat lebih cepat, informasi tertentu dikumpulkan setiap kali Anda menggunakan aplikasi. Informasi ini kemudian disimpan di aplikasi dan digunakan sebagaimana mestinya. 

Namun, cache ini terakumulasi seiring berjalannya waktu dan juga dapat menghambat fungsi aplikasi. Dalam hal ini, Anda dapat menghapus cache aplikasi Spotify di perangkat Android atau iOS Anda. 

8. Nonaktifkan Mode Daya Rendah

Jika diaktifkan, Mode Daya Rendah atau mode penghemat baterai dapat membantu menghemat masa pakai baterai pada ponsel cerdas Anda. 

Namun, hal ini dilakukan dengan mengorbankan aplikasi lain. Ini bisa menjadi salah satu alasan mengapa Anda tidak bisa mendengarkan musik secara offline di Spotify Premium.

Baca Juga: Cara Menggunakan Template Instagram Reels dengan Kualitas Video Terbaik

Jadi, jika daya perangkat Anda cukup, Anda dapat mematikan Mode Daya Rendah secara manual dan mencoba pemutaran offline lagi. 

Cukup buka panel Pusat Kontrol atau Tindakan Cepat di ponsel Anda dan ketuk ikon mode Daya Rendah untuk mematikannya.

9. Batalkan Batasan Aplikasi Spotify di Android 

Android memiliki profil baterai berbeda yang membantu mengontrol seberapa besar akses aplikasi ke sumber daya perangkat Anda, terutama saat berjalan di latar belakang. 

Jadi, jika Anda sering mengalami masalah pemutaran offline di Spotify Premium, pastikan aplikasi Spotify disetel ke profil Tidak Terbatas.

Ini akan memastikan perangkat Android Anda tidak membatasi fungsi aplikasi untuk menghemat masa pakai baterai.

10. Instal Ulang Aplikasi

Jika Anda sudah mencoba semua perbaikan di atas dan Spotify offline masih tidak berfungsi, mencopot pemasangan aplikasi mungkin bisa membantu. 

Setelah selesai, instal salinan baru aplikasi dan coba pemutaran offline sekali lagi. 

Nah itulah cara mengatasi Spotify Premium tidak dapat terhubung. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News