Santai

Spesifikasi iPhone 16 yang Dirilis pada 9 September Beserta Harganya

Spesifikasi iPhone 16 yang Dirilis pada 9 September Beserta Harganya

MOMSMONEY.ID - Apple memberikan konfirmasi bahwa iPhone 16 akan dirilis pada tanggal 9 September 2024. Berikut ini spesifikasi iPhone 16 beserta harganya. 

Kabarnya, terdapat lima varian warna iPhone yang akan dirilis. Apple diharapkan akan memperkenalkan seri iPhone 16 baru, yang menjanjikan layar yang lebih besar, masa pakai baterai yang lebih baik, warna baru, dan tombol perangkat keras baru. 

Ada rumor yang beragam tentang pilihan warna iPhone 16 dan 16 Plus. Disebut terdapat warna biru, merah muda, kuning, hitam, hijau, putih dan ungu untuk iPhone 16 dan iPhone 16 Plus. 

Baca Juga: Xiaomi 14 Indonesia: Spesifikasi Lengkap dan Prediksi Harga

Untuk model iPhone 16 Pro dan Pro Max, Anda mendapatkan warna hitam legam, perak, abu-abu, dan warna perunggu atau titanium gurun baru yang menggantikan warna titanium biru pada seri iPhone 15 Pro.

Desain 

Seri iPhone 16 akan memiliki gaya yang mirip dengan iPhone 15 dengan kaca belakang yang dipadukan dengan warna yang sama, sisi persegi dengan rangka titanium yang ringan dan kuat. 

Namun, ada dua perubahan utama pada desainnya, tombol rana baru dan perubahan pada susunan modul kamera. Mari kita bahas masing-masing secara mendetail.

Tombol Rana atau Tombol Kamera

iPhone 16

Tombol ini dapat digunakan untuk mengambil foto dan video, dan dapat ditekan setengah untuk memfokuskan, seperti pada DSLR. Beberapa rumor menyebutkan bahwa tombol ini akan mendukung gerakan seperti menggeser untuk memperbesar dan memperkecil.

Dengan seri iPhone 16, kami berharap tombol aksi akan tersedia bahkan pada model iPhone non-Pro, tidak seperti seri iPhone 15. Tampaknya tombol rana juga akan tersedia pada semua model iPhone dan bukan hanya model Pro.

Tata Letak Kamera Belakang Vertikal

Pada model iPhone 16 dan iPhone 16 Plus, tata letak kamera diagonal kini akan vertikal lagi. Perubahan ini dapat mengaktifkan perekaman video spasial pada model non-Pro, yang kompatibel dengan Vision Pro.

Baca Juga: Fitur iPhone 16 yang Dikabarkan bakal Dirilis pada September 2024

Perubahan lain yang mungkin tidak langsung terlihat adalah MagSafe menjadi jauh lebih ramping, mengurangi ukuran cincin magnetik yang diperlukan untuk casing yang kompatibel dengan MagSafe.

Chipset A18

Namun, spesifikasi ini mungkin berkaitan dengan chip A18 Pro yang digunakan di iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max. 

iPhone 16 dan 16 Plus standar mungkin memiliki chip A18 yang kurang bertenaga, yang dapat menghasilkan skor benchmark yang lebih rendah.

Hingga saat ini, belum ada skor benchmark yang bocor untuk versi chip ini.

iPhone 15 dan 15 Plus standar tidak mendukung Apple Intelligence, sedangkan keempat model seri iPhone 16 memiliki neural engine bawaan dan dapat menjalankan AI pada perangkat.

Terkait RAM, model iPhone 16 standar  dapat ditingkatkan  dengan RAM 8GB, naik dari 6GB pada model iPhone 15. Dengan demikian, keempat model iPhone 16 akan menawarkan RAM 8GB. Kemungkinan besar, peningkatan tersebut akan menjalankan AI pada perangkat tersebut.

Kamera

Detail kamera masih kurang. Pada model Pro, kamera ultrawide telah ditingkatkan dari 12MP menjadi 48MP. Meskipun zoom optik 5x sebelumnya hanya tersedia di iPhone 15 Pro Max, fitur ini mungkin juga tersedia di iPhone 16 Pro.

Kami tidak mengharapkan adanya perubahan pada kamera model iPhone 16 dan 16 Plus, tetapi Apple mungkin akan mengejutkan kita. Oh, dan bagian kamera akan meniru seri iPhone 12 dengan pengaturan berbentuk pil vertikal.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Headset Tidak Ada Suara Beserta Penyebabnya

Baterai

Rumor menyebutkan bahwa model iPhone 16 Pro akan menggunakan teknologi baterai bertumpuk, yang umum digunakan pada kendaraan listrik dan perangkat medis. 

Namun, perbedaan kecil dalam kapasitas ini mungkin tidak berdampak signifikan pada penggunaan di dunia nyata. Untuk memenuhi persyaratan UE, Apple mungkin mengizinkan penggantian baterai pada seri iPhone 16 meskipun mereka memiliki waktu hingga tahun 2025.

Harga 

Harga iPhone 16 bisa saja tetap sama atau mendekati harga model iPhone 15. Satu-satunya pengecualian adalah iPhone 16 Pro, yang mungkin mengalami kenaikan harga. 

Secara keseluruhan, jajaran iPhone 16 terlihat tangguh dengan warna baru, pengisian daya yang lebih cepat, fitur AI, Wi-Fi 7, dan prosesor yang lebih cepat, sembari mempertahankan kisaran harga yang sama dengan model sebelumnya, kecuali model Pro.

Nah itulah beberapa informasi mengenai spesifikasi iPhone 16 dan harganya. 

Selanjutnya: 7 Fitur iOS 18 yang Kurang Diketahui dan Wajib Dinantikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News