Santai

Skill Set Ini Dibutuhkan dalam Dunia Kerja, Sudah Punya Semua?

Skill Set Ini Dibutuhkan dalam Dunia Kerja, Sudah Punya Semua?

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda pernah mendengar tentang skill set? JIka belum, ketahui penjelasannya di artikel ini.

Pada masa kini skill set adalah keahlian yang menjadi perhatian khusus sebuah perusahaan. Terutama dalam mempekerjakan pegawai yang berkualitas.

Skill set sendiri adalah gabungan dari skill, kemampuan, dan kualitas kepribadian yang berkembang melalui pengalaman bekerja.

Masing-masing orang memiliki seperangkat skill yang berbeda-beda. Tergantung dari ketertarikan, kemampuan alami, kualitas personal, dan skill teknik yang dimiliki.

Baca Juga: 3 Website Besar Ini Sediakan Lowongan Kerja Freelance Besar-Besaran

Hal-hal tersebut bisa diperoleh dan ditingkatkan melalui pendidikan dan pengalaman. Biasanya skill set ini adalah gabungan juga dari soft dan hard skill.

Soft skill adalah keterampilan yang dimiliki secara alamiah. Skill ini berhubungan dengan cara bekerja dan personality seseorang.

Soft skill sendiri bisa dalam bentuk komunikasi baik, kemampuan untuk mendengarkan, bekerja dalam tim, berpikir kritis, penyelesaian masalah, dan empati dalam bekerja.

Sedangkan hard skill adalah skill yang bisa dipelajari. Pengetahuan umum dan teknis adalah hal yang diminta sebagai persyaratan bekerja.

Contoh dari hard skill adalah berhitung, computer programming, data analysis, dan accounting.

Baca Juga: 3 Platform Besar Ini Sediakan Pelatihan Skill Gratis Bersertifikat

Memiliki skill set sangat penting dalam mencari kerja di masa kini.

Skill set dapat membantu Anda memiliki rasa percaya diri saat interview, sehingga dapat membuat peluang diterima bekerja menjadi lebih besar.

Pada masa kini, kemampuan untuk menerapkan kedua skill, soft skill dan hard skill bukanlah perkara yang mudah.

Bisa saja seseorang pandai dalam hard skill namun tidak mampu bekerja sama dengan baik dengan orang-orang di lingkungan bekerjanya.

Menurut Forbes, ada lima besar skill yang harus Anda miliki agar mampu sukses bertahan di tempat kerja. Skill tersebut adalah:

Baca Juga: Mengenal Apa Itu KOL dan Fungsinya Dalam Digital Marketing, Beda Dengan Influencer

1. Kemampuan untuk belajar

2. Tahan banting

3. Kelincahan

4. Bekerja sama

5. Komunikasi verbal

Jika Anda bisa memiliki keterampilan-keterampilan tersebut maka Anda akan mudah dan mampu bertahan dalam lingkungan kerja.

Maka itu, selain penting untuk menambah hard skill, mengasah kemampuan soft skill juga harus dikembangkan untuk melengkapi skill set Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News