Bugar

Harus Tahu! Inilah Perbedaan Fungal Acne dan Bruntusan Pada Kulit

Harus Tahu! Inilah Perbedaan Fungal Acne dan Bruntusan Pada Kulit

MOMSMONEY.ID - Perlunya Anda tahu perbedaan antara fungal acne dan bruntusan. Menurut blog.avoskinbeauty.com, fungal acne adalah malassezia yang merupakan anggota mikrobiota kulit sehat. Malassezia Folliculitis disebabkan oleh pertumbuhan berlebih ragi/ jamur pada kulit.

Jamur ini umumnya ditemukan di kulit manusia normal, namun ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan pertumbuhan berlebih seperti panas, kondisi lembab dan kulit berminyak.

Fungal acne cukup sulit untuk diatasi, sehingga Anda perlu menghilangkan semua bahan yang bermasalah dalam produk perawatan kulit.

Sedangkan bruntusan adalah keadaan kulit yang kasar dan tidak rata. Bruntusan seperti bintik-bintik kecil yang menonjol di kulit. 

Kedua masalah kulit ini tentu sangat mengganggu penampilan Anda. Untuk lebih jelasnya, berikut perbedaan fungal acne dan bruntusan pada kulit dilansir dari blog.avoskinbeauty.com

1. Penyebab Kemunculan

Perbedaan pertama fungal acne dan bruntusan ada pada penyebabnya. Fungal acne disebabkan oleh jamur Malassezia. Sedangkan bruntusan di wajah bisa disebabkan oleh komedo, iritasi wajah, dermatitis, milia, dan faktor lainnya.

Namun, bisa juga bruntusan disebabkan oleh oleh perubahan hormon, stres, produksi keringat berlebih, dan hal lainnya.

Jamur Malassezia yang menjadi penyebab fungal acne pada umumnya ada di kulit manusia normal, namun ada beberapa kondisi yang menyebabkan pertumbuhannya berlebih seperti temperatur, kelembaban, dan kondisi kulit itu sendiri. 

Baca Juga: 5 Manfaat Calendula untuk Wajah di Dalam Produk Skincare

2. Tempat Kemunculan

Perbedaan selanjutnya ada pada tempat kemunculannya. Fungal acne dapat muncul di beberapa bagian tubuh, dan yang paling umum fungal acne dapat muncul di lengan, atau bagian dada.

Namun terkadang, jenis jerawat ini dapat juga muncul pada punggung. Sedangkan bruntusan muncul pada beberapa area yang memang rentan terkena bruntusan, yang diantaranya bagian T-zone seperti dahi, hidung, dan dagu.

3. Cara Mengatasi 

Terakhir, cara mengatasi fungal acne dan bruntusan pun berbeda juga. Untuk mengatasi fungal acne pada wajah, Anda bisa coba mengurangi penggunaan krim pelembap dan produk yang memiliki kandungan berat. 

Sedangkan untuk mengatasi masalah bruntusan, Anda bisa mengatasi masalah bruntusan di wajah dengan rutin membersihkan wajah dengan produk makeup remover atau facial cleanser. Gunakan produk skincare yang dikhususkan untuk mengatasi masalah fungal acne atau pun bruntusan. 

Nah, itulah beberapa perbedaan fungal acne dan bruntusan yang harus Anda tahu. Rawat kondisi kulit Anda dengan tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News