Bugar

Simak 4 Manfaat Masker Lumpur untuk Wajah, Bikin Kulit Lembut

Simak 4 Manfaat Masker Lumpur untuk Wajah, Bikin Kulit Lembut

MOMSMONEY.ID - Menarik untuk dicoba, pahami beberapa manfaat masker lumpur untuk wajah berikut ini.

Semakin banyak pilihan jenis masker, masker lumpur bukan berasal dari lumpur sembarangan. Ada beberapa jenis lumpur yang diambil dari tempat tertentu dan diolah menjadi masker. 

Beberapa jenis masker lumpur yang sering digunakan adalah lumpur vulkanis, lumpur hitam, lumpur french clay, lumpur alpine moor, lumpur fuller’s earth.

Kandungan yang terdapat di dalam lumpur tersebut memberikan efek baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit.

Produk masker lumpur sudah bisa Anda gunakan dengan mudah karena cukup banyak brand masker yang memanfaatkan bahan lumpur.

Melansir blog.avoskinbeauty.com, berikut empat manfaat masker lumpur untuk wajah, yaitu:

Baca Juga: Kenali Manfaat Kedelai Edamame untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja Ya?

1. Mengatasi jerawat

Masker lumpur berkhasiat untuk mengatasi jerawat. Umumnya jerawat disebabkan produksi sebum berlebih di wajah.

Ketika sebum di wajah menumpuk akibatnya pori-pori tersumbat sehingga memicu munculnya jerawat. Perawatan dengan masker lumpur dapat mengobati jerawat yang meradang.

Menurut hasil penelitian, lumpur pilihan ilmiah karena sifat listriknya. Sehingga, ketika dicampur dengan air dan diterapkan ke permukaan kulit, molekulnya menjadi bermuatan listrik dan menarik keluar racun dari bawah kulit.

2. Mengangkat komedo dan membersihkan pori-pori

Selain dapat mengatasi jerawat, masker lumpur juga bisa mengangkat komedo di wajah. Partikel-partikel alaminya akan menyerap dan mengangkat komedo yang membandel.

Selain itu, masker lumpur juga dapat membersihkan pori-pori yang tertutup kotoran. Hasilnya, kulit wajah akan terlihat cerah dan bersih. 

Baca Juga: Inilah Cara Memijat Wajah yang Benar Agar Kulit Tetap Awet Muda, Cobain Yuk!

3. Melembutkan kulit

Manfaat masker lumpur untuk wajah selanjutnya adalah melembutkan kulit. Lumpur dapat membantu proses pengelupasan sel-sel kulit mati sehingga kulit yang semula kasar menjadi halus dan lembut.

Hal ini dikarenakan kandungan bentonit memiliki kemampuan luar biasa untuk membuat kulit menjadi halus dan lembut.

Kandungan silika dalam masker lumpur membuat kulit menjadi lebih lembut. Silika adalah mineral yang memiliki fungsi untuk meningkatkan produk kolagen sehingga membuat kulit menjadi lembut.

Penggunaan masker lumpur juga dapat mencegah edema. Edema merupakan pembengkakan jaringan lunak di bawah kulit yang disebabkan oleh retensi cairan dan atrium.

Selain itu, edema merupakan salah satu gejala gangguan kesehatan yang serius seperti gagal jantung kongestif, atau masalah ginjal, atau efek samping obat.

Adanya kandungan bentonit pada masker lumpur bisa mengurangi pembengkakan yang bekerja seperti spon dengan cara mengisap air serta mengikat kelebihan natrium.

4. Detoksifikasi kulit

Manfaat lain dari masker lumpur untuk wajah adalah detoksifikasi kulit. Sifat detoksifikasi pada masker lumpur menjadi kelebihannya jika dibandingkan dengan jenis masker lainnya. Masker lumpur termasuk unik karena telah bermuatan ion negatif.

Kandungan herbal bentonite di dalamnya dapat membantu mengeluarkan logam berat seperti merkuri dan unsur kimia berbahaya lain yang terdapat pada kulit wajah akibat pemakaian skincare yang salah.

Nah, itulah beberapa manfaat masker lumpur untuk wajah yang perlu Anda tahu. Masker ini bisa menjadi alternatif pilihan masker harian Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News