Bugar

6 Manfaat Retinol untuk Wajah, Ampuh Merawat Berbagai Masalah Kulit

6 Manfaat Retinol untuk Wajah, Ampuh Merawat Berbagai Masalah Kulit

MOMSMONEY.ID - Bisa jadi pilihan, Anda harus rasakan manfaat retinol untuk wajah. Kandungan ini cukup populer dikalangan beauty enthusiast. 

Retinol merupakan salah satu kandungan skincare yang populer di tahun 2021. Retinol cukup sering ditemukan pada produk skincare anti-aging.

Retinol menjadi kandungan yang bagus untuk perawatan wajah di usia 30an ke atas atau bahkan di awal 20an.

Jika Anda tertarik, berikut enam manfaat kandungan retinol untuk wajah, mengutip dari olay.co.id dan herworld.co.id, yaitu: 

Baca Juga: 5 Cara Mengencangkan Kulit Kendur dengan Tepat dan Benar, Harus Coba

1. Memperlambat penuaan 

Manfaat pertama retinol untuk wajah adalah bisa memperlambat penuaan dini. Tretinoin adalah salah satu jenis retinol sangat ampuh untuk mencegah munculnya keriput dan garis-garis halus di kulit.

Sebab, tretinoin merangsang produksi kolagen dan memperlancar aliran darah di bawah kulit sehingga kulit lebih sehat.

Selain mencegah munculnya kerutan dan garis-garis halus, tretinoin juga membantu menyamarkan bintik hitam dan mencegah bintik kulit pemicu kanker (actinic keratosis).

Senyawa tertinoin mampu menghalau sinar UV pada wajah, sehingga kulit Anda bisa terjaga awet mudanya. 

2. Mengatasi hiperpigmentasi

Manfaat retinol untuk wajah selanjutnya adalah mengatasi hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi memunculkan bintik-bintik hitam di wajah dan perubahan warna kulit.

Dengan menggunakan produk berbahan retinol kulit bisa cerah dan sehat. Namun, Anda perlu memperhatikan cara penggunaan kandungan ini.

Hindari menggunakan retinol bersamaan dengan vitamin C karena akan reaksinya akan bertabrakan dan menghilangkan manfaatnya.

Bagi Anda yang belum pernah mencoba retinol, gunakan retinol dengan kandungan yang rendah agar kulit Anda bisa beradaptasi terlebih dahulu.

Baca Juga: 4 Cara Membuat Masker Cokelat Alami untuk Kulit

3. Meningkatkan produksi kolagen

Produk skincare berbahan retinol bisa merangsang produksi kolagen. Kolagen sangat berguna untuk memperkuat dan menghidrasi kulit, sehingga kulit tetap kenyal dan menyamarkan garis-garis halus dan kerutan.

4. Mencegah dan menyembuhkan jerawat

Kemudian, retinol bisa juga mencegah dan menyembuhkan jerawat. Soalnya, retinol dapat sangat ampuh untuk mencegah munculnya jerawat dengan meredakan peradangan dan produksi minyak berlebih pada kulit wajah.

Selain itu, retinol juga mampu menyembuhkan jerawat karena dapat membantu membuka pori-pori sehingga obat jerawat dapat menyerap dengan baik.

Baca Juga: 4 Manfaat Produk Perawatan Rambut Vegan yang Harus Anda Coba

5. Melembutkan tekstur kulit

Manfaat retinol berikutnya adalah melembutkan tekstur kulit. Setelah jerawat sembuh biasanya akan meninggalkan bekas kulit jadi bertekstur. Hal ini tentunya dapat mengganggu penampilan Anda sehari-hari. 

Tidak perlu khawatir lagi, retinol ternyata terbukti dapat membantu melembutkan dan memperbaiki tekstur kulit Anda dengan adanya efek pengelupasan yang membantu kulit kamu untuk regenerasi.

6. Sebagai antioksidan 

Manfaat retinol untuk wajah lainnya adalah bisa berperan sebagai antioksidan. Antioksidan di dalam retinol berfungsi untuk menghalau radikal bebas sehingga mengurangi kemunculan tanda-tanda penuaan pada kulit.

Dengan penggunaan retinol yang rutin, kulit akan terlihat lebih segar dan lebih halus.

Nah, itulah beberapa manfaat retinol untuk wajah yang bisa mengatasi berbagai masalah kulit. Pilihlah produk skincare yang mengandung retinol. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News