Santai

SIM Internasional Indonesia Tidak Berlaku di Negara Ini lo

SIM Internasional Indonesia Tidak Berlaku di Negara Ini lo

MOMSMONEY.ID - Sebaiknya dijadikan perhatian, ada beberapa negara yang tidak mengizinkan turis Indonesia untuk menyetir di negaranya, meski punya SIM Internasional.

SIM Internasional yang dimiliki oleh orang Indonesia ternyata tak bisa digunakan sembarang di beberapa negara.

Sebab, ada beberapa negara yang tidak mengizinkan turis asing berkendara dengan bebas di negara tersebut meski memiliki SIM Internasional.

Berikut Momsmoney telah merangkum dari Klook, beberapa daftar negara yang tidak mengizinkan turis Indonesia menyetir mobil maupun motor di negaranya.

Baca Juga: Mumpung Libur Panjang, Coba 6 Kegiatan Liburan Sekolah Bareng Keluarga Ini

Jepang

SIM Internasional atau yang lebih akrab disebut dengan International Driving Permit (IDP) di masing-masing negara tentu punya regulasinya sendiri. Contohnya Jepang dan Indonesia yang memiliki perbedaan regulasi IDP sehingga IDP dari Indonesia tak berlaku di Jepang.

IDP yang berlaku di Jepang didasarkan pada Konvensi Jenewa tahun 1949 sedangkan di Indonesia adalah versi Konvensi Wina 1986. Dari perbedaan itulah yang akhirnya tidak bisa mengizinkan orang Indonesia menyetir di Jepang.

China

Untuk negara China, ada peraturan ketat dalam berkendara yang wajib dipatuhi ya. Isinya menyatakan, yang berhak dan diberikan izin untuk menyetir kendaraan di China hanyalah warga lokal saja.

Baca Juga: Promo Tiket Pesawat Qatar Airways Dapat Cashback Jutaan, Booking Lewat Link Ini

Sehingga, bagi orang-orang yang memiliki SIM Internasional maupun IDP di negara asalnya tidak diberikan izin untuk mengemudikan kendaraan di China.

Korea Selatan

Bagi Anda wisatawan Indonesia yang berniat liburan di Korea Selatan, penting untuk mengetahui bahwa Anda tidak dapat mengemudi di sana, ya.

Sama seperti di Jepang dan China, SIM Internasional yang dikeluarkan di Indonesia tidak bisa digunakan dan tidak berlaku di negeri ginseng ini. Sehingga hanya warga lokal dan pemilik IDP tertentu saja yang bisa menyetir kendaraan di Korea Selatan.

Nah, itulah tadi beberapa negara yang tidak memberi izin turis Indonesia untuk bebas menyetir di negaranya. Jangan dilanggar, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News