Bugar

Simak Perbedaan Fungal Acne dan Bruntusan pada Kulit, Apa Saja?

Simak Perbedaan Fungal Acne dan Bruntusan pada Kulit, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Hampir terlihat sama, ternyata ada perbedaan antara fungal acne dan bruntusan. Kedua masalah kulit ini bisa mengganggu penampilan dan membuat tidak nyaman. 

Perlunya Anda pahami bahwa fungal acne dan bruntusan adalah masalah kulit yang berbeda, mulai dari penyebab, ukuran, lokasi muncul dan cara mengatasinya.

Agar tidak keliru, berikut perbedaan fungal acne dan bruntusan pada kulit dilansir dari cnfstore.com : 

1. Pengertian

Perbedaan pertama dimulai dari pengertian fungal acne dan bruntusan. Ternyata fungal acne atau jerawat jamur bukanlah jerawat. Biasanya, tubuh secara alami menyeimbangkan jamur dan bakteri yang menjadi bagian dari kulit.

Namun, jika keseimbangan alami ini terganggu, maka pertumbuhan jamur berlebih bisa terjadi. Saat itulah infeksi pada folikel rambut berkembang dan memunculkan gejala seperti jerawat. 

Kemudian, bruntusan adalah istilah umum yang menggambarkan benjolan-benjolan kecil, kemerahan, terasa kasar, dan tidak rata yang muncul di permukaan kulit.

Masalah kulit ini bisa muncul pada bagian tubuh mana pun termasuk wajah (dahi, hidung, dagu). Komedo dan jerawat bisa menyebabkan timbulnya bruntusan di wajah.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Masker Rambut Alami, Jaga Kelembapan Rambut

2. Penyebab

Penyebab munculnya fungal acne oleh infeksi jamur. Kondisi ‘jerawat’ yang disebabkan pertumbuhan jamur Malassezia yang berlebihan di folikel rambut ini dikenal sebagai fungal acne.

Adapun penyebab fungal acne seperti kelembapan yang terperangkap (memakai pakaian olahraga yang berkeringat terlalu lama); gangguan sistem kekebalan tubuh; pakaian ketat, serta lingkungan yang hangat dan lembap. 

Sedangkan bruntusan disebabkan oleh pertumbuhan bakteri serta penumpukan sel kulit mati dan minyak yang terperangkap di pori-pori kulit. Bakteri penyebab ‘jerawat’ bruntusan yang menumpuk ini dinamakan Propionibacterium acnes (P. acnes).

3. Ukuran

Perbedaan selanjutnya ada pada ukuran. Fungal acne biasanya memiliki ukuran hampir sama dan sering muncul seperti komedo putih yang berukuran kecil dan saling berkelompok.

Sementara bruntusan biasanya memiliki ukuran ‘benjolan’ yang bervariasi, dari kecil, sedang, hingga besar. Keberadaannya cenderung lebih sedikit, berjarak, dan tersebar di area kulit.

Baca Juga: Begini Cara Mencuci Tas Berbahan Nilon, Polyester dan Kanvas!

4. Lokasi Munculnya

Kemudian, lokasi munculnya fungal acne atau jerawat jamur umumnya muncul di punggung, dada, dan lengan. Sedangkan bruntusan lebih sering muncul di area T zone yang rentan berminyak, yaitu dahi, hidung, dan dagu.

Namun, tidak menutup kemungkinan jika bruntusan bisa terjadi di leher, dada, punggung, bahu, dan lengan atas.

5. Cara Menghilangkan

Perbedaan fungal acne dan bruntusan juga pada cara untuk menghilangkannya. Perlu berhati-hati saat mengatasi dua kondisi ini. Bahkan cara mengatasi fungal acne dengan pengobatan jerawat justru dapat membuat kondisi kulit semakin parah. 

Gunakan obat oles fungal acne dari resep dokter dengan kandungan ketoconazole, butenafine, dan clotrimazole. Hindari penggunaan obat antibiotik yang biasa untuk kulit berjerawat supaya tidak semakin parah.

Sedangkan untuk bruntusan, gunakan perawatan khusus untuk kulit berjerawat untuk menghilangkan bakteri penyebab jerawat dan meredakan jerawat yang meradang. 

Jadi, itulah beberapa perbedaan fungal acne dan bruntusan yang harus Anda tahu. Jangan sampai salah lagi, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News